Bangga membidani IndonesiaDive!

Bangga membidani IndonesiaDive!

Berawal pada 17 September 2021. Hari itu adalah tujuh tahun meninggalnya ibu saya, saat saya sedang diving di Sipadan, Malaysia (sudah baca “Running Like Crazy” di buku The Naked Traveler 7 kan?). Untuk memperingatinya, saya ingin mem-posting foto diving di sana beserta caption kisahnya. Karena tidak punya fotonya, saya lalu kontak teman saya, Anis, yang barengan diving waktu itu. Dari minta foto jadi ngobrol panjang, dan Anis malah menawarkan ikut proyek pribadi yang dia sedang kerjakan: indonesiadive.com. Wah, it’s a sign!

Besoknya kami langsung online meeting. Keresahan kami yang doyan diving (menyelam) di Indonesia adalah informasi yang kurang jelas dan berserakan di mana-mana. Tidak ada satu situs khusus yang mencakup penyelaman di Indonesia secara lengkap, kalau pun ada biasanya milik orang asing. Kalau mau menyelam di pelosok Indonesia, harus cari referensi dulu siapa yang kenal siapa. Penyelam asing yang menyelam ke Indonesia pun seringnya bergantung sama dive operator yang sebangsa mereka, itu pun seringnya ke Bali – sementara masih buanyaak situs di Indonesia yang belum terekspos.

Padahal, Indonesia itu memiliki situs penyelaman terbaik di dunia. Bayangkan, kita berada di Coral Triangle yang memiliki keanekaragaman alam bawah laut terkaya di dunia, memiliki cuaca tropis sepanjang tahun, dan sering memenangkan berbagai penghargaan dunia sebagai The World’s Best Scuba Dive Destination. Jadi sebenarnya potensinya sangat besar!

Dari hasil brainstorming, kami ingin membuat platform khusus tentang scuba diving di Indonesia dalam Bahasa Inggris karena target market-nya adalah penyelam di seluruh dunia. Visi dan misi IndonesiaDive yang ingin mempromosikan keindahan alam bawah laut Indonesia dan memajukan industri diving di Indonesia, membuat saya tidak ragu bergabung. I’m sold! Mungkin ini adalah kontribusi saya terhadap negara tercinta. Mungkin ini “tanda” dari mendiang ibu saya untuk keluar dari depresi akibat pandemi.

Logo IndonesiaDive

Lalu mulailah kami berjibaku mendiskusikan konsep, target, action plan, situs, tampilan, sampai ke logo. Nah, logo IndonesiaDive ini adalah gambar ikan yang mencerminkan keanekaragaman ikan dan ekosistem alam bawah laut Indonesia. Ikan menghadap ke atas kanan mencerminkan optimisme IndonesiaDive untuk memajukan industri diving di Indonesia yang tentunya akan membantu meningkatkan perekonomian lokal. Dan, warna merah-putih karena merupakan warna bendera Indonesia sekaligus bendera diving dunia.

Pertanyaan selanjutnya: bagaimana business model-nya? Maunya sih IndonesiaDive jadi google-nya segala informasi diving di Indonesia dan bookingdotcom-nya diving di Indonesia. Tapi itu jalannya masih panjang. Kami belum punya resource-nya dan belum sanggup menggaji karyawan. Kami mengerjakannya hanya berdua: Anis yang mengurus teknis situs dan keuangan; saya yang mengurus konten dan marketing.

Siapa kami, para founder IndonesiaDive? Baca di sini deh! Saya kenal Anis karena teman sekantor belasan tahun yang lalu. Setelah itu kami “berpisah” karena saya kuliah di Filipina dan Anis pindah ke Malaysia. Di antaranya kami kadang ketemuan, karena kami sama-sama suka buku, traveling, dan diving. Sekarang Anis tinggal di Amerika Serikat yang berbeda 12 jam dengan waktu Jakarta. Meeting jadi sulit banget waktunya, apalagi kalau salah satu disibuki dengan perkerjaan lain. Meski teman, kami ada berantemnya juga sih. Untungnya kami sama-sama blak-blakan nyemprot di depan, tapi abis itu baikan lagi. Hehe!

Saya pun kembali disibukkan dengan menulis artikel dalam Bahasa Inggris (maaf ya, blog ini jadi agak terlantar!) dan me-manage medsos (entah kenapa akun Instagram kami sempat menghilang dua kali!). Setelah melalui segala kerusuhan ini-itu, akhirnya IndonesiaDive resmi launching pada 21 November 2021! Wah, bangga betul rasanya turut membidani kelahiran situs ini! Senang juga karena banyak mendapat pelajaran baru!

Jadi, tolong dukung kami ya? Caranya:

  • Download e-book GRATIS “99 Scuba Diving Places in Indonesia” di Indonesiadive.com (biar pada tau ada banyak situs penyelaman di Indonesia!).
  • Baca artikel blog kami di indonesiadive.com/blog
  • Follow Instagram @indonesiadive_ dan Facebook Page IndonesiaDiveDotCom
  • Belanja merchandise (aneka T-shirt, topi, sampai sarung bantal) untuk divers yang didesain oleh divers di indonesiadive.com/shop yang bisa dikirim ke seluruh dunia.
  • Sebarkan kabar baik ini ke teman-temanmu di seluruh dunia!

Kalau Anda pemilik dive operator atau toko peralatan diving di Indonesia, kami terbuka untuk bekerja sama. Hubungi kami di contact@indonesiadive.com ya? Mau kasih saran juga boleh. Terima kasih!

8 Comments

  • Martin
    April 8, 2022 9:55 am

    Selamat ya Mbak T… Semoga website nya juga bisa membantu ekonomi lokal.

    • Trinity
      April 11, 2022 1:49 pm

      Amin! Terima kasih.

  • Andre A.
    April 8, 2022 5:16 pm

    Jadi ingat website pendakian terlengkap di Indonesia dari nama gunung, jalur pendakian, GPS koordinat dll yang buat malah orang Eropa … hiks … Padahal Indonesia memiliki gunung berapi terbanyak di dunia.
    Sukses yaaak

    • Trinity
      April 11, 2022 1:49 pm

      Aku tau itu! 🙂

  • omahbalong
    April 20, 2022 8:15 pm

    keren mbaknyah…sangat menginspirasi…sehat selalu mbaknyah .. laf laf laf

  • dinosaur game
    May 6, 2022 4:36 pm

    So beautiful, I love scuba diving. Swim with the fish in the sea.

  • Modus Gaia
    February 8, 2023 4:01 pm

    makasih banyak sharingnya! ternyata laut indonesia memang seindah itu ya ngga kalah sama maldives, aku pernah baca artikel Modusgaia bahwa ternyata Film Avatar pun terinpirasi dari salah satu suku yang ada di Indonesia, salut banget!

  • Putra
    August 2, 2023 6:29 am

    Indonesia terbaik

Leave a Reply

Leave a Reply