Cara bikin e-paspor

Cara bikin e-paspor

Akhirnya drama gagal ke luar negeri gara-gara paspor saya sisa 5 bulan 28 hari telah terselesaikan. Saya pun langsung ambil ancang-ancang bikin paspor baru. Sebenernya sih bukan bikin paspor baru tapi perpanjang paspor karena habis masa berlakunya. Setelah browsing sana-sini, saya baru tau kalau sekarang ada jenis paspor baru yang lebih canggih, yaitu e-paspor.

E-paspor atau paspor elektronik ini memiliki chip yang dapat dibaca auto gate sebagian bandara sehingga kita nggak usah antri lagi di loket imigrasi bandara dan tidak perlu dicap sama petugasnya. Perlu diketahui, paspor lama bisa juga pake auto gate, tapi harus mendaftar dulu. Untuk saya sih ini sangat membantu karena dengan frekuensi perjalanan ke luar negeri yang cukup tinggi, cap imigrasi bikin halaman paspor cepat habis. Sebagian besar negara di dunia, terutama negara maju, sudah pakai sistem e-paspor sejak lama dengan tujuan untuk keamanan dan anti pemalsuan. Kabar baiknya lagi, katanya mulai 2015 visa ke Jepang bisa gratis asal punya e-paspor ini. Siapa tahu negara-negara lain juga memberlakukannya. Menarik bukan?

Berikut cara bikin e-paspor sendiri:

  1. Lihat syarat pembuatan paspor di sini. Ingat bahwa nama Anda di semua dokumen harus sama, alamat pada KTP dan Kartu Keluarga juga harus sama – kalau nggak, nggak bakal dilayani.
  2. Daftar online di sini. Klik “Pra Permohonan Personal”. Isilah data dengan benar. Kalau perpanjang paspor karena masa  berlaku habis, pilih Jenis Permohonan: “Penggantian-Habis Berlaku”. Untuk e-paspor, pilih Jenis Paspor “EPassport 48h”. Setelah mengisi data dengan lengkap, klik “Lanjut” terus sampai Anda mendapat konfirmasi e-mail dari spri@imigrasi.go.id berjudul “Pendaftaran Paspor Online Atas Nama [Anda]” yang berisi “Bukti Pengantar ke Bank”. FYI, sekarang pendaftaran paspor online nggak perlu lagi pake unduh dokumen.
  3. Print lampiran tersebut dan pergi lah ke Bank BNI manapun. Bayar di teller sebesar Rp 660.000,- sudah termasuk Rp 5.000,- untuk biaya transfer. FYI, biaya paspor biasa hanya Rp 305.000, jadi e-paspor memang lebih mahal. Lalu Anda akan mendapat slip “Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi” sebanyak 3 lembar.
  4. Buka e-mail yang tadi dan klik “LANJUT” yang terdapat pada kalimat isinya. Masukkan “Nomor Jurnal Bank” yang terdapat pada slip bank dan pilih tanggal kedatangan di Kantor Imigrasi. Lalu Anda akan mendapat e-mail lagi dari spri@imigrasi.go.id yang berisi lampiran “Tanda Terima Pemohon” dan “Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia” (total ada 3 lembar). Print lampiran tersebut lalu isi formulir dengan menggunakan huruf cetak dan tinta hitam.
  5. Datanglah sesuai tanggal di Kantor Imigrasi yang telah Anda pilih antara jam 08.00-14.00. Pakai baju rapi dan tidak boleh berwarna putih. Bawalah KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir dan paspor lama – semua yang asli dan fotokopinya masing-masing selembar ukuran A4. Jangan lupa bawa juga “Tanda Terima Pemohon” dan slip “Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi” dari bank. Karena menunggu antrian bakal lama (saya di Kanim Jakarta Selatan datang jam 8.00 nunggunya 2 jam), bawalah buku bacaan atau smartphone dengan batre penuh.
  6. Begitu sampai di Kantor Imigrasi, ambil lah nomor antrian elektronik dan bilang bahwa Anda mendaftar Online. Tunggu sampai giliran nomor Anda yang dipanggil.
  7. Sekarang pembuatan paspor sistemnya One Stop Service, jadi Anda hanya akan berhadapan dengan 1 petugas di 1 meja (dulu bolak-balik 3 hari dengan banyak meja). Urusannya cuma 5 menit karena cuma verifikasi dokumen, foto, dan pengambilan sidik jari digital. Perhatikan baik-baik data Anda pada layar komputer karena tidak bisa diubah lagi setelah itu. Kalau merasa muka foto Anda kurang oke, bisa kok minta diulang fotonya. Setelah itu, slip bank akan dicap untuk waktu pengambilan paspor beberapa hari kerja sesudahnya. Waktu itu saya sih 3 hari sesudahnya. Untuk memastikan status paspor Anda, cek di sini, pilih “Status Permohonan Personal” dan masukkan “No. Permohonan” (ada di e-mail atau slip bank).
  8. Datang ke Kantor Imigrasi sesuai hari dan jam yang tertera pada cap dengan membawa slip bank. Ambil nomor antrian dan tunggu panggilan. Anda akan disuruh tanda tangan pada formulir dan menyerahkan fotokopi e-paspor yang baru. Fotokopi bisa di Koperasi kok. Kalau perpanjangan paspor, mintalah paspor lama Anda untuk kenang-kenangan. Perbedaan e-paspor dengan paspor biasa adalah ada chip di cover paspor (yang lebih tebal) pada bagian bawah kanan.

Gampang kan? Jadi nggak perlu tuh pake agen, apalagi calo. Saya sungguh salut dengan Ditjen Imigrasi yang telah meningkatkan layanan publiknya sehingga mudah! By the way, saya ingatkan lagi bahwa saya bukanlah petugas Ditjen Imigrasi, jadi kalau ada pertanyaan silakan menghubungi www.imigrasi.go.id langsung ya! 🙂

Let’s travel the world!

Updated info per 7 Nov 2014: Bebas visa ke Jepang bagi WNI pemegang e-paspor! Caranya di sini.

113 Comments

  • Dino
    January 14, 2015 2:47 pm

    waaah, bermanfaat banget mba, thanks yaa..
    saya baru mau bikin pasport nii, rencana mau jalan-jalan keluar negerii hehe

  • idacempaka
    January 15, 2015 8:48 am

    Helpful dan jelas sekali! Thank you
    May you have a joyful traveling anywhere 😉

  • linda
    January 18, 2015 9:14 pm

    koq sekarang ga bisa diakses ya pendaftaran onlinenya?

  • lulu
    January 18, 2015 9:42 pm

    Trinity mohon advise saha mau ke europe mei th ini. Bagaimana yah

  • Nityaningrum D.
    January 19, 2015 8:10 pm

    Makasih banget loh… ngefans deh sama travel blogger yang satu ini. selain mem-post keajaiban petualangannya juga nge-post hal2 yang berbau teknis kaya bikin paspor. kebetulan nih pengen perpanjang paspor dan milih ganti dengan e-paspor. petunjuk yang diberikan jelas, singkat, padat dan TEPAT! hehe

  • paspor online
    January 20, 2015 10:40 pm

    Info yg sangat berharga nih.. Ini juga bisa jd pegangan info bagi kami yg merupakan biro jasa passport. Bagi anda yg tidak punya waktu bnyk dlm mengurus paspor anda bisa hub kami di http://www.jasapaspor.net

    Skali lagi info ini keren bgt.

  • Anonymous
    January 22, 2015 12:21 am

    Makasih infonya …. 🙂

  • Trackback: Cara bikin e-paspor | dimazpr
  • Trackback: Membuat Visa Kunjungan Wisata ke Jepang (Updated) | Trip Jepang
  • juwita
    January 29, 2015 7:52 am

    Good Info tapi sayangnya belum semua daerah bisa kami di batam udah tanya ama orang imigrasi katanya baru di jakarta aja yang bisa…. mungkin next time kali ya……

  • Lisa
    February 1, 2015 2:06 pm

    Terima kasih infonya. Tetapi untuk pembuatan e-passpor mengapa tidak ada pilihannya ya? Tidak ada pilihan Jenis Paspor “EPassport 48h”.Caranya bagaimana ya untuk daftar online e-passpor?

  • Steven
    February 1, 2015 11:28 pm

    mbak, mau numpang tanya itu di https://ipass.imigrasi.go.id:8443/xpasinet/faces/InetMenu.jsp tidak ada pilihan “EPassport 48h ” otomatis cuman “48H perorangan” jadi bagaimana memilih untuk yang e-pasport
    kalau tidak ada opsi epasport nya?

  • Lee
    February 2, 2015 2:23 am

    Sama nih kenapa sekarang ga ada pilihan e-paspor 48h ya? Sekarang cuman 48h biasa. Padahal dlu pernah nyoba ada pilihannya.

  • ruthsy2919
    February 2, 2015 9:25 am

    sama nih…baru aja coba..ga ada pilihan epassport 48h sekarang..berarti ga bisa online ya kalo mau epassport sekarang?

  • Anthy Firmansyah
    February 2, 2015 12:26 pm

    Iya…ga ada pilihan e-passport lg ya? Bingung jdnya

  • Lenny
    February 2, 2015 1:17 pm

    Kak…ke Anambas dong…Hubungi aku yaaa… 🙂

    http://lennyromauli.blogspot.com/

  • yoga
    February 2, 2015 4:16 pm

    manteppp..

  • surgatraveller
    February 2, 2015 7:49 pm

    baru tau nih dari mbak trinity kalo ada e paspor ginian…

  • chodirin
    February 4, 2015 12:57 am

    Kok pilihan epassport48h gak ada ya?
    Adanya passport biasa 48 halaman

  • chloe
    February 4, 2015 1:30 pm

    Ternyata ngga bisa kok pengajuan e paspor melalui online. Sy sdh telp ke call center imigrasi. Utk epaspor hny bs dtg lgs ke kantor imigrasi kelas 1 khusus. Mbak triniti bikin melalui online?
    Infinya kok ga akurat nih hehe

  • chloe
    February 4, 2015 1:36 pm

    Maybe th lalu bisa ya melalui online. Btw thanks infonya mbak triniti….

  • chloe
    February 4, 2015 2:16 pm

    Sorry mbak triniti. Ternyata bukan infonya ngga akurat. Tetapi mmg mulai feb 2015 pengajuan epaspor hrs dtg lgs ke kantor imigrasinya. Sy sdh dpt email lgs dr humas imigrasinya. Thank u

  • Anonymous
    February 5, 2015 2:46 pm

    saya juga barusan mau apply epasport tapi tidak ada pilihannya. saya telepon ke imigrasi kata orangnya sekarang epasport tidak bisa online, harus datang langsung. saya tanya kenapa, orangnya bilang maaf tidak bisa kasih tau alasannya. aneh…

    • viscalesmana
      February 5, 2015 3:31 pm

      iya ya aneh banget… apa banyak yg pake epassport secara online kali..
      terlalu “memudahkan” ->mungkin

  • Anonymous
    February 7, 2015 5:27 pm

    Very well informative, thank you buat sharing

  • Licchi Ikari
    February 18, 2015 11:42 am

    makasih sharingnya mbak. kebetulan saya mau bikin paspor nih 😀

  • iWED
    February 26, 2015 1:34 am

    oh ya mbak, saya baru mau bikin e pasport, tgl 25 feb 2015 ini.
    tapi pas aku buka pra permohonan personal, trus pas isi jenis paspor, kok jenis “EPassport 48h” gak ada mbak ???? help pleaseeee :'(

  • Rita Nurhaeni
    February 28, 2015 7:23 am

    Saya baru aja urus E paspor di Kanim Jaktim. Untuk e paspor kl di Kanim Jaktim hrs walk in, (dtg lsg) dan prosesnya seminggu kemudian baru selesai, berbeda dg pasport biasa, 3 hari sdh selesai.

  • B.Indri
    March 5, 2015 5:26 pm

    info mba Triny sangat membantu, tapi kenapa ya imigrasi untuk urusan epasspor, apa bener kita harus datang sendiri ke imigrasi?

  • IIM HOmo
    March 5, 2015 8:43 pm

    wah keren banget mbak inpo nya , baru tau ane bikin nya kyk gitu

    Jadwal Pertandingan Arema
    Tempat Wisata Di Bandung

  • Andrew Sihombing
    March 11, 2015 10:56 am

    Mantapppp informasinya lengkap.. Makasih ya share info berguna untuk penyandang Tuna Rungu yg minim informasinya.. Bravooo Trinity!Happy traveling with new paspport!:D ENJOYYYY

  • Anonymous
    March 13, 2015 11:11 am

    Maaf mau tanya.. lagi isi form pra permohonan personal tapi gak ada menu epaspor48halaman.. gimana ya?

  • paspor kilat
    March 23, 2015 2:42 pm

    saya dengar epaspor sedang tidak bisa ya? kira2 anda tahu sampai kapan ya baru bisa lagi?

    http://www.jasapaspor.co.id

  • muhammad Iqbal Basagili
    March 27, 2015 8:45 am

    Coba di update lagi karena sekarang tidak ada menu Jenis Paspor “EPassport 48h” di laman prapendaftaran online

  • Anonymous
    April 1, 2015 5:18 pm

    Bagus,asal sampai disana dipersulit bolak balik ke imigrasi

  • vira
    April 9, 2015 10:06 am

    koq ga ada pilihan e paspor ya? jadi ga bisa lwt online-kah?

  • Alvi
    April 23, 2015 9:24 am

    thanks banget, sangat membantu
    nanti pengen coba ah pas penpanjang paspor 😀

  • Anonymous
    May 26, 2015 10:46 am

    Sekedar info,
    untuk pembuatan epaspor per tanggal 1 Feb 2015 ga bisa dilayani via online dulu, jadi harus walk in ke kantor imigrasi nya….

  • stahnaileron
    July 23, 2015 4:26 pm

    Teman saya bilang kalau mau bikin e-paspor harus ke kantor imigrasi yang di Jakarta, apa benar? Jauh soalnya :'(

  • bulkis
    July 29, 2015 10:45 am

    Halo, kalo mau bikin e paspor baru ga harus memperpanjang paspor biasa yang sudah ada kan? 🙂

  • vincent
    July 29, 2015 10:51 am

    guys, mau nanya donk, saya lg ada kendala dalam daftar perpanjangan passport online. saya salah ketik amlaat email nya, jadi tidak mendapatkan notifikasi.
    ada yg tau cara nya untuk mengganti alamat email yg sudah didaftarkan?
    saya sudah mencoba menghubungi dirjen imigrasi dan ga pernah diangkat.
    Thanks.

  • Michael Verdian
    August 21, 2015 1:20 pm

    Apakah bisa perpanjang passport biasa menjadi epassport?
    Itu jadinya bikin baru atau perpanjang?

    • lala
      September 10, 2015 11:39 am

      hitungannya kayak bikin baru (bantu jawab)

  • aimanakbar
    August 24, 2015 9:18 am
  • Yosep
    September 30, 2015 5:37 pm

    Hallo..
    Saya ingin buat e paspor secar online.. Tp knp di pilihan ga ada ya?? Adanya cuman 28 sama 48.. Tq

  • Bayuhen
    October 2, 2015 4:34 am

    akte yg dibawa ke imigrasi harus asli yah? copy ga boleh? udah jamannya ektp masih pake dokumen seabrek 🙁

  • Anonymous
    October 2, 2015 9:22 am

    bagaimana kalo salah tulis tanggal kelahiran pas daftar online??

  • Trackback: Perpanjangan Paspor | supertimin
  • Handy Lesmana
    October 25, 2015 12:51 pm

    Pertengahan Tahun 2014 lalu saya daftarkan istri dan anak-anak saya untuk buat E-passport melalui layanan online dan bisa, tapi anehnya di tahun 2015 tidak bisa. Yang saya temukan hanya pembuatan paspor biasa 48 hal saja pada layanan online nya.
    betul-betul kemunduran buat Kantor Imigrasi 🙁

  • ama nadir
    October 28, 2015 2:56 am

    boleh gak penduduk luar wilayah perpanjang passport di kantor imigrasi Jakarta? sy ingin perpanjang passport yang sdh habis sejak 2014, ganti dari passport dinas ke passport biasa dan dari manual ke e passport, domisili makassar dan kantor imigrasi makassar belum tersedia e-passport jadi saya ingin urus di imigrasi soeta

  • kotaknews.com
    November 12, 2015 3:39 am

    Terima kasih artikelnya bisa dijadikan refrensi bagi pembuat paspor baru

  • www.kumpulandefinisi.com
    November 12, 2015 3:40 am

    thanks admin tutrialnya…

Leave a Reply

Leave a Reply