Nonton konser Johnny Depp di Polandia!

Nonton konser Johnny Depp di Polandia!

Johnny Depp ternyata bukan hanya seorang aktor terkenal tapi juga seorang gitaris dan penyanyi band! Saya jauh-jauh menonton konsernya di sebuah desa terpencil di Polandia. Kok bisa?

Pada Juli 2023 kedua kalinya saya ke Polandia dan menghabiskan seminggu musim panas yang menyenangkan. Berbeda dengan sebelas tahun yang lalu di mana saya kedinginan dan mewek di Polandia – ingat tulisan saya di buku The Naked Traveler: 1 Year Round-the-World Trip Part #1?

Sebelum sampai ke cerita tentang Bang Johnny, saya jalan-jalan dulu ke sini;

Warsawa

Penerbangan internasional ke Polandia biasanya mendarat di ibu kotanya Warsawa, tepatnya di Chopin Airport. Nama itu dipakai untuk menghormati Frédéric Chopin, komponis dan pianis virtuoso asal Polandia (bukan dari Prancis!). Terdapat monumen, museum, gereja, bekas rumahnya, bahkan zebra cross untuk mengenang Chopin di Warsawa.

Warsawa berpusat di Old Town yang merupakan UNESCO World Heritage Site. Sebenarnya kota yang ada sejak abad ke-13 ini 85%-nya hancur akibat Perang Dunia II, namun berhasil direkonstruksi sehingga tidak terasa bahwa bangunannya relatif baru. Sebagian tembok benteng, Katedral St. John, dan Royal Castle masih eksis. Hotel Verte tempat saya menginap pun dibangun lagi dari istana abad ke-18.

Mau foto-foto kece, pergilah ke Wilanów Palace yang dibangun pada abad ke-17 sebagai istana Raja John III Sobieski. Setelah banyak berpindah tangan, sekarang dijadikan museum dengan koleksi orisinal. Istana megah bercat kuning cerah dan taman luas nan asri ini dijuluki “Versaille-nya Polandia”. Dari situ sore-sore enak nongkrong di Bulwary nad Wisla – bisa jalan-jalan di pedestrian sepanjang Sungai Vistula atau boat cruise menyusuri sungainya.

Wilanow Palace dan tamannya yang asri.

Gdansk

Kota Gdansk yang terletak di tepi Laut Baltik menjadi terkenal di Indonesia karena pesepakbola Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman pernah bermain di klub Lechia Gdansk. Beruntungnya mereka tinggal di situ karena kotanya sangat cantik! Jumlah turis asing terbanyak ke Polandia ya ke Gdansk ini saking cantiknya.

Dari pintu Hotel Radisson Blu tempat saya menginap, langsung keluar di Old Town yang bangunannya berwarna-warni pastel dengan Sungai Motlawa yang membelah kotanya. Gdansk juga merupakan pusat batu Amber (bukan Amber Heard lho ya?) dunia jadi banyak toko yang menjual perhiasan. Sejarah penting Polandia pun dimulai di Gdansk, yaitu gerakan solidaritas menumpas komunis pada 1980-an yang dipimpin oleh Lech Walesa sehingga dia dianugrahi Nobel Perdamaian.

Old Town Gdansk.

Dari Gdansk, saya day trip ke beberapa tempat;

  • Malbork Castle – kastel terbesar di dunia dan bangunan yang terbuat dari batu bata terbesar di Eropa. Dibangun pada abad ke-13 dan merupakan UNESCO World Heritage Site.
  • Sopot – ada pantai berpasir putih dan jembatan kayu terpanjang di Eropa. Dari Gdansk bisa naik mobil atau berlayar dengan catamaran.
  • Sierra Golf Resort – main golf di lapangan 18 hole dan driving range kelas dunia. Makanan di sini enak banget!
  • Slowinski National Park – ada hamparan sand dunes cantik setinggi 30 meter yang dikelilingi hutan pinus.
Malbork Castle terluas di dunia.

Dolina Charlotty

Dua malam terakhir saya leyeh-leyeh di Dolina Charlotty. Terletak di desa terpencil dekat Slupsk, Dolina Charlotty adalah sebuah resor seluas 120 hektar. Dikelilingi hutan dan danau yang indah, hotelnya memiliki 91 kamar dengan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang, sauna, dan kebun binatang. Aktivitas favorit saya adalah pijat di Bali Hai Spa. Eh, Bali kita? Iya! Pantasan interior spa bertema Bali, ternyata ada enam orang spa therapist yang dikirim langsung dari Bali! Kami sama-sama senang bisa ngobrol dalam bahasa Indonesia! Hehe!

Hotel Dolina Charlotty.

Pemilik resornya, Mr. Miroslaw Wawrowski, memang cinta banget sama Indonesia! Bahkan dia sedang membangun Taman Mini Indonesia di lahan resor, lengkap dengan gapura Bali dan miniatur Borobudur yang dibuat oleh para pematung yang dikirim dari Indonesia.

Mr. Miroslaw juga penggemar berat musik rock. Di lahan resor terdapat amfiteater berkapasitas 10.000 orang untuk konser rock berkala seperti Rock Legends Festival. Carlos Santana, Bob Dylan, Robert Plant, Whitesnake, Korn, dll, pernah konser di situ! Nah, tahun ini festival dimeriahkan oleh Hollywood Vampires yang salah satu anggota band-nya adalah Johnny Depp!

Mr. Miroslaw Wawrowski di amfiteater.

Hollywood Vampires ini dibentuk oleh Alice Cooper, Johnny Depp, and Joe Perry (gitaris Aerosmith) pada 2012. Di Euro Tour 2023 ini, Tommy Henriksen (basis Alice Cooper) bergabung – jadilah kwartet aki-aki gothic! Terus terang saya nggak pernah dengar lagu mereka sebelumnya, tapi karena konsernya pas saya di Dolina Charlotty langsung lah saya kejar.

Konser dibuka jam 7 malam dengan band pembuka asal Inggris dan Polandia. Pada musim panas matahari baru terbenam jam 21:30 jadi masih terang benderang. Namun makin malam duduk di amfiteater terbuka malah makin dingin – mencapai 16°C, jadilah saya pindah ke festival biar bisa jejingkrakan menghangatkan badan dan makin dekat ke Bang Johnny. Penonton yang datang dari segala penjuru Eropa usianya rata-rata di atas 40-an pada duduk tertib. Hanya di festival yang isinya agak muda, itupun tinggi-tinggi banget jadi saya agak ketutupan.

Hape jadul motoin Bang Johnny!

Band rock Hollywood Vampires mainnya rapi sih. Ternyata mereka menyanyikan lagu-lagu orang lain juga, seperti lagu David Bowie, The Doors, dan Pink Flyod, jadi masih agak paham lah! Alice Cooper yang udah 75 tahun sih masih bagus suaranya. Joe Perry suaranya agak meletot tapi diamaafkan karena bukan vokalis utama. Bagaimana dengan Johnny Depp? Bolehlah main gitarnya, tapi dia main aman karena memilih bernyanyi dengan lagu bernada rendah! Hehe! Sepanjang konser saya memang ngeliatin Bang Johnny doang. Masih nggak percaya, saya hanya berjarak 5 meter saja dari senyumnya yang bikin klepek-klepek! Huaaaa!

P.S. Informasi mengenai pariwisata Polandia di sini, sedangkan informasi mengenai bisnis dengan Polandia di sini.


Agar blog yang berusia 18 tahun ini bertahan secara independen dan supaya saya semangat menulisnya, silakan menyumbang “uang jajan” untuk saya di sini. Terima kasih!

4 Comments

  • peralatanbakery
    August 10, 2023 2:55 pm

    selalu rindu dengan performer Johnny Depp

  • satya
    August 15, 2023 8:45 am

    wah tempat yang sangat bagus

  • Anonymous
    September 14, 2023 2:03 pm

    Someday Im coming

  • bosimetal
    September 18, 2023 12:21 pm

    Ga nyangka euy ternyata Johny Depp artis serba bisa dan multi talent

Leave a Reply

Leave a Reply