Thrifting di TNT Toko!

Sejak tahun lalu, saya buka toko thrifting di Tokopedia, namanya TNT Toko. Jualannya barang-barang preloved (barang bekas yang masih layak pakai), seperti baju, kacamata hitam, jam tangan, sepatu, tas, kamera, buku, dan lain-lain. Sekalian saya jualan Travel Language Wristband and seperti di postingan ini.

Sebagian barang TNT Toko

Setiap traveling, saya sih suka ke toko thrifting. Di Jepang memang paling oke, karena barangnya unik-unik. Sementara di Amerika Serikat sekarang lagi happening banget! Tokonya besar dan jualannya beragam rupa. Di Indonesia sudah ada juga, cuman sekarang lebih banyak dijual online.

Mengapa harus thrifting?

Alasan utamanya adalah mengurangi limbah, dengan demikian kita turut menyelamatkan bumi. Bayangkan, dunia menghasilkan 92 juta ton limbah tekstil setiap tahun atau setara dengan truk sampah penuh pakaian berakhir di tempat pembuangan sampah setiap detiknya.

Kedua, tentu karena barang thrifting itu harganya miring! Kita bisa pakai barang branded original tanpa menguras dompet. Kadang ada juga barang yang vintage yang susah dicari lagi.

Saya sendiri buka toko thrifting biar barang-barang punya “nyawa” baru. Lagipula supaya lemari saya rapi (ngikutin beres-beres ala Marie Kondo). Duitnya pun lumayan buat jajan. Biasanya barang saya jual karena pas beli salah ukuran, atau sudah nggak muat akibat badan membesar, atau sudah punya barang yang sejenis. Koleksinya masih belum banyak sih karena belum full time mengkurasinya.

Mengapa thrifting di TNT Toko?

Meski kebanyakan barang di TNT Toko pernah saya pakai (bahkan sampai keliling dunia) tapi telah dikurasi dengan baik. Kondisi pasti masih bagus. Kalaupun ada cacat, pasti saya kasih info dengan jujur. Harganya pun murah-murah kok, mulai dari Rp 25.000,- saja.

Cus lah beli! 🙂

4 Comments

  • polmaroy
    September 7, 2023 8:05 pm

    sukses mbak

  • Chris
    September 28, 2023 6:17 pm

    Menarik sih bisnis di sini. Tapi apa tanggapan soal toko² thrifting yang sempat disorot pemerintah beberapa waktu yang lalu?

    • Trinity
      October 3, 2023 11:34 pm

      Belum ada regulasinya sih.

  • Anonymous
    October 16, 2023 11:16 am

    wow nice

Leave a Reply

Leave a Reply