Siapa bilang Jepang mahal banget?

Mount Fuji

Mendengar kata “jalan-jalan di Jepang” rasanya langsung terbayang 1 kata, yaitu “mahal”. Tapi apa benar Jepang semahal itu? Setelah merasakan sendiri jalan-jalan di Jepang, saya berkesimpulan bahwa Jepang tidak semahal yang saya bayangkan. Malah masih lebih murah daripada Eropa. Soal bahasa, ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Malah jauh lebih sulit ketika saya traveling di China daratan. Orang-orang Jepang itu ramah dan sopan, meski tidak bisa berbahasa Inggris tapi kalau kita bertanya akan diberi tahu dengan detail bahkan kadang diantar.

Anyway, mahal memang relatif, tapi kalau tahu caranya, kita bisa kok menekan budget. Berikut tips jalan-jalan hemat di Jepang secara general (Catatan: 1 Yen = Rp 108, harga di November 2010);

Pesawat
Jepang itu luas, jadi sebaiknya tentukan dulu mau jalan-jalannya ke bagian mana. Paling strategis sih terbang ke Nagoya karena berada di tengah Jepang, di antara Tokyo dan Osaka. Bandara Centrair di Nagoya langsung terhubung dengan bandara domestik dan kereta api. Untuk pilihan pesawat dari Indonesia, bisa browsing atau tanya travel agent. Kemarin saya sih naik Garuda Indonesia karena dengan 7 jam perjalanan maunya kan nyaman. Eh ternyata saat itu harga tiketnya paling murah dan sudah termasuk makan pula. Garuda sekarang pesawatnya baru, jenis A330-200. Untuk kelas ekonomi saja jarak antara dengkul ke kursi di depannya lapang dan setiap kursi ada personal TV-nya yang bisa nonton film terbaru dan main game.

Transportasi
Paling mudah di kota besarnya ke mana-mana naek subway. Kalau rencana seharian banyak menggunakan subway, lebih baik beli tiket day pass sehingga lebih hemat dan nggak ribet beli tiket di vending machine. Kecuali di Tokyo, sebagian besar kota punya day pass. Contohnya di Nagoya per rute 200 Yen, tapi kalau day pass harganya 600 Yen unlimited. Ada juga bus yang terhubung dengan stasion subway, tapi sebagian besar destinasi favorit sudah terjangkau dengan subway. Usahakan bawa ransel (bukan koper) karena lebih memudahkan untuk naik-turun tangga di subway, terutama dari-ke bandara.
Untuk perjalanan antar kota, prinsipnya adalah the slower the cheaper, artinya semakin lama waktu perjalanan maka harganya akan semakin murah. Contohnya naik shinkansen (kereta api super cepat) untuk rute Nagoya-Tokyo selama 1,5 jam harganya 10150 yen, tapi dengan menggunakan bus malam selama 6 jam harga dapat setengahnya. Kalau jalan lama di Jepang, perlu dipertimbangkan untuk membeli Japan Rail Pass. Sistemnya kayak Eurail Pass di Eropa dimana kita membeli tiket berdasarkan jumlah hari perjalanan tapi bisa naik kereta ke mana pun unlimited. Pass ini berlaku bagi warga negara non-Jepang dan harus dibeli di luar Jepang.

Akomodasi
Penginapan di Jepang memang mahal, apalagi dibandingkan dengan negara kita. Nginep paling murah ya tetap di hostel yang jenis dorm. Harganya sekitar 2500 – 3500 Yen/orang. Perhatikan, Youth Hostel kadang ada jam malam yang kalau telat datang bisa dikunciin. Capsule hotel itu tidak lebih murah daripada hostel, makanya saya ogah nginep di kapsul yang bikin claustrophobic. Lagipula, hotel kapsul ternyata banyak yang hanya menerima tamu pria saja.

Makan
Paling murah beli makanan di mini market seperti 7-Eleven, Lawson, Circle K, dan Family Mart. Di situ ada aneka roti, mie, sosis, sushi, bento (nasi plus lauk-pauk di dalam kotak), jadi tinggal minta dipanasin di microwave aja sama kasir. Harganya sekitar 100 – 300an Yen dengan porsi banyak dan rasa enak. Kedua murah, makan rice bowl seperti di Yoshinoya mulai dari 290 Yen. Kalau di Jakarta, Yoshinoya jadi restoran keren di mal Grand Indonesia, di Jepang ia adalah warung makan kecil. Kalau mau makan di Makudonarudo (McDonald’s) malah lebih mahal, sama seperti makan ramen di warung, harganya sekitar 450 Yen. Satu lagi yang hebat, Jepang tidak mengenal uang tip.

Minum
Kalau makan di warung atau restoran, air putih atau ocha (teh hijau Jepang) gratis dan boleh nambah. Air kran di Jepang pun bisa diminum, jadi kalau mau hemat, beli aja air putih botolan lalu refill terus dari kran manapun. Pada dasarnya minuman botol atau kaleng bisa dibeli di vending machine yang tersebar tiap 10 meter kalii saking banyaknya. Harganya berkisar 100 – 150 Yen untuk soda, juice, teh, atau kopi. Karena semua dalam bahasa Jepang, perhatikan kalau tulisannya berwarna biru berarti minuman dingin dan warna merah berarti minuman panas. Kalau mau ngopi di kafe, mending lupakan saja deh. Harga kopi secangkir sekitar 500 Yen dan tidak ada kopi yang enak karena Jepang memang bukan negara penghasil kopi.

Shopping
Paling murah untuk beli apapun, termasuk suvenir, pergi aja ke toko Hyaku-en (semua serba 100 Yen) seperti Daiso. Barangnya bener-bener unik dan lucu-lucu. Kuncinya: kalau tidak ada price tag, berarti harganya 100 Yen. Bila harganya berbeda, maka barang diberi price tag. Kalau mau beli pakaian casual, pergilah ke toko Uniqlo yang lagi happening di Jepang karena harganya murah dan model keren. Kalau mau belanja barang branded internasional, bisa ke Factory Outlet, seperti di Gotemba Premium Outlets atau Mitsui Outlet Park Nagashima. Modelnya seperti di Amerika dimana ada satu area luas berisi puluhan toko per brand.

Sightseeing
Museum dan atraksi rata-rata tiket masuknya 500 Yen, kalau ngetop bisa sampai 1000 Yen. Tapi kita bisa kok cari aktivitas gratisan. Sebagian besar shrine dan beberapa temple masuknya gratis. Taman-taman di Jepang bagus banget dan gratis. Nonton orang Jepang lewat di jalan dan window shopping juga gratis kan? 🙂

116 Comments

  • reyrey
    August 16, 2011 5:15 am

    numpang take picture yaaa..:D

  • Sporty
    August 28, 2011 9:27 pm

    Negara Jepang memang terkenal mahal tetapi kalau bisa mensiasati gaya traveling kita maka budget bisa ditekan jadinya nggak terlalu mahal jatuhnya..

  • Secret Life
    August 28, 2011 9:30 pm

    Thanks infonya mbak T.. Siap-siap hunting tiket Airasia promo ke Jepang and Korea..:)

  • rina
    September 21, 2011 12:43 am

    Mba…tgl 14-19okt ini aku ama 2temen ada rencana ke jepang…sbnarnya ngujungi suami2 yg lg skola,tp krn ga ada tour dgn tgl sgt,kmi trpaksa jln sendiri. Ada referensi guide slama dsana ga yaa? Mgkn mahaiswa2 indo dsana ada yg bs jd guide?
    Tenkiuuu….

  • eko marwanto
    October 26, 2011 4:59 am

    Jadi pengen banget deh ke jepang, tapi target terdekat mau ke negara tetangga malaysia dulu…. doakan ya,… sukses terus buat naked traveler..!!

  • dian
    November 1, 2011 12:09 am

    mbak T,
    saya sudah kesana.senangnnyaaaa…

    soal mahal, relatif. Kalau tuj kesana explore instead of kuliner dan borong oleh2, bisa murah. setuju sm mbak T, makan di convenience store andalan bgt. klo bosen, makan ramen, soba, atau udon dipinggir jalan. dapet kok 500 yen. Krn pngen sesekali makan enak, sempat makan disatu rmh makan di Nagatsuta-Yokohama. makan okonomiyaki 3 set buat ber4 habis 1900yen. Transportasi disana mmg ckp bikin sakit kpl. Klo planning pndh2 antar propinsi utk explore lbh byk tmpt(misal Tokyo-Yokohama)dan waktu mepet, consider pesen JR dr Indo. Tp sbnrnya stay di Tokyo gpplah. Bisa ke Shinjunku, Akihabara (This!Must!Try! and u will know what i mean with Japanese characteristic) Harajuku distric, Ueno, DIsneyLand/Sea, Tokyo Tower, Asakusa..oiya, kalau hari Minggu di Tokyo daerah imperial palace ada car free day. Lmyn buat kongkow2…

    Ttg Masyarakatnya. Disana setiap distrik, even cm di Tokyo bisa beda karakter satu dg yg lain. Org Jpg itu mnr sy sdh mencapai tingkat confidence tinggi. gegaya apapun disana gak ada yg bakal urusan..unik dan berkarakter

    tempatnya jg byk yg bs diexplore. one day, pngen balik, explore Jepang sbl timur. Bwuhahaha..happy travellin’ ^^

  • ira
    March 29, 2012 9:25 am

    mba daiso ni letaknya di kota apa ? trims

  • dodo
    May 2, 2012 2:14 pm

    mba ira: daiso itu toko yang jual macem2 barang… ada di banyak tempat di Jepang. Nih peta penyebaran daiso di jepang http://www.daiso-sangyo.co.jp/english/stores/index.html

    Loh. kok saya malah jadi promosiin daiso… 🙂

  • Lusi
    August 16, 2012 11:14 am

    Lebaran thn ini saya utk ke 4 kalinya pergi ke Jepang,menurut sy Jepang tidak semahal yg di bayangkan,di banding OZ Msh lebih murah.untuk pengurusan visa nya relatif lebih mudah dan murah dibanding negara lainnya termsk China.Membayangkan Jepang pasti terbayang makanan enak,penduduk yg ramah yg tak kalah menarik kita bisa berburu barang2 bekas branded terkenal dengan harga menarik kadang msh dlm kondisi like new.Tip saya utk ke Jepang dgn budget hemat pesanlah tiket Airasia jauh2 hari utk perjalanan PP sekitar 3,5 jt ,biaya pengurusan visa sekitar 350rb.Hotel2 bisa di pesan melalui internet msk ke Agoda,memesan jauh2 hari akan jauh lebih murah.Kalau mau keliling jepang dengan Shinkanshen ato Bullet Train kereta tercepat di jepang sebaik nya membeli di Indo krn mereka memberikan harga khusus utk turis yg tdk berlaku bagi WN Jepang dan PR.ada tiket terusan utk 1 minggu harga sekitar 4 jt utk keliling Jepang . Selamat Berlibur

  • arin osanai
    August 28, 2012 9:13 pm

    ya benar mbak T jepang itu luas ya semua punya keistimewaan tersendiri,kalo bagian paling bawah pulau Okinawa memberikan suasana pantai n daerah plg panas di jep..dan yg paling Ujung di pulau Hokaido memberikan suasana pegunungan yg sangat indah n bercuaca plg duingin..jd disini byk salju (di sapporo ibukota Hokaido ada festival ukiran es yg spekta..)dan yg paling saya suka di jep ini Bunganya kyknya subur bener ya tumbuhnya..satu pohon isinya bunga semua daun malah terlihat 1-2 lembar saja..byk festival bunga2 pas musim semi,semua musim di jep indah..bulan 3-5 musim semi (musim tulip n sakura bermekaran,musim yg plg kusuka)..bulan 6-9 msim panas (menyengat panasnya,musim yg saya gak suka..homesick pengen pulkam) bulan 9-11 musim gugur dimana penggununganya berwarna merah n kuning daunnya..bulan11-3 musim Dingin..salju dimana2 (kecuali okinawa)..

  • arip
    September 22, 2012 9:04 am

    hummm keren, jadi pengen berubah haluan nih. adooohhh

  • mbieh
    September 22, 2012 10:46 am

    bunnnggkkuuzz…

  • nomiya
    October 14, 2012 6:13 am

    kereenn,,negeri sakura (JapAn) adaLah Negara impian yang mw aQ datengin dari kecil (SD)soaL.y suka banget dg kartun.y+budaya,etc.. Moga segera bisa terealisasi,,aamiin *semangat nabung 🙂

  • Harsiyanti
    March 25, 2013 12:14 am

    Insya Allah saya mau ke jepang sendiri,dari tgl 02/04 sampai tgl 10/04 2013, saya berangkatnya dari UK dan saya tidak bisa bahasa jepang,disana banyak tidak yg menggunakan B.Inggrish ya, dan aku ingin sekali bertemu dengan orang indonesia yg ada di Jepang ya, terima kasih

  • Andika Setiawan
    April 1, 2013 4:04 pm

    wah makasih artikelnya sangat menarik, dari rincian nya sangat details, saya jd semakin yakin untuk pergi kesana

  • Nuraini
    April 26, 2013 8:51 pm

    I love Japan. Saya ke Tokyo akhir maret 2013, sakura di mana mana, indaaaaah sekali. Semua tertata rapi, bersih, tepat waktu. Semua menarik. Pengalaman yang sangat berkesan.
    Mahal? Menurut saya tidak, asal kita punya banyak informasi ttg mau Kemana, bagaimana caranya kesana sedetil detilnya. Misalnya, kita mau ke Tsukiji Fish Market, kita harus tau : Sebaiknya kita kesana jam berapa, ada hari libur nggak, naik kereta apa, exitnya no berapa, peta disana nya di print, apa yg menarik disana. terutama kalau kita sdh nyampe di suatu stasiun, kita harus keluar pintu no berapa? Karena kalau kita salah keluar maka kita akan bingung dan akan tenaga dan waktu.
    Pesan tiket jauh jauh hari. Booking hostel, cari yg paling dekat dengan stasiun, makanan beli di mini market. Beli kartu pasmo atau suica biar nggak repot.
    Diluar tiket pesawat, saya menghabiskan uang sekitar 5 juta untuk 8 hari termasuk perjalanan, oleh oleh, makan, jajan, hostel, Sinkansen jarak dekat, kereta (mrt&jr), ke gunung Fuji. Tanpa terlalu berhemat. Pingin banget balik lagi ke sana……

  • ali
    May 7, 2013 9:58 am

    gmn ya biar bisa dpt tiket murah kejepang?

  • freaks jhoe
    May 24, 2013 6:42 pm

    saya kebetulan lg d jepang jg di daerah kariya, lg ad training dari kantor selama 1 bulan..ad yg tw g tempat oleh2 deket sini??

  • paijo
    June 14, 2013 11:01 pm

    ada yang tau ga harga tiket PP dari jepang (narita) ke jakarta? pada musim dingin ato panas pinginnya 2014.bulan agustus ato desember-januari..trims
    yang paling murah pake buangets

  • eddy jaya
    June 21, 2013 9:28 pm

    kbetulan skrg sy berada di jepang..ada program pelatihan di nagoya , Aichi pref dan Yokaichi, Mie Pref
    sebagai referensi sbelum brangkat , tukar uang di badanara soetta aja ,klo tukar uang di jepng mahal bgt .kmarin ssabtu sy tukar uang di soetta rp 1, 06 juta dihargaian 10.060 Yen.. waktu gue tukar Rp 1 juta di nagoya cuman dihargain .5900 Yen..hedeh selisihnya gede bgt..mungkin jeang ga merkuin rupiah ye..hrsnya bawa dollar aja

  • eddy jaya
    June 21, 2013 9:33 pm

    satu lagi…utk short stay bw aja selain english map juga dibawahnya ada tulisan kanji..karena pengalaman sy tersesat di jepang pd tengah mlm, maunya sih naik taxi tp ternyata sopir taxi pada tua smua dan ga bisa bahasa inggrris jdnya sih buang2 uang aja.krn skali buka pintu smpe 500 Yen..jadi cari aja tampang anak kuliahan krn hy anak kuliahan yg ngerti bahasa inggrisss..rata2 org jepang tengah mlm ditanayai peta dia malah senang pura2 ga ngerti dan berupaya menghindar dr org asing..hedehhhh.keringat dingin gw..pdhl baru mlm pertama tuh di jepang hahahaha

  • twosocks
    July 16, 2013 12:49 pm

    thank you ya semuanya atas tips2nya. berguna sekali 🙂
    Saya dan Gypsytoes baru selesai ngiter2 jepang juga dua minggu lalu. So fun! btw, ini tulisannya:

    http://dustysneakers.wordpress.com/2013/07/15/cups-of-japanese-tea-4/

    semoga pada suka juga 🙂

  • mamank_ncek
    July 18, 2013 8:24 pm

    1 lagi yg jangan sampe lupa “kore wa butaniku desu ka” hehehe n yg mo beli oleh2 barang elektronika murah juga bisa kunjungi akhihabara

  • Jellyfish Edu-Ind
    August 14, 2013 2:36 pm

    betul banget! kalo sudah tau seluk-beluknya, malah Jakarta kadang terasa lebih mahal dari Jepang lho. hehehe…

  • sinto adjah
    August 28, 2013 9:18 am

    saya ada rencana ke jepang bulan desember,dengan route tokyo-kyoto-osaka-hiroshima-osaka-jkt.kira2 tempat wisata yang bagus untuk bulan desember apa aza ya mba?rencananya osaka -hiroshima naik shinkansen,beli tiket ditempat apa bisa?terima kasih.

  • philippe.b
    September 5, 2013 2:00 pm

    yang bilang Jepang tidak mahal orang udah kaya loh. saya sudah 10 kali ke jepang dan sono minimum 10 kali lebih mahal dari indonesia. jepang lebih mahal dari OZ, dari USA dan banyak negara europa (kecuali perancis, ingris). saya jalan2 terus karena kerja dan trust me jepang lumayan mahal bukan opsi yang murah.

  • tamiim
    September 7, 2013 1:53 pm

    mohon izin bertanya mbak, kira2 berapa ya perkiraan biaya paket tour ke jepang selama satu minggu?

  • hadi
    September 19, 2013 10:00 am

    saya br pulang dr jepang sep 2013 ini …

    berikut summary utk jd backpacker di jepun, 10jt 7 hari all inclusive:
    – cari tiket ‘murah’ 3.5jt
    – visa 350rb + airport tax = 500rb
    – JR pass 7 hari 3.5jt
    – makan 220rb x 7 = 1.5jt
    – tiket subway/bus 150rb x 7 = 1jt

    Oh iya, diluar itu perlu biaya pulsa internet antara 50rb-150rb/hari yg bias shared dgn tmn seperjalanan … internet adalah menu wajib buat support aplikasi map dan browsing tempat yg akan dituju…

    Nginep di stasiun atau paksa tidur tiap kali masuk kereta, datengin tempat wisata gratisan aja (kuil, taman, mall), atau nyampe tempat wisata (disney, universal studio, tokyo tower) ga usah masuk hehehe …

    kalo tetep mau nginep, tambahin budget 350rb per malam di hotel ‘supermurah’ … jgn khawatir, biar murah tp tetap super bersih …

  • ijha
    October 6, 2013 12:28 pm

    ogenki desuka……..
    salam kenal.
    saya punya rencana trip to japan sekitar mei 2014. tp masih ragu coz sy rencana perginya sendiri. takut nyasar……
    😉

  • njul
    October 23, 2013 1:51 pm

    konnichiwa
    ijha ,, gw rencan na akhir januari -awal februari,,, winter season,, g lama si lama prjalanan di jepang na cma 2 hri 1 malm,, akomodasi sekitr 2jtan tiket 4jt,, yaa niat mo liat2 dlu soal na

  • ratna
    November 11, 2013 9:21 am

    dijual voucher hotel IBIS TOKYO SHINJUKU untuk 1 malam 2 org incld. breakfast (blackout date 31 Des 2013 dan 1 Jan 2014). harga 1,5 IDR bs nego.. add pin 746969A3

  • Utami
    November 11, 2013 10:22 am

    Saya juga mau pergi ke Jepang. may 2014
    masih ragu karena sendiri..
    ayoookkk yg mau ikut

  • Windu
    November 17, 2013 8:59 am

    Ada plan ke Jepang via Osaka-Kansai, setelah iseng2 hunting tiket murah dan dpt buat 16-23 Jan 2014. Kebetulan ada sodara di Nagoya. Tapi, masih belum ada ide mau kemana-mananya. Yg pasti mau diajak ke universal Studio, mau ke tokyo naik shinkansen tapi lumayan mahal ya… Yah, semoga nanti ada rezeki lebih pas hari H.

  • ventje
    November 22, 2013 9:41 am

    klo mau jln” bagus ke Osaka, krn kansai meliputi Osaka, Kyoto, Kobe, shigaken,,,4 kota ini terkenal dgn tmpt wisata x, klo d bandingkan dgn daerah lain di jepang,,,4 kota ini saling bersebelahan…tiket kereta JR “kippu” nya juga lbh murah d tokyo n nagoya…nagoya n tokyo ga bgtu rame kaya d kansai (4 kota),,,kehidupan di tokyo pun jauh lbh mahal dri osak n sekitar x…

  • hapsari
    November 22, 2013 9:57 pm

    Mbak utami…..saya juga lg cari konco jalan.
    Masih semangat ke jepang mbak??

  • Bali Best Way
    November 25, 2013 9:03 am

    Solo Traveler ya ?

  • Ubud Bali Bike Tour
    November 25, 2013 9:04 am

    Wow jepang emang keren

  • Arya
    November 29, 2013 7:25 pm

    Mau Natal – Taun baru an di Tokyo aja ( gak kemana-mana alias gak ke kota lain ). Kira2 10 harian di Tokyo. Kira2 perlu uang berapa ya ? ( di luar hotel dan pesawat lho ).

  • anto
    December 14, 2013 7:05 am

    teman2 yang mau berangkat kejepang april saya ikut dong, hub saya yha..rutenya mana saja yang penting ada tokyo nya

  • aji seno
    January 4, 2014 10:12 pm

    bosen Liat JPAN
    ore wa kaeritain desukedo

  • ria
    January 10, 2014 9:07 pm

    nuraini bisa add fb w ?? arisha hirata .. or ga sms ke no 083875743321 mau nanya2.. mksh

  • memey
    March 16, 2014 12:45 pm

    Mbak..aku rencana tahun depan mau ke jepang..pngen bnget me museum fujio..tapi gak punya partner 🙁

  • sholihul
    March 19, 2014 12:18 pm

    halo semua.. senang sekali liat komentar2 antusias tentang jepang, jadi berasa mengingat momen2 sebelum tinggal di Jepang.
    Sekarang baru 5,5 tahun tinggal di Jepang sebagai gakusei (student). 2,5 tahun di Yokohama dan 3 tahun di Tokyo.
    kalau tempat rekreasi di sekitar Tokyo dan Yokohama saya bisa rekomendasi mana yang bagus, silahkan korespondensi di blog saya kalau ada yang ingin ditanyakan. http://msholihulh.wordpress.com/2012/06/26/tempat-rekreasi-dan-hiburan-di-sekitar-kota-tokyo-2/

    oya yang mau ke museum fujio, saya sudah pernah kesana, dan kesan saya sih kurang menarik (tidak semenarik iklannya), walau saya dan istri penggemar doraemon. mending ke Tokyo disney sea saja, dijamin tidak menyesal hehe
    kalau punya waktu kunjungan yang singkat untuk keliling tokyo, bisa coba tokyo sky hop bus atau tokyo sky duck
    http://www.skybus.jp/

  • putri
    April 15, 2014 5:06 am

    Mau tanya ni, kebetulan saya mau ke columbus dan transit dijepang lama banget sampai 10 jam.. Saya sudah tanya2 tp sepertinya saya mengalami kesulitan berhubung saya sendirian.. Bagaimana enaknya kalo saya ingin mmenghabiskan waktu tunggu dg jalan2 di jepang? Apakah ada travel agent yg melayani 10 jam jalan2? Terima kasih mohon jawabannya

  • andi
    April 16, 2014 11:56 am

    udah lama pengen ke jepang,tapi bingung di bahasa sama dan akomodasi,

  • aries
    April 30, 2014 12:17 pm

    Ijha, Utami, Hapsari,

    ke Jepang bulan Mei jadi nggak? Kalo jadi bisa ketemu di sana ya. Tapi aku di Kobe 12-24 Mei 2014. contact me at: 087771085395

    Farica-san, anata wa Nihon de doko desu ka?

  • AL ????
    May 19, 2014 7:12 pm

    Sugoi ^_^

  • Dion
    June 5, 2014 11:52 am

    mantap traveling ke jepang memang mimpi semua orang… semoga traveller semakin di mudahkan visanya..

  • Wisata Jepang
    June 5, 2014 11:54 am

    Pengen Liburan ke Jepang yuk baca2 Artikel tentang Wisata Jepang di http://pengenliburan.com/category/wisatajepang sebelum liburan kesana baca2 dulu tinggal nanti jadwalin liburannya…

    Domo Arigatou Gozaimasu

  • 1stoutbound
    June 26, 2014 3:39 pm

    Salam kenal , kami menyewakan villa di malang , villa batu murah untuk perusahaan . Info lebih lengkap : http://www.1stoutbound.com/villa-refa-bungkoh-villa-di-malang/

Leave a Reply

Leave a Reply