Cara bikin e-paspor

Cara bikin e-paspor

Akhirnya drama gagal ke luar negeri gara-gara paspor saya sisa 5 bulan 28 hari telah terselesaikan. Saya pun langsung ambil ancang-ancang bikin paspor baru. Sebenernya sih bukan bikin paspor baru tapi perpanjang paspor karena habis masa berlakunya. Setelah browsing sana-sini, saya baru tau kalau sekarang ada jenis paspor baru yang lebih canggih, yaitu e-paspor.

E-paspor atau paspor elektronik ini memiliki chip yang dapat dibaca auto gate sebagian bandara sehingga kita nggak usah antri lagi di loket imigrasi bandara dan tidak perlu dicap sama petugasnya. Perlu diketahui, paspor lama bisa juga pake auto gate, tapi harus mendaftar dulu. Untuk saya sih ini sangat membantu karena dengan frekuensi perjalanan ke luar negeri yang cukup tinggi, cap imigrasi bikin halaman paspor cepat habis. Sebagian besar negara di dunia, terutama negara maju, sudah pakai sistem e-paspor sejak lama dengan tujuan untuk keamanan dan anti pemalsuan. Kabar baiknya lagi, katanya mulai 2015 visa ke Jepang bisa gratis asal punya e-paspor ini. Siapa tahu negara-negara lain juga memberlakukannya. Menarik bukan?

Berikut cara bikin e-paspor sendiri:

  1. Lihat syarat pembuatan paspor di sini. Ingat bahwa nama Anda di semua dokumen harus sama, alamat pada KTP dan Kartu Keluarga juga harus sama – kalau nggak, nggak bakal dilayani.
  2. Daftar online di sini. Klik “Pra Permohonan Personal”. Isilah data dengan benar. Kalau perpanjang paspor karena masa  berlaku habis, pilih Jenis Permohonan: “Penggantian-Habis Berlaku”. Untuk e-paspor, pilih Jenis Paspor “EPassport 48h”. Setelah mengisi data dengan lengkap, klik “Lanjut” terus sampai Anda mendapat konfirmasi e-mail dari spri@imigrasi.go.id berjudul “Pendaftaran Paspor Online Atas Nama [Anda]” yang berisi “Bukti Pengantar ke Bank”. FYI, sekarang pendaftaran paspor online nggak perlu lagi pake unduh dokumen.
  3. Print lampiran tersebut dan pergi lah ke Bank BNI manapun. Bayar di teller sebesar Rp 660.000,- sudah termasuk Rp 5.000,- untuk biaya transfer. FYI, biaya paspor biasa hanya Rp 305.000, jadi e-paspor memang lebih mahal. Lalu Anda akan mendapat slip “Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi” sebanyak 3 lembar.
  4. Buka e-mail yang tadi dan klik “LANJUT” yang terdapat pada kalimat isinya. Masukkan “Nomor Jurnal Bank” yang terdapat pada slip bank dan pilih tanggal kedatangan di Kantor Imigrasi. Lalu Anda akan mendapat e-mail lagi dari spri@imigrasi.go.id yang berisi lampiran “Tanda Terima Pemohon” dan “Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia” (total ada 3 lembar). Print lampiran tersebut lalu isi formulir dengan menggunakan huruf cetak dan tinta hitam.
  5. Datanglah sesuai tanggal di Kantor Imigrasi yang telah Anda pilih antara jam 08.00-14.00. Pakai baju rapi dan tidak boleh berwarna putih. Bawalah KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir dan paspor lama – semua yang asli dan fotokopinya masing-masing selembar ukuran A4. Jangan lupa bawa juga “Tanda Terima Pemohon” dan slip “Tanda Bukti Pembayaran Imigrasi” dari bank. Karena menunggu antrian bakal lama (saya di Kanim Jakarta Selatan datang jam 8.00 nunggunya 2 jam), bawalah buku bacaan atau smartphone dengan batre penuh.
  6. Begitu sampai di Kantor Imigrasi, ambil lah nomor antrian elektronik dan bilang bahwa Anda mendaftar Online. Tunggu sampai giliran nomor Anda yang dipanggil.
  7. Sekarang pembuatan paspor sistemnya One Stop Service, jadi Anda hanya akan berhadapan dengan 1 petugas di 1 meja (dulu bolak-balik 3 hari dengan banyak meja). Urusannya cuma 5 menit karena cuma verifikasi dokumen, foto, dan pengambilan sidik jari digital. Perhatikan baik-baik data Anda pada layar komputer karena tidak bisa diubah lagi setelah itu. Kalau merasa muka foto Anda kurang oke, bisa kok minta diulang fotonya. Setelah itu, slip bank akan dicap untuk waktu pengambilan paspor beberapa hari kerja sesudahnya. Waktu itu saya sih 3 hari sesudahnya. Untuk memastikan status paspor Anda, cek di sini, pilih “Status Permohonan Personal” dan masukkan “No. Permohonan” (ada di e-mail atau slip bank).
  8. Datang ke Kantor Imigrasi sesuai hari dan jam yang tertera pada cap dengan membawa slip bank. Ambil nomor antrian dan tunggu panggilan. Anda akan disuruh tanda tangan pada formulir dan menyerahkan fotokopi e-paspor yang baru. Fotokopi bisa di Koperasi kok. Kalau perpanjangan paspor, mintalah paspor lama Anda untuk kenang-kenangan. Perbedaan e-paspor dengan paspor biasa adalah ada chip di cover paspor (yang lebih tebal) pada bagian bawah kanan.

Gampang kan? Jadi nggak perlu tuh pake agen, apalagi calo. Saya sungguh salut dengan Ditjen Imigrasi yang telah meningkatkan layanan publiknya sehingga mudah! By the way, saya ingatkan lagi bahwa saya bukanlah petugas Ditjen Imigrasi, jadi kalau ada pertanyaan silakan menghubungi www.imigrasi.go.id langsung ya! 🙂

Let’s travel the world!

Updated info per 7 Nov 2014: Bebas visa ke Jepang bagi WNI pemegang e-paspor! Caranya di sini.

113 Comments

  • Rivecity
    October 24, 2014 5:29 pm

    Pertamax hehe

  • artis cantik
    October 24, 2014 5:50 pm

    so informatif mba. thanks 🙂

  • Putri Permata Sari
    October 24, 2014 6:39 pm

    Akhirnya ada juga yang bikin panduan soal E-Paspor 🙂 Saya sendiri karena baru bikin paspor, jadi milih paspor biasa lewat online, habis cuma 360 ribu sama proses gak seribet yang dibayangin. Mau tanya mbak, kalau pakai paspor biasa ke Jepang apa tetep musti apply visa dulu? 🙂

  • happilionaire
    October 24, 2014 8:04 pm

    Mbak, tks informasinya. Sangat membantu. Tp aku mau bertanya nih, dengan chip di cover depan itu, berarti kita ga bisa lg ya pakai passport cover/case?

  • Ita Mugizanti
    October 24, 2014 8:50 pm

    terima kasih sgt bermanfat

  • pipin hanisthan
    October 25, 2014 5:30 am

    Thanks a lot kebetuln
    Aku hbs thn dpn nih

  • Ira
    October 25, 2014 8:09 am

    terima kasih banyak mbak T untuk informasinya.
    kebetulan tahun depan paspor saya perlu diperpanjang

  • ghea
    October 25, 2014 10:46 am

    Paspor lama ga diminta jg pasti dikasih karena pd kasus2 tertentu masih dibutuhin.

  • Memez
    October 25, 2014 5:33 pm

    Kemarin suamiku bikin paspor yang biasa juga mudah kok…. daftar online, sehari jadi dan tiga kemudian bisa diambil. Jadi, say no no deh sama calo apalagi agen….

  • Bragi Baharudin
    October 25, 2014 6:19 pm

    Thanks Info E-Paspornya! 😉

  • Husnul
    October 26, 2014 2:09 pm

    Klo masa berlakunya masih 3 tahun, bisa dirubah jadi e-passport ga ya?

  • Mftp @bandara Soetta
    October 26, 2014 7:23 pm

    Selamat ya mbak dramanya happy ending nih..
    mhn maaf dikomentari sdikit postingnya.
    setelah jadi e paspor belum bisa digunakan begitu saja, harus didaftarkan dulu di bandara terdekat (di indonesia) yg ada autogatenya, baru deh bs bebas antrian pemeriksaan paspor krn epaspor berhak utk menggunakan autogate.
    tapi sayangnya sementara baru bisa digunakan di bandara2 tertentu di Indonesia saja, krn kita masih berjuang utk mendapatkan akreditasi (kl nda salah istillahnya annex 1) yg lbh tinggi agar epaspor Indonesia bs digunakan jg di belahan dunia lain.

    Oiya mbak kedutaan Jepang sdh membantah soal 2015 bebas visa bagi wni yg berkunjung ke jepun, or dgn kata lain tetap dibutuhkan proses pemvisaan di kedutaan jepang setempat.

    Selamat berlibur mbak..

  • sigit
    October 27, 2014 2:54 pm

    lumayan, ada referensi..
    terima kasih ya mbak.. 🙂

  • ardiologi
    October 30, 2014 5:08 am

    wah,kanim jaksel udah ga bolak-balik dari satu meja ke meja lain? recommended nih

  • Andri
    October 31, 2014 11:46 am

    Thank mbak panduannya, kebetulan sudah mau abis juga paspor ku tahun depan.

  • aisyah
    November 1, 2014 5:09 pm

    Saya tinggal di USA mbak,trs paspor says akan habis masa berlakunya pada bulan agustus 2015. Yg ingin saya tanyakan apakah saya bisa memperpanjang passport saya di USA ,tampa hrs saya pulang ke Indonesia. Kl saya mendaftar online utk permohonan memperpanjang passport apakah bisa?

  • Hotel murah di singapore
    November 2, 2014 11:59 pm

    Wah trimakasih infonya mbak.. Rencana baru mau buat paspor tahun depan, semoga semua sistemnya sudah fix n nggak ribet.

  • okamura silitonga
    November 4, 2014 2:08 pm

    naiz info, ada + minusnya sih, kalau passport biasa kan bisa dapat cap, buat kenang-kenangan juga

  • Putri Ariza
    November 5, 2014 1:03 pm

    saya juga baru perpanjang paspor, sekarang memang gampang bgt krn sudah bisa online. Sayangnya kuota per hari 100 org untuk pemohon datang langsung, 100 untuk pemohon online, jadi memang lebih baik kita daftar online saja. Selain masuknya lebih cepet, kita pasti akan dpt kuota.

    travelitarius.blogspot.com

  • ferdi
    November 6, 2014 12:02 am

    e-paspor bisa langsung digunakan di autogate, gak perlu didaftarin lagi.

  • winnymarch
    November 9, 2014 4:25 pm

    mbak trinity itu bener gk sih paspor ke jepang mulai gratis tahun 2015 dengar2 masih wacana solanya maret kesana

  • Noni
    November 12, 2014 12:08 am

    hihihihihihi….kebanyakan pertanyaan yang seharusnya dijawab sama humas imigrasi bukan mbak Trinity……hihihihihihi

  • Irvan Setya
    November 13, 2014 2:50 pm

    Humas imigrasinya perlu liat post ini dan jawabin satu2.. 😀

  • Korry
    November 13, 2014 4:19 pm

    buat yang nanya tentang visa ke Jepang, coba baca ini :
    http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html

    thx atas infonya Mbak T

  • Nurul Lubis
    November 14, 2014 8:16 pm

    Trims untuk info nya Mbak Trinity. Tahun depan mau perpanjang passport dan sudah ada gambaran. Ternyata ngga ribet ya..

  • Travelling Addict
    November 18, 2014 3:26 pm

    KZL harus nunggu pasport expired dulu baru boleh bikin e-pasport ;((

    Cheers
    http://www.travellingaadict.com

  • roger
    November 21, 2014 12:37 pm

    mba trinity, kalo bisa lbh banyak postingan mengenai cerita perjalanannya……

  • Anonymous
    November 25, 2014 4:16 pm

    thanks banget infonya Mbak, kebetulan pas saudara abis masa berlaku paspornya, cari info nya

    salam,
    kopertraveler.blogspot.com

  • Indah Jelita
    December 1, 2014 10:15 am

    Hey I just wanted to say I love your blog and I have nominated you for a Liebster Award http://www.indahjelita.com/been-nominated-for-liebster-award#more-1867 !

  • Frenky
    December 4, 2014 9:49 pm

    Informatif skali informasi nya, kebetulan akan membuat e-passport dalam waktu dekat.

    Cheers,
    http://www.frenkeyblog.com

  • Hega Traveler
    December 5, 2014 8:54 pm

    bisa dicoba nanti kalau uda ada rencana buat ke luar negeri… 😀
    kunjungan perdana sob…
    mampir ke tempat kami yah

    salam
    Hega Traveler
    http://hegatraveler.blogspot.com/

  • YudhieQ
    December 5, 2014 9:41 pm

    Nice info Mba, bermanfaat buat yang sedang berencana membuat paspor dan mau mulai nge-lakuin traveling dan sekalian bisa ajak anak-anak buat belajar mandiri 🙂

  • wiranurmansyah
    December 13, 2014 4:32 pm

    Hmmm kalau ‘upgrade’ epaspor aja bisa nggak yaa…?

  • indah nuria Savitri
    December 15, 2014 1:32 am

    seneng deeeh sekarang buat paspor sudah jauuuh lebih mudah…tanpa pungli lagi..

  • sasha
    December 17, 2014 8:06 pm

    Kalo passport biasa masih berlaku 3 tahun lagi bisa diganti jadi e gak ya dengan centang di ‘perpanjangan’ ? Trus kalo udah punya e pass, ke jepang langsung aja? Atau tetep harus ke kedutaan? Soalnya baca, katanya e pass tetep harus didaftarin ke kedutaan jepang kalo mau kesana

  • azitafebriani
    December 19, 2014 3:56 pm

    halo mbak, ikut komen yaa 🙂
    paspor yang masih berlaku 3 tahun belum bisa diganti kecuali paspornya hilang atau rusak.

    dan untuk bebas visa ke jepang bagi pemegang e-passport tetap harus register dulu di kedutaan jepangnya. Diatas udah ada yang share link nya 🙂

  • delnia
    December 20, 2014 6:32 am

    Sy baru buat e-passport di Kanim Jaktim, di sana sgt tdk rekomen. Tdk one stop service. Antri 2 kali. Pertama cek dokumen (sesuai nomor antrian elektronik). Kedua rekam sidik jari, foto, dan wawancara (dikasi nomor, tapi dipanggil dgn nama dan sepertinya ada calo yg nyelip).
    Yg parah pas ambil paspor, sdh antri 1 jam lebih ternyata paspor gagal cetak dan diminta tinggalkan nomor telepon. Nanti dihubungi jika sdh selesai dan…..harus..mesti…kudu..antri lagi

  • delnia
    December 20, 2014 6:35 am

    Tambahan di Kanim Jaktim saat permohonan dikasi map dan surat pernyataan yg perlu metrai 6rb. Kalau engga bawa, bisa beli dgn harga 7rb di sana. Semoga si surat pernyataan bukan modus untuk cari untung 1000 perak.

  • Anonymous
    December 24, 2014 12:33 am

    paspor biasa saya jadi baru 2 hari dilanjutkan e-paspor bisakah

  • Anonymous
    December 24, 2014 12:35 am

    paspor biasa saya jadi baru 2 hari dilanjutkan e-paspor bisakah tlg info nya peyugas imigrasi

  • Anonymous
    December 26, 2014 2:06 pm

    Hallo mbak trinity mau tanya memang pasport exp okt 2015′ blm bs diganti epasport ya,trm kasih,dibalas ya

  • 23serendipity
    December 27, 2014 1:39 pm

    Mbak trinity, bisa di semua Kantor imigrasi atau hanya kantor tertentu (kota besar) gitu sih? Makasih

  • yulianto
    December 30, 2014 10:04 am

    Kok saya tidak dapat formulir surat perjalanan ya mb? Setelah bayar hanya mendapat file konfirmasi kehadiran atau tanda terima saja..mohon bantuannya newbie nih hehe
    makasih

  • Anonymous
    December 30, 2014 10:47 pm

    terima kasih mbak atas infonya, karena saya jadi terinspirasi bikin e paspor sampe2 langsung ngurus lewat online dan bayar via BNI, tapi pas saya lihat komen2 diatas ada beberapa yang bilang ga bisa ganti e paspor kalo paspor biasa kita belom mau expire, padahal expire paspor saya masih 4 tahun lagi, was-was uang angus, ga taunya lancar2 aja.. haha jadi ngga papa buat yang masih punya paspor berlaku untuk ganti ke e paspor, kalo lewat online pilih aja penggantian paspor eks pemegang 24h 48h. semoga membantu teman2 semua, trims

    • Erlina
      January 14, 2015 11:51 am

      pilihan permohonannya apa y mbak? apakah penggantian habis atau rusak atau perubahan lain-lain? utk yg passportnya msh berlaku

  • Anonymous
    December 31, 2014 12:29 pm

    trima kasih ats infona mbak sy sudah prnah buat pasport tpi wktu itu lebih masa n saya plg pke pasport tendang klw mw buat baru mahal n bisa gk ya…

  • Meeta
    January 5, 2015 9:10 pm

    Kira2 memerlukan berapa hari untuk e paspor ini ya?

  • sisca
    January 6, 2015 9:46 am

    saya mau tanya, paling lambat setelah terima confirmation untuk membayar di BNI kapan yah? Karna daerah saya tidak ada BNI. Tq

  • alidesta
    January 6, 2015 6:58 pm

    thanks sangat membantu , mapir juga kesini ya 😀 https://alidesta.wordpress.com

  • Anonymous
    January 8, 2015 4:55 pm

    makasih…. tapi kenapa sulit dibuka yaaa… ^_^

  • hafiz
    January 13, 2015 8:16 pm

    gratis ngga bikin e pasportnya?

Leave a Reply

Leave a Reply