Wales, the Epic Land!

Wales, the Epic Land!

Bulan lalu saya keliling Wales bagian utara. Lumayan untuk menamatkan jejak kaki saya di empat ‘negara’ dalam United Kingdom yang terdiri dari England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Dibanding keempatnya, Wales memang tidak terlalu populer. Namun menurut saya, Wales justru yang terunik dan terindah! Epic banget deh!

Whispering Sand Beach

Wales yang menempati area hampir seluas propinsi Bengkulu ini terletak di barat Britania Raya yang berbatasan dengan Laut Irlandia. Penduduknya 3 juta orang (sekitar 5% dari total penduduk United Kingdom) dengan 9 juta domba. Iya, serius! 78% wilayah Wales diperuntukan untuk agrikultur jadi memang serbahijau dan cocok untuk beternak. Lansekapnya pun didominasi oleh pegunungan, terutama di utaranya sehingga lebih dramatis.

Epic-nya Wales saya bagi ke dalam beberapa kategori begini;

Epic Castles

Terdapat 641 castle (istana) di Wales atau paling banyak per mil persegi di dunia. Ada di gunung, di pantai, ada yang dijadikan museum atau hotel, ada yang katanya berhantu, ada juga yang kosong begitu saja. Saya masuk ke tiga di antaranya;

Conwy Castle – Termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site, istana yang dibangun oleh Raja Edward I pada abad ke-13 ini disebut sebagai arsitektur militer terbaik di Eropa. Berbentuk persegi panjang, istana ini terbagi dua yaitu bangsal luar dan bangsal dalam, dengan delapan menara pengintai. Selain berfungsi sebagai benteng pertahanan, di dalamnya juga terdapat tempat tinggal keluarga raja dan stafnya.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Criccieth Castle – istana ini dibangun oleh Llywelyn the Great pada abad ke-13 yang dimodifikasi oleh Raja Edward I. Pada abad ke-15, istana ini direbut kembali dari Kerajaan Inggris yang merupakan pemberontakan terakhir bangsa Welsh. Terletak di atas bukit di antara dua pantai Gwynedd dan Tremadog Bay membuat istana ini tempat keren untuk nongkrong sambil memandang kota Criccieth dari ketinggian.

Kota Criccieth

Penrhyn Castle – aslinya rumah seorang bangsawan kaya bernama Ednyfed Fychan di Llandygai pada abad ke-13 yang telah direnovasi berkali-kali sampai terakhir pada abad ke-19 oleh arsitektur Thomas Hopper. Di dalamnya masih tersimpan dengan baik barang perabotannya beserta koleksi lukisan berharga. Di sisi lain terdapat taman dan museum kereta api. Terletak di atas bukit, istana ini menghadap pegunungan Snowdonia, jadi bangunan dan pemandangannya sama-sama spektakuler!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Coastline

Dengan garis pesisir sepanjang 2.700 km, Wales diberkahi dengan pantai-pantai yang kece. Pada musim panas, Wales jadi tempat berlibur orang Inggris karena cuacanya lebih hangat dan kering. Tak hanya untuk berenang, tapi pesisirnya bisa untuk hiking dan bersepeda. Ini beberapa di antaranya;

South Stack – terkenal dengan mercu suarnya yang cantik dan merupakan sebagian dari walking trail di pesisir Pulau Anglesey. Emang nyaman banget berjalan kaki di jalur khusus pejalan kaki dengan pemandangan indah begini! Selain bisa berkunjung ke mercu suar setinggi 41 meter dengan ratusan anak tangga, di tebingnya kita bisa bird watching melihat ribuan burung liar, seperti Puffin, Razorbill dan Guillemot.

Newborough Beach – untuk mencapai pantainya, saya berjalan kaki dulu di antara hutan pinus selama 50 menit. Bila di negara tropis pantainya berisi pohon kelapa, di sini pohon pinus! Dari pantai berair tenang ini, lanjut berjalan kaki ke Pulau Llanddwyn, rumah Saint Dwynwen. Bila di dunia merayakan Hari Valentine, di Wales orang merayakan Hari Dwynwen. Legenda mengatakan karena cinta dilarang oleh orang tua, Dwynwen bersumpah untuk tidak menikah.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Aberdaron – adalah desa nelayan di ujung Llyn Peninsula sehingga disebut “Land’s End of Wales”. Desa cantik di pinggir pantai ini dikelilingi perbukitan yang langsung ‘jatuh’ ke laut, pantai-pantai berpasir warna emas, dan menghadap pegunungan Snowdonia. Favorit saya adalah Whispering Sand, pantai yang pasirnya menimbulkan suara siulan, dan sunset di Pantai Aberdaron dengan langit yang berwarna pink!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Adventure

Kalau Anda penggemar aktivitas pemicu adrenalin, Wales adalah pusatnya. Mau coba?

Surf Snowdonia Adventure Parc – surfing di Wales? Bisa! Surf Snowdonia adalah danau tempat surfing di pertama di dunia. Danau sepanjang 300 meter ini terdapat ombak buatan sehingga pengunjung bisa surfing sepanjang tahun. Ada kelas surfing untuk pemula sampai level 2, termasuk wet suit dan papan. Yang nggak mau surfing bisa ikut permainan kayak seri di TV, Wipe Out.

Coasteering – pelopor coasteering di dunia adalah di Wales. Coasteering dari kata coast (pesisir) merupakan aktivitas air campuran antara rock-hopping, shore-scrambling, swell-riding, cave-exploring dan cliff-jumping. Peserta dipinjami wet suit dan helm, dan dipandu oleh instruktur. Karena kondisi lutut, saya nggak bisa ikutan. Tapi katanya sih seru banget!

Llandudno Ski and Snowboard Centre – tempat main ski dan snowboard setiap hari sepanjang tahun. Dengan teknologi khusus, pengunjung dapat meluncur di ski slope. Tersedia kursus ski mulai dari kelas Taster sampai Level 7. Yang nggak doyan main ski, bisa main toboggan (semacam papan seluncur yang diduduki dan meluncur sepanjang 750 meter dari ketinggian – jalur terpanjang di Inggris!) atau main sno-tubing (meluncur di atas ban besar).

Zip World Velocityzip line tercepat di dunia dan terpanjang di Eropa! Ini highlight trip saya di Wales. Ternyata kita nggak meluncur dalam posisi duduk tapi posisi tengkurap dengan badan dan kaki terkait ke wire. Turun pun dua kali, pertama di wire yang pendek untuk penyesuaian, lalu kedua dibawa naik truk ke atas bukit setinggi 1.500 meter dan turun dari sana. Mulai dari situ deg-degan karena terasa ketinggiannya. Begitu meluncur, rasanya kayak terbang aja karena kecepatannya mencapai 160 km/jam! Whoaaa!!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on


(Bersambung)
Masih banyak hal epic lainnya di Wales yang saya kunjungi, termasuk ke kota bernama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (saya nggak salah ketik!) dan naik kereta uap ke Hogwarts. Atau, pengin tau juga gimana gampangnya bikin visa? Tunggu di blog post selanjutnya!

28 Comments

  • omnduut
    August 8, 2017 7:53 pm

    Cakep-cakep banget kastilnya. Sebagai postcrosser aku juga memilih kastil sebagai tema favorit. Soalnya di Indonesia nggak ada (jikapun ada kastil, gak kayak kastil yang ada di Eropa hehehe).

    Ditunggu kisah selanjutnya mbak T.

  • Anonymous
    August 8, 2017 7:58 pm

    Menarik banget Wales! Gak sabar baca lanjutannyaaa..

  • Sadawayans
    August 8, 2017 8:00 pm

    Menarik banget Wales! Gak sabar baca lanjutannyaaa…

  • adhe
    August 9, 2017 6:40 am

    Kereeeen…. Wales & North Ireland plus Ireland belum terjejak, thanks T sdh kasih panduan lengkap utk melihat hal2 yg menarik disana. Ditunggu lanjutannya.

  • Endah April
    August 9, 2017 9:05 am

    nggak sabar nunggu cerita tentang kota Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

  • SinaQui
    August 9, 2017 3:07 pm

    mantap jiwa mbak…jadi pengen kesana dan bertualang dikastil yang seperti di film harry potter. hehehe

    keren mbak !

  • Trisebud
    August 10, 2017 6:10 am

    Arrrrrgghhhhh, jadi pengen ke sanaaaaaaaaa~

  • jalanjalankitadotcom
    August 10, 2017 12:37 pm

    wah lengkap kali mb ulasannya, itu beneran cuma segeda Bengkulu ya? wahh ruarr biasa hehehe jdi pengen ikutan mendarat di sini mb hahaha

  • Flo
    August 10, 2017 1:15 pm

    Mupeng banget liat kastil-kastilnya..
    Ditunggu ya mbak cerita selanjutnya. Terutama soal kota yang namanya huruf konsonan semua itu. Hehehe

  • Kasamago
    August 11, 2017 1:52 pm

    Tanah leluhurnya Lady D..
    Wales kyk Almaty.. Keindahan yg masih awam didengar

  • Tonggo Simangunsong
    August 11, 2017 4:34 pm

    Wew, makin seru aja nih tripnya Naked Traveler…

  • yasmen chaniago
    August 12, 2017 4:00 pm

    Pingin tahu bagaimana caranya mereka bikin ombak buatan di surf snowdonia

  • Eryvia Maronie
    August 13, 2017 8:55 am

    Wow! Wales benar2 epic ?
    Dinantikan postingan selanjutnya, teh!

  • Daffa
    August 18, 2017 7:42 am

    mudah-mudahan suatu saat saya bisa kesana hehe.. amin. 😉

  • Anindita Ayu P.
    August 20, 2017 8:56 pm

    Keren banget kak >.<

  • Maman Achman
    August 21, 2017 12:14 pm

    Amazing, tempat yang rekomended banget buat travelling 🙂

  • TUVLIHADI
    August 21, 2017 1:57 pm

    beruntunglah sangat pada orang seperti admin yang berkesempatan menjejakkan kaki dibelahan bumi yang lain demi menjejaki tempat eksotik ciptaan-Nya ini deh…ih

  • khairulleon
    August 21, 2017 8:55 pm

    Kadang suka bertanya-tanya dalam hati.
    aku bisa ga yah ketempat ini 🙁

  • Trackback: Wales, the Land of Epic! (2) | The Naked Traveler
  • Ilmi Mufita
    August 23, 2017 7:43 am

    Kereeeennn mbak T >__<
    Mbak T adalah idola saya dalam hal dunia jalan2, keren dan menginspirasi.. :*

  • teknohot
    September 11, 2017 8:37 pm

    Wah mantap di website. Googling eh ketemu website ini. Maju terus., Update terus

  • Anonymous
    September 11, 2017 9:53 pm

    Seru banget, selalu suka baca petualangannya mba T ?

  • telusuRI
    September 12, 2017 2:41 pm

    Wah… langsung ngiler waktu lihat foto mercusuar di tebing itu. 🙂

  • Bokekpacker
    September 19, 2017 11:06 am

    pengen banget ke yurop sambil napak tilas lokasi syuting game of thrones T.T

  • albi
    October 19, 2017 4:44 pm

    Keren banget pemandangannya, rasanya mau bikin tenda dibukitnya 1 minggu. hahaha

  • KimsKimi
    January 29, 2019 3:34 pm

    Wales masuk jadi salah satu travel wishlist nih, kayaknya keren banget disana…

  • san
    April 4, 2019 7:27 pm

    pengen banget kesana 🙂

  • Ibadah Mimpi
    November 12, 2019 6:18 pm

    Aarrgggg ternyata Wales gak kalah menariknya sama negara di Eropa lainnya mbak. Keren banget

Leave a Reply

Leave a Reply