Cara Mudah Menulis

Cara Mudah Menulis

Apakah Anda merasa sulit menulis? Tidak tahu mau menulis apa, dan tidak tahu mulainya dari mana?

Saya sih percaya semua orang bisa menulis. Bukankah menulis adalah ketrampilan dasar setelah kita bisa membaca? Sudah banyak kali kita menulis sejak SD sampai kuliah, mulai dari mencatat pelajaran, bikin PR, makalah, sampai skripsi. Tapi mengapa sekarang terasa sulit menulis? Oh, dulu kan karena terpaksa, demi mengerjakan tugas supaya lulus. Sekarang kan mau menulis hal lain.

Hmm, tapi mau menulis apa ya? Ide ada banyak tapi tidak tahu menuangkannya gimana. Rasanya tiap mau menulis kok mentok aja gitu. Kalau pun sudah menulis, kok rasanya tidak secakep tulisan orang lain? Mereka bisa menggunakan kata-kata yang indah, tapi saya kok isinya gitu-gitu aja. Aduh, nggak pede ah kalau dibaca orang lain!

Apakah Anda adalah salah satu yang berpikiran seperti di atas? Kalau ya, sebenarnya tergantung menulis apa sih. Menulis email atau WhatsApp aja bisa kan? Itu adalah langkah awal yang baik. Tapi kalau Anda ingin menulis lebih panjang dan menarik, seperti membuat caption medsos, cerita pendek, atau blog, itu bisa dipelajari kok.

Tidak semua tulisan itu harus diterbitkan jadi buku. Bagaimana membuat tulisan yang enak dibaca adalah penting dipelajari. Kalau dasarnya sudah kuat, mau menulis apapun jadi lebih mudah. Apalagi zaman sekarang kita berada di era “sharing is caring”, jadi tulisan sebisa mungkin memberikan informasi dengan jelas, bahkan bisa bermanfaat bagi orang lain. Kalau pun tidak mau sharing, menulis itu tetap penting dilakukan untuk pengembangan diri, bahkan untuk terapi.

Saya sendiri bukanlah penulis sastra dengan kata-kata yang berbunga-bunga. Gaya tulisan saya di blog dan buku seri The Naked Traveler ya apa adanya: mengalir, tapi tetap mengikuti kaidah yang benar. Sebagian orang mengatakan, “Membaca tulisan Trinity seperti diceritakan sahabat yang abis pulang jalan-jalan. Yang baca jadi ikut merasakan serunya, sampai ketawa sendiri kayak orang gila!”. Bahkan sebagian pembaca jadi ikutan rajin menulis, punya blog, bahkan menerbitkan bukunya sendiri.

Nah, saya berencana membagikan pengalaman saya untuk semua orang yang ingin belajar menulis dengan cara mudah. Saya mau bikin kelas menulis online untuk pemula nih! Jadi kalau Anda merasa ingin menulis tapi bingung mulainya gimana, atau sudah bisa menulis tapi merasa kurang pede, atau sekedar ingin mengisi waktu luang dengan hal berguna, silakan ikut kelas saya.

Ini bukan kelas menulis perjalanan, bukan pula kelas bikin novel fiksi. Tapi kelas yang akan membekali Anda untuk memulai menulis atau memperbaiki tulisan sehingga enak dibaca. Tenang aja, saya sendiri belajar menulis secara otodidak, jadi ditanggung caranya nggak ribet dan nggak pake istilah njlimet. Yang jelas, kelas ini akan membuat Anda mengangguk-angguk sambil bergumam, “Oh, gitu ya? Bener juga!” dan sesegera mungkin ingin menulis di kertas atau di gawai.

Kelas ini terbuka untuk semua usia, jadi anak sekolah dan ibu rumah tangga juga bisa. Anda tinggal menyiapkan perangkat yang mendukung Zoom (komputer atau ponsel), internet yang memadai, serta kertas dan alat tulis untuk mencatat.

Catat nih: “Kelas Trinity: Cara Mudah Menulis”, Rabu, 17 Maret 2021, pukul 19.30-21.00 WIB, via Zoom. Biayanya cuma Rp 149.000,- per orang. Caranya daftar di bit.ly/kelastrinity dan tunggu email informasinya dari saya. Daftarlah sesegera mungkin karena tempat terbatas. Bonusnya, Anda akan mendapat voucher diskon khusus untuk membeli buku-buku saya di @mizanstore dan @rakatadotid.

Buruan cus ke bit.ly/kelastrinity ya!

12 Comments

Leave a Reply

Leave a Reply