Nikmatnya Sosis Jepang!

Nikmatnya Sosis Jepang!

Sosis, olahan daging cincang yang diberi bumbu ini tersedia di hampir seluruh muka bumi – bahkan tiap negara maupun daerah punya resep sosisnya masing-masing. Saat traveling di luar negeri maunya hemat dengan masak sendiri di penginapan, sosis pasti masuk ke dalam menu makanan saya karena cara pengolahannya mudah. Di rumah pun, saya pasti nyetok sosis.

Bicara soal makanan, menurut saya negara di luar Indonesia yang kulinernya paling enak adalah Jepang. Rasanya semua makanannya nggak ada yang salah. Mau jajanan pinggir jalan, di minimarket, atau di restoran dari murah sampai mahal, enak-enak semua! Ini karena mereka menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik sehingga tanpa perlu banyak bumbu pun rasanya sudah enak.

Sosis yang paling terkenal mungkin sosis dari Jerman, tapi pernahkah Anda makan sosis Jepang? Saya sih doyan karena rasanya lebih diterima oleh lidah orang Asia. Nah, saya baru nemu nih sosis kemasan terenak se-Indonesia! Sebagai penggemar sosis dan kuliner Jepang, perpaduan ini sempurna deh! Merek sosisnya Riverland yang pabriknya di Indonesia dan dibuat menggunakan resep koki Jepang. Ini diproduksi oleh NHF-Diamond, yaitu perusahaan joint venture antara perusahaan makanan terdepan di Jepang, NH Foods (mereka meng-endorse klub sepak bola Liverpool lho!) dan Diamond Cold Storage dari Indonesia, lalu didistribusikan oleh PT Sukanda Djaya.

Riverland Sausage punya enam varian. Semuanya sudah saya coba dan emang enak-enak semua! Sosisnya terasa daging banget alias tidak terasa tepung sama sekali kayak sosis-sosis lain – bahkan jauh lebih enak daripada sosis di sarapan hotel bintang lima. Ini membuktikan bahwa bahannya memang berkualitas tinggi dengan rasio daging yang pas. Per potongnya pun gendut-gendut. Makan sebiji aja udah lumayan kenyang! Casing-nya aja terbuat dari collagen buatan Jerman dan Spanyol jadi tidak usah dikupas – kalau digigit jadi agak crunchy tapi dagingnya tetap juicy. Namun jangan khawatir, Riverland ini halal dan sudah tersertifikasi dari MUI.

Sosis Riverland ini sebenarnya sudah matang (ready to eat in frozen storage), namun enaknya dimakan hangat jadi biasanya saya masak dengan cara direbus, digoreng, atau dimasukin ke dalam air fryer. Meski saya lebih suka makan sosisnya langsung (karena tanpa dikasih saus sambal, mayones, atau mustard, rasa dagingnya sudah nikmat), tapi bisa juga dijadikan isi hot dog, kebab, pasta, nasi goreng, sayuran, dan lain-lain.

Berikut review singkat saya tentang masing-masing variannya:

  1. Riverland Smoked Arabiki Sausage (sosis daging sapi asap Arabiki)
    Arabiki berasal dari Bahasa Jepang yang berarti coarse meat. Di NH Foods Jepang, varian Arabiki ini merupakan pionir di kelasnya. Dari enam varian Riverland yang ada, Arabiki yang paling favorit saya! Dagingnya ada brenjel-brenjelnya kayak bakso urat, aroma asapnya legit, bumbunya kaya. Rasanya umami bener!
  2. Riverland Ichimi Sausage (sosis daging sapi dan ayam Ichimi)
    Kalau suka bubuk cabai Togarashi/Ichimi yang ada di restoran ramen Jepang, sosis ini dicampur dengan Ichimi juga jadi ada totol-totol kemerahan. Rasanya jadi ada pedas-pedasnya tapi pedas Jepang yaa… yang tidak menutupi rasa gurihnya daging.
  3. Riverland Smoked Cheddar Sausage (sosis daging ayam dan sapi asap rasa keju)
    Keju cheddar di dalam daging sosis ini berupa gumpalan-gumpalan kecil – yang kalau dimakan panas-panas, kejunya langsung lumer! Omaigat! Campuran daging dan keju ini lalu diasap, jadi aromanya menggugah selera.
  4. Riverland Smoky Black Pepper Sausage (sosis daging sapi dan ayam asap lada hitam)
    Rasa lada hitamnya terasa di akhir, jadi tidak mengalahkan rasa nikmat dagingnya. Dengan daging yang diasap secara alami dengan wood chips, rasanya lezat di setiap gigitan.
  5. Riverland Garlic Frankfurter Sausage (sosis daging sapi dan ayam rasa bawang putih Frankfurter)
    Sosis khas Frankfurt, Jerman, ini dimasak dengan pengasapan temperatur rendah. Dengan campuran bawang putih, aroma dan rasanya jadi ada kick-nya dan bercita rasa lebih Asia.
  6. Riverland Beef Bratwurst Sausage (sosis daging sapi Bratwurst)
    Bratwurst (dalam bahasa Inggris artinya finely chopped meat sausage) adalah sosis khas Jerman. Sesuai dengan namanya, tekstur dagingnya memang halus. Rasa herbs-nya kuat. Yang jelas,  bener-bener nggak kalah sama Bratwurst di restoran Jerman yang ada di Jakarta deh!

Belinya bisa di supermarket (Hypermart, Lottemart, Lotte shopping, AEON, Grand Lucky, Duta Buah, HERO, Foodhall, Diamond Supermarket, Giant Extra, Farmers Market, Maxim Supermarket). Beli online juga bisa di Official Store Sukanda Djaya yang tersedia di Tokopedia, atau cari aja di Bliblimart, Tanihub, Sayurbox, Bukalapak, dan Shopee.

Harga Riverland Sausage sebungkus (isi 5 pcs dengan berat 360 gram) berkisar di antara Rp 58.000 – Rp 68.000. Memang ini harga premium, tapi dengan kualitas dan rasa yang premium sih worth it banget!

Oishi né! *lap iler*

10 Comments

  • Atmoko Sarbani
    January 1, 2021 11:00 pm

    Sosis so nice lebih enak mbak ?

  • Atmoko Sarbani
    January 1, 2021 11:09 pm

    Masih enak sosis so nice mbak ?

  • Edorse xixixi
    January 3, 2021 6:13 pm

    Ciee endorse xixixi

  • Anonymous
    January 6, 2021 1:20 am

    clear banged penjelasannya mbaa.. sampe mo beli dimana diunjukin.. tenkyouu aku beli di online / toped ajaa..
    ngiler ada brezel brezelnyaa????

  • Ibun
    January 7, 2021 11:52 am

    lho… distributor produk sukanda jaya ada deket rumah nih… kudu mampir pankapan nyari varian sosis ini..

    • nuriy azizah susetyo
      January 10, 2022 3:27 am

      Selain sosis beef nugget atau karaage nya juga enak buat stok frozen food di rumah mom ? biasanya pengalamanku kalau distributor lengkap barangnya ??

  • SiapaAku?
    January 23, 2021 4:02 pm

    Nikmat sekali kelihatannya kak

    • Trinity
      January 25, 2021 1:28 am

      banget!

  • Dimas
    June 16, 2021 1:12 pm

    kelihatanya enak sekali sosis nyaa

  • Anonymous
    January 10, 2022 3:22 am

    Di rumah seleranya bedaaa. Kalau suamiku Tim garlic frankfurter. Kalau anak anak beef bratwurst atau smoked cheddar. Thanks to riverland sekali masak bisa akomodir selera serumah ???

Leave a Reply

Leave a Reply