Cara Mudah Menulis Perjalanan

Cara Mudah Menulis Perjalanan

Siapa sih yang tidak suka traveling? Sayangnya karena pandemi, setahun ini perjalanan kita jadi sangat terbatas. Tapi masih ingatkah perjalanan Anda yang dulu? Bagaimana serunya sampai masih membekas dalam ingatan?

Sayang sih kalau Anda sering traveling tapi jarang atau tidak pernah menuangkannya ke dalam tulisan. Foto-foto saja tidak cukup menggambarkan perasaan, tempat, atau mungkin ribetnya perjalanan tersebut. Menceritakan perjalanan ke orang lain memang akan seru, tapi karena tidak ditulis, kita tidak punya arsipnya.

Jangan membayangkan menulis perjalanan itu sulit. Sudah lupa detil tempatnya, sekarang bisa di-google. Lupa tahunnya, bisa dikira-kira. Tapi perasaan saat perjalanan itu tetap tersimpan di memori, hanya saja perlu digali.

Tapi bagaimana menulis perjalanan yang menarik? Tergantung tujuannya buat apa. Kalau untuk arsip diri sendiri, Anda bebas kok menuliskannya. Kalau untuk ditayangkan di media sosial, perlu dicari tema yang dekat di hati tapi bermanfaat. Kalau untuk dimuat di majalah atau website tertentu, perlu ditulis dengan angle yang unik.

Perjalanan yang bisa ditulis itu tidak perlu jauh-jauh sampai ke luar negeri. Saya pernah menulis tentang Jakarta kok, bahkan lingkungan di sekitar rumah sendiri. Perjalanannya pun tidak perlu yang mewah atau sengsara untuk dijadikan tulisan, tapi bagaimana menggali ide dari perjalanan apapun dan mengemasnya ke dalam tulisan lah yang lebih penting.

Berbekal pengalaman saya memiliki travel blog pertama di Indonesia pada 2005 yang masih aktif sampai sekarang, serta menerbitkan 15 buku perjalanan termasuk seri The Naked Traveler yang super laris (bahkan 2 di antaranya telah diadaptasi menjadi film layar lebar), ditambah lagi ratusan artikel yang pernah dimuat di berbagai majalah dan website, saya akan mengajarkannya di kelas online.

Bagaimana menulis perjalanan yang menarik, informatif, bahkan yang menjual, akan saya beberkan di kelas ini. Cocok bagi Anda yang ingin menulis perjalanan pribadi di media sosial, blog, atau jadi artikel yang menghasilkan upah, syukur-syukur diterbitkan jadi buku.

Jadi, ikutan aja Kelas Cara Mudah Menulis Perjanan pada Sabtu, 1 Mei 2021, pukul 16.00-17.30 WIB, via Zoom. SPP-nya hanya Rp 199.000,- termasuk bonus voucher diskon pembelian buku-buku saya di @mizanstore dan poin 5000 di aplikasi buku @rakatadotid, plus tulisan terbaik mendapatkan kesempatan untuk dimuat di travel blog naked-traveler.com.

Langsung daftar di bit.ly/kelastrinity2 secepatnya karena tempat terbatas. Tunggu reply email dari saya mengenai cara pembayaran dan link Zoom-nya. FYI, semua komunikasi dilakukan hanya via email, jadi harap cek email Anda secara berkala ya?

Mari kita ngabuburit bareng sambil menimba ilmu!
Sampai jumpa di kelas!

TTD,
Bu Guru Trinity

14 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply