Hijaunya Pabrik Semen

Hijaunya Pabrik Semen

Undangan menjadi pembicara tentang #MembangunKebaikan Melalui Media Sosial yang diselenggarakan di kampus UISI (Universitas Internasional Semen Indonesia) pada 11 April 2019 membuat saya menjejakkan kaki di Gresik untuk pertama kalinya. Wah, kampus ini keren banget karena gedungnya menempati bekas pabrik semen! Interiornya sangat Instagramable, terutama perpustakaannya yang kece (apalagi punya buku seri “The Naked Traveler”)! Setelah berkeliling saya tambah penasaran dan minta diajak jalan-jalan ke pabrik benerannya.

Salah satu sudut kampus UISI

Gresik terkenal karena merupakan tempat pabrik semen pertama milik bangsa Indonesia sejak 1957 dan cikal bakal perusahaan semen terbesar di Indonesia. Selama ini saya tahunya “Semen Gresik”, namun ternyata sejak 2013 perusahaannya sudah berganti nama menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Anak perusahaannya antara lain Semen Padang, Semen Tonasa, Thang Long Cement Vietnam dan Solusi Bangun Indonesia (eks Holcim). Perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) ini kantor pusatnya memang di Gresik, tapi ternyata pabrik terbesarnya berlokasi di Tuban.

Saya juga baru tahu bahwa untuk membuat semen itu diperlukan bahan utama berupa batu kapur dan tanah liat. Kedua bahan tersebut diperoleh dari penambangan sumber daya alam. Penyatuan kedua bahan ini dilakukan di pabrik, makanya kedua tambang harus berada dekat satu sama lain. Sebagian dari Gresik yang hijau itu ternyata justru bekas tambang semen. Karena sudah non aktif, maka tambangnya pindah ke Tuban yang berjarak 2,5 jam berkendara dari Gresik.

Saya pun diajak jalan-jalan ke Arboretum (kebun botani) Bukit Daun. Disebut demikian karena kalau dilihat dari atas bentuknya seperti selembar daun. Kebun hijau yang asri seluas satu hektar ini berisi tanaman-tanaman langka, seperti pohon kurma, kawista, damar, gaharu, dan ulin. Di depannya terdapat Arboretum Bukit Herbal yang berisi koleksi tanaman obat, seperti merica, bawang dayak, lengkuas, jahe merah, kunir putih, dan kunir kuning. Ada juga Kebun Pangkas berupa pepohonan kayu putih. Angin sepoi-sepoi dan suara aneka burung liar menambah kenyamanan leyeh-leyeh di kebun.

“Dari 752 hektar keseluruhan lahan tambang, ada 200 hektar yang sudah direklamasi. Sisanya belum karena memang masih berfungsi jadi tambang kapur”, terang Pak Eko Purnomo, Kepala Seksi Reklamasi Lahan Pabrik Tuban. Praktik penambangan ramah lingkungan inilah yang ingin ditunjukkan Semen Indonesia kepada masyarakat umum.

Setiap sore taman tersebut ramai dikunjungi penduduk sekitar, mulai dari rombongan ibu-ibu yang doyan selfie sampai anak muda yang pacaran. Kadang datang juga rombongan anak sekolah yang belajar alam. Semuanya gratis masuk dengan jam buka pukul 15.00-17.00 pada Senin-Jumat dan pukul 08.00-17.00 pada Sabtu dan Minggu. Papan informasi tentang tanaman dan pentingnya penghijauan terpampang jelas sehingga semua orang dapat pengetahuan baru.

Dari Arboretum yang terletak di atas bukit tersebut terlihat dari kejauhan lahan berwarna putih bak pasir pantai. Ternyata itu lah tambang kapurnya (foto paling atas). Di sekelilingnya ditumbuhi hutan hijau yang menutupi lahan pabrik dan tambang. Pipa untuk mengangkut hasil tambang dan pabrik penghancur kapur hampir tidak terlihat karena tertutup pepohonan. Suaranya pun tidak berisik.

Nampang dulu ah di Arboretum 🙂

Pabrik identik dengan keluarnya debu dari cerobong raksasa, namun saya sama sekali tidak melihat ada debu sama sekali yang keluar dari pabrik Semen Indonesia di Tuban ini! “Kalau ada debu berarti ada yang ndak bener itu dan harus diperbaiki,” terang Pak Eko lagi.

Pabrik dikelilingi hutan

Tak jauh dari sana, saya diajak ke lahan penambangan tanah liat. Bayangan saya bakal kayak di kolam kotor berlumpur, nggak tahunya sangat hijau dan rapi! Jalan masuknya aja sangat rindang karena ditumbuhi pohon trembesi yang tinggi besar. Sore itu terlihat banyak pemuda lokal sedang memancing di kolam-kolam sekitar. Ternyata kolam-kolam itulah bekas tambang tanah liat!

Melimpahnya ikan di kolam menandakan bekas tambang sangatlah aman. Bekas tambang ini dalamnya sekitar 4-6 meter, airnya didapat murni dari air hujan. Air itu pulalah yang dibuat irigasi untuk mengairi persawahan sekitar. Tadinya sawah panen hanya sekali setahun jadi bisa tiga kali setahun berkat aliran air dari embung. Selain itu terdapat juga kebun bibit dan peternakan yang nantinya akan dikembangkan menjadi lahan edu-wisata.  

Kunjungan ke lahan pabrik dan tambang Semen Indonesia di Tuban hari itu sungguh menambah wawasan dan pengetahuan saya. Cocok deh dengan prinsipnya #MembangunKekuatan #MemajukanIndonesia. Salut!

18 Comments

  • Nasirullah Sitam
    April 14, 2019 12:43 am

    Menarik ini. Kolam bekas tambang bisa jernih dan mengaliri sawah di sekitarnya. Tentu semuanya sudah dikonsep sejak awal.

  • @nurulrahma
    April 15, 2019 7:41 am

    Wohoo, aku aja yg arek Suroboyo belum pernah ke situ lho Mba 😀
    Semoga setelah ini bakal ada kesempatan buat blogger Jatim main2 ke SG di Tuban.

  • Dhany@inReview.id
    April 15, 2019 7:55 pm

    Kalo beton sama ijo-ijo diseimbangkan bisa jadi asyik juga ya tempatnya. Sehat alamnya sehat orangnya.

  • srisubektiastadi
    April 23, 2019 10:28 am

    Wow, keren ya..coba peserta kemarin diajak liat2 ke sana juga…..

  • Kreta Amura
    April 24, 2019 11:24 pm

    Saya pernah kesini, ehe. Tapi dibalik apa yang diperlihatkan oleh tim semen indonesia, ada pabrik yang tidak berhenti beroprasi selama 24/7 . Bahkan ketika malam hari aktivitasnya semakim intens. Ada konflik lahan yang belum juga selesai bahkan berpuluh puluh tahun lamanua.

  • Faridilla Ainun
    April 25, 2019 9:28 am

    Keren ya, hijau dan asri lingkungan pabriknya.

  • Tukang semprot
    April 25, 2019 9:15 pm

    Wisata edukasi area Industri, ciiaammiikk banget!!!

  • Dedi Styawan
    April 28, 2019 3:08 pm

    Menarik sekali ya ternyata mbak. Hijau. Kalau saya cuma sering aja yang di Tuban sama Gresik. 😀

  • Stefanie17
    April 28, 2019 10:03 pm

    wah bagus sekali pemandangannya mbak, asri, jadi adem lihatnya. Yang namanya perusahaan pasti akan tetap ada masalah dan kekurangan, tapi menurut saya perusahaan ini sudah termasuk baik dalam membina pertambangan yang bisa dibilang aman dan ramah lingkungan, kemudian bekas tambang yang ada pun berusaha dirubah agar berguna, tidak seperti pertambangan yang sempat viral dan merugikan masyarakat itu. Indonesia sangat perlu memiliki lebih banyak perusahaan-perusahaan besar yang seperti ini. Jadi mereka tidak sekedar mencari keuntungan saja, tetapi ikut memelihara lingkungan dan peduli masyarakat sekitar.

  • tatakata
    April 30, 2019 10:33 am

    Ternyata hijau banget ya kawasan pabrik semen di Gresik. Bayanganku kalau daerah pabrik itu pasti panas, kering, dan banyak debu tapi pabrik semen yg di Gresik ini malah sebaliknya. Tempatnya jg instagramable bgt jd makin recommended bgt nih buat tempat hunting foto plus nyantai kalau lg di Gresik. Makasih infonya kak

  • Syaban
    April 30, 2019 10:44 pm

    tiba-tiba jadi inget Sexy Killer di YouTube, ya Tuhan.. Semoga alam seindah ini jangan sampai dirusak manusia.

  • Anonymous
    May 9, 2019 11:56 am

    Seharusnya lingkungan yang terdegradasi dapat dimanfaatkan seperti ini ?

  • Ibadah Mimpi
    May 13, 2019 4:37 pm

    Ulalala pabriknya sehijau ini?
    Gokil mbak

  • Arif
    June 8, 2019 10:09 pm

    Luar biasa memang Mbak.
    Jadi rindu kampung halamanku. Ini lokasinya di desa Sumberarum, Kec. Kerek, Tuban.
    Memang bagus, kalo pas lewat jalan belakang pabrik gitu pohon2nya sangat rindang. Walaupun debu2nya ya masih gitu.

    Tahu mbak nya ke sini, bakal main ke sini juga aku. Eh, tau nya udah diposting duluan baru aku baca mbak.

  • Roy Hamonangan Rajagukguk
    July 4, 2019 2:10 pm

    Wow, menyenangkan sekali bisa berkeliling di UISI dan Lokasi Pabrik Semen. Ingin rasanya bisa mengunjungi tempat itu juga!

    Thank you ito 🙂

  • Dwi Okta Nugroho
    August 22, 2019 7:38 am

    Sungguh sangat inspiratif n magnificent able..

  • $cocoper6
    November 22, 2019 7:33 am

    Tanggung jawab lingkungan yang dijalankan dengan baik 🙂 pabrik semen memang punya dampak lingkungan yg masif, jika tidak diimbangi dengan feeback yg positif untuk lingkungannya.

    Btw, kolam ikan ny bisa dipancing sistem catch & release gk y? Hehehe, liat kolam bawaan ny pengen mancing wkwkwk

  • Clyde E Chaffin
    December 15, 2020 12:21 pm

    Salam kenal dari blogger bertuah 🙂

Leave a Reply

Leave a Reply