Cara Mudah Menerbitkan Buku

Cara Mudah Menerbitkan Buku

Siapa yang awalnya suka membaca buku akhirnya jadi suka menulis? Mungkin awalnya menulis diary, medsos, blog, lalu lama-lama artikelnya dimuat di media massa. Dari sekian banyak tulisan yang dibuat, pernahkah Anda berpikiran untuk menerbitkannya jadi buku?

Pertanyaan selanjutnya: mengapa sih kita perlu menerbitkan buku karya sendiri? Alasan sebagian orang adalah legacy, ingin meninggalkan warisan kepada masyarakat luas berupa pemikiran kita yang dituangkan ke dalam tulisan. Rasanya bangga aja kalau punya buku yang ada nama kita tertulis di sampulnya dan dipajang di toko buku di mal – apalagi kalau bukunya laris! Ada juga yang beralasan ingin mendapatkan keuntungan finansial, lumayan untuk menambah penghasilan di masa pandemi begini. Atau ingin terkenal seperti penulis idola, yang bisa dikirim ke luar kota atau negara lain untuk mempromosikan bukunya. Apapun itu alasannya, tidak ada yang salah kok!

Tapi bagaimana caranya? Buku bagaimana yang layak diterbitkan? Apakah perlu biaya? Bagaimana distribusinya? Untunglah kita hidup pada zaman sekarang di mana ada banyak cara untuk menerbitkan buku.

Setelah kelas saya yang bertajuk “Cara Mudah Menulis” dan “Cara Mudah Menulis Perjalanan”, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu bagaimana caranya menerbitkan buku. Kelas ini dimaksudkan untuk menerbitkan buku dengan genre apapun, bukan hanya buku perjalanan seperti yang biasa saya terbitkan. Pengalaman saya sebagai penulis di industri buku selama 14 tahun akan saya bagikan di kelas ini.

Segala pertanyaan di atas dan seluk beluknya akan dibeberkan di Kelas “Cara Mudah Menerbitkan Buku” pada Jumat, 30 Juli 2021, pukul 19.30-21.00 WIB, via Zoom.
Biaya investasinya hanya Rp 129.000,- termasuk bonus voucher diskon pembelian buku-buku saya di @mizanstore dan aplikasi buku @rakatadotid.

Supaya tambah semangat, ada bintang tamu nih! Salman Faridi, CEO Bentang Pustaka, akan bergabung di kelas ini! Bentang Pustaka sendiri adalah penerbit buku saya sejak seri “The Naked Traveler” pertama diterbitkan pada 2007. Mereka juga lah yang telah menerbitkan buku-buku laris nasional dari penulis-penulis terkenal, seperti Dee Lestari dan Andrea Hirata. Pengalaman Mas Salman tentu tidak bisa diragukan lagi. Anda bisa tanya langsung ke beliau, lho!

Segera daftarkan diri Anda di bit.ly/kelastrinity3 karena tempat terbatas! Tunggu reply email dari saya mengenai cara pembayaran dan link Zoom-nya. FYI, semua komunikasi dilakukan hanya via email, jadi harap cek email Anda secara berkala ya?

Mari wujudkan mimpi Anda menerbitkan buku!

TTD,
Bu Guru Trinity

3 Comments

  • ainunisnaeni
    July 14, 2021 6:49 pm

    aku nih mbak trinity, awalnya dari kecil suka baca baca majalah, suka nulis cerpen, terus kepikiran pengen kerja di media di jakarta juga, tapi nggak kesampaian.
    dan akhirnya ngeblog untuk menyalurkan hobi juga.
    pengen next time bisa bikin buku sendiri dengan nama sendiri yang terpampang di judul bukunya, bukan antologi lagi

    • Trinity
      July 14, 2021 9:42 pm

      Daftar, yuk! Sampai jumpa di kelas!

  • Toko Furniture Minimalis
    July 17, 2021 8:39 am

    Duh jadi pengen dafter, hehe

Leave a Reply

Leave a Reply