India bersalju di Jammu & Kashmir

India bersalju di Jammu & Kashmir

Jammu & Kashmir adalah state yang terletak di paling utara negara India. Karena dekat dengan pegunungan Himalaya, maka tak heran di sana cuacanya relatif lebih dingin dan pada musim winter pun turun salju. Jammu & Kashmir terbagi menjadi 3 region, yaitu Jammu, Kashmir, dan Ladakh. Karena segregasi antaragama, mayoritas penduduk Jammu adalah penganut Hindu, di Kashmir adalah Islam, dan di Ladakh adalah Buddha. Lucunya, ibu kota state tersebut terbagi dua; Srinagar adalah ibu kota saat summer, sedangkan Jammu adalah ibu kota saat winter. Bayangkan, para PNS yang kerja di situ pindah rumah setiap 6 bulan!

Dari dulu kita mendengar dari berita bahwa daerah tersebut bahaya dan sulit didatangi karena diduduki militer. Bahkan pada September 2014 terjadi banjir sehingga jalan putus. Masih ingat Udhi, teman sekelas saya di buku #TNT3? Dia berasal dari Kashmir yang pada saat kuliah terpaksa kabur ke Delhi karena rumahnya dibakar akibat konflik antaragama. Meskipun semua teman India saya bilang bahaya, namun gara-gara salah satu setting film Bollywood berjudul “3 Idiots” saya justru tambah pengen ke sana. Kesempatan itu pun datang pada Maret 2015.

Untuk gampangnya, kita dapat terbang langsung dari Delhi ke ibu kotanya, yaitu ke Jammu (ibu kota Jammu), Srinagar (ibu kota Kashmir), atau Leh (ibu kota Ladakh). Saya memilih mengunjungi kedua kota terakhir. Sebenarnya antarkota tersebut dapat dilalui jalan darat, namun karena bersalju jalan tertutup dan tidak disarankan. Bila Anda terbang ke sana, jangan lupa minta duduk di window seat sebelah kanan. Astagaa… pemandangan pegunungan Himalaya itu benar-benar spektakuler!

Mendarat di bandara Srinagar dan Leh, sebagai turis asing kita wajib mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang sangat detil seperti tinggal di hotel mana, pekerjaannya apa, ngapain ke sana. Saya cukup syok melihat banyak sekali tentara bersenjata di mana-mana, bahkan di sepanjang jalan tiap 25 meter! Belum lagi truk militer yang hilir mudik. Meski rasanya seperti sedang berada di daerah konflik, namun itu adalah hal yang biasa. Maklum Jammu & Kashmir ini berbatasan dengan Pakistan dan China, bahkan sebagian wilayahnya memang masih sengketa. Tapi saya sebagai turis sih justru merasa aman-aman aja.

Di Srinagar, saya tinggal di houseboat bernama Meena. “Rumah kapal” ini terletak di Dal Lake yang pemandangannya gila banget kerennya! Bayangkan, danau yang airnya bening bak kaca sehingga refleksi awannya bisa kelihatan pada permukaannya, lalu dikelilingi pegunungan Himalaya yang puncaknya bersalju dan bukit berpohon almond yang keunguan dan pinus yang hijau. Tak heran Kashmir dijuluki sebagai “mini Swiss”! Tiap sore kerjaan saya naik shikara (kapal tradisional yang didayung) keliling danau dan nongkrong di atas atap houseboat menunggu sunset.

Dal Lake, Srinagar
Dal Lake, Srinagar

Srinagar terkenal dengan taman-taman cantiknya yang ada sejak zaman Kekaisaran Mughal (abad 15-18). Jama Masjid-nya menurut saya adalah mesjid tercantik di India yang pernah saya lihat. Tempat teruniknya adalah mesjid Hazratbal yang dipercaya menyimpan rambut Nabi Muhammad SAW. Lebih anehnya lagi, di Rozabal ada kuburan yang dipercaya sebagai makam Yesus! Konon gosip ini disebarkan oleh tukang jualan di sana agar turis mau mampir sehingga dagangannya laku. Hahaha! Yang jelas sih, cowok Kashmiri yang mirip orang Persia itu ganteng banget! Tuh yang doyan cowok India putih dan ganteng, Muslim pula, silakan datang langsung! 🙂

Demi ketemu salju, saya naik mobil lebih dari sejam untuk mengunjungi Gulmarg. Selain merupakan pusat orang bermain ski, Gulmarg memiliki cable car nomor dua tertinggi di dunia. Karena terletak di pegunungan Himalaya maka ia mencapai ketinggian 3.979 meter di atas permukaan laut! Dari stasiun pertamanya saja saljunya sudah menggunung mencapai atap rumah. Gondolanya sendiri berkapasitas maksimum 6 orang, namun saya hanya duduk berdua guide. Tahap pertama ke Kongdoori Station (3.080 m), eh mati listrik sampai 3 kali! Gila, gimana nggak deg-degan? Tahap kedua ke stasiun di puncak gunung dan saya pun turun. Melihat dataran salju begini, langsung saya gogoleran di salju dan foto narsis!

Gulmarg Gondola
Gulmarg Gondola

Leh sendiri berada di ketinggian 3.524 mdpl. Begitu mendarat, saya pun disuruh tidur setengah hari untuk aklimitasi supaya nggak kena mountain sickness. Wih, kepala pusing dan perut mual! Sorenya baru saya jalan-jalan sambil termegeh-megeh keliling Leh. Kota kecil ini terletak di tanah berpasir kecoklatan mirip di gurun. Saya mengunjungi antara lain Leh Palace dan Shanti Stupa yang terletak di atas bukit. Pemandangan kota Leh yang dikelilingi pegununang bersalju keren banget! Saat winter, kota ini relatif sepi. Banyak penduduk yang memilih bekerja di tempat lain yang lebih hangat. Orang Ladakhi mukanya mirip orang Tibet. Mereka pun ramah dan menyenangkan.

Thiksey Gompa
Thiksey Gompa

Biara Buddha aliran Tibet tersebar di Ladakh, antara lain Sankar Gompa, Shey, dan Stok Gompa. Yang paling cantik di Thiksey karena berada di bukit ketinggian 3.600 mdpl dan bertingkat 12 sehingga terlihat sejajar dengan awan! Biara terbesar terdapat di Hemis yang terletak 45 km dari Leh. Perjalanan ke sana disuguhi pemandangan spektakuler. Pegunungan berlapis-lapis dengan gradasi warna coklat, kuning, biru, dan ditutup putihnya salju di puncaknya. Sungai berair turquoise. Ratusan stupa berwarna putih yang tersebar dan bendera doa warna-warni. Para biksu yang sebagian besar anak-anak sampai belasan tahun berjubah merah berjalan beriringan. Dan pemandangan surreal ini pun diiringi dengan turunnya salju… Ah, indahnya! Benar-benar Incredible India!


PS: Foto-foto lainnya bisa dilihat di Instagram @trinitytraveler

28 Comments

  • reservasiid
    April 21, 2015 2:42 pm

    Banyak saljunyaaa, pasti dingin ituu 😀 Kalau naik dari gondola pasti asik tapi~

  • Reservasi
    April 21, 2015 2:43 pm

    Banyak saljunyaaa, pasti dingin ituu 😀

  • Iqbal Rois
    April 21, 2015 3:36 pm

    *mupeng sedih* kapan eaa bica kecanah ????

  • Rendi KTA
    April 21, 2015 7:47 pm

    Tempat cocok buat meditasi…

  • rhey
    April 22, 2015 5:06 am

    Keren….. pacar temen ada orng kashmir emang benar ya cakep2 pisan hehehehe

  • Fahmi (catperku)
    April 22, 2015 9:45 am

    Pengen ke kashmiir, eh ini yang deket ladakh bukan ya mbak?

  • Iman Manggala
    April 22, 2015 7:13 pm

    Once in a lifetime trip, sy bertemu banyak malaikat saat disana, sungguh surga dunia mbak trinity

  • titialfakhairia
    April 22, 2015 8:00 pm

    Asyiknya mba Trinity jalan-jalan mulu..eihh tapi pas di acara AnTV di Kshmir itu kok kelihatannya kotor gitu tempatnya mba… kalo cowoknya..percaya dehhh hehehe

  • Navia Izzati
    April 23, 2015 1:11 am

    Bagus bangeeet, Mba <3

  • Stufly
    April 23, 2015 9:58 am

    Astagaa, keren abiss mbak. Mupeng gila.
    Kok ndak sekalian ke Jammu-nya mbak?

  • jefri
    April 23, 2015 12:16 pm

    kalo di indonesia cuma ada di papua

  • perbedaan laptop
    April 23, 2015 12:17 pm

    di indonesia dimana ya ada salju kayak gitu?

  • Ria
    April 26, 2015 6:45 pm

    Busetttt kayak di eropa

  • A.J
    April 29, 2015 2:26 am

    saya suka banget film 3 idiots. ga ada bosennya!! Recommended movie to watch!!! film2nya Aamir Khan bagus2 🙂 my bf is Indian makanya tau haha

  • Putri
    May 10, 2015 9:00 pm

    Pertama kali denger Ladakh setelah penasaran sm lokasi syuting 3 Idiots dan sampe skrg jadi mupeng pengen ke sana. Luar biasa bagusnya, ternyata landscape India begitu kaya dan cantik! Makasih ulasannya Mbak T

    http://www.travelitarius.com

  • fathur
    May 14, 2015 10:34 pm

    onde mande rancak banaa jadi makin pengen ke kashmir 🙁 🙁

  • The Traveler Post
    May 30, 2015 9:56 am

    Bagi mereka yg punya banyak waktu, bisa nyoba perjalanan darat dari srinagar ke Leh. View nya luarbiasa keren.. menegangkan juga 🙂

  • Veny
    June 9, 2015 10:35 am

    kangen Kashmir & tinggal di Houseboat . pertama masuk haouse boat kagak betah . wkt udh mau plng baru berasa betah ha222
    pengen banget bisa ke India & kashmir lagi .

  • Lombok Wander Tour and Travel
    August 13, 2015 10:09 am

    Jadi Pengen nonton 3 idiot haha

  • The Stress Lawyer
    August 19, 2015 6:10 pm

    ini dia tempat yang pengen banget gue kunjungi….

  • Wisata Lombok
    September 4, 2015 3:41 pm

    kalo kesana sekalian selfi ma shahruk khan , kali ada artisnya yg KW

  • Tang Winny (www.tangwinny.com)
    September 25, 2015 12:46 pm

    Mau coba naik gulmarg gondola! kayak berasa di Eropa..

  • Seyla
    September 19, 2016 2:00 am

    Baru tau ternyata di India ada daerah bersaljunya

  • Anonymous
    February 28, 2017 12:44 pm

    kak kalo mau booking houseboutnya lewat apa?

  • Princess Amanda
    July 14, 2017 9:50 am

    Kereeeen sista…

  • Terra
    March 1, 2018 9:59 am

    orang indonesia ke India apakah perlu visa?

  • Hilda Situmorang
    June 7, 2018 4:33 pm

    ini perginya bulan berapa yah?

  • Winia Lestari
    February 13, 2020 11:43 pm

    Masya Allah bagus bagus banget tempatnya, musim saljunya di bulan apa ya mbak ?? Waah semoga bulan madu bareng suami ke Kashmir ?

Leave a Reply

Leave a Reply