[Adv] Traveler bijak punya travel insurance

[Adv] Traveler bijak punya travel insurance

Penting nggak sih punya travel insurance (asuransi perjalanan)? Saya sudah pernah membahasnya di sini. Tapi mungkin Anda belum terbayang kesialan atau musibah apa yang mungkin terjadi ketika Anda sedang traveling di luar negeri. Sementara kita tahu bahwa sebagian besar negara di dunia itu biaya hidupnya lebih tinggi daripada kita, sehingga membutuhkan uang ekstra. Ini saya berikan ilustrasi beberapa kejadian sebagai berikut;

Pada trip terakhir saya di Taiwan, seorang teman kehilangan bagasinya dan dijanjikan akan dikembalikan dalam tiga hari ke depan. Padahal dia sedang business trip yang perlu pakai baju rapih untuk bertemu dengan pejabat tinggi setempat. Duh, males banget kan kalo kejadian kayak gitu? Kalau itu terjadi sama saya, pasti saya langsung belanja ke mal terdekat untuk beli baju dan sepatu baru. Nggak khawatir karena uang belanjanya akan ditanggung oleh travel insurance saya.

Sepupu saya juga baru trip ke Australia. Eh sampai di bandara Melbourne, entah kenapa kopernya rusak. Suaminya pas lagi berusaha menutup koper yang sedikit menganga itu, laptop-nya jatuh ke lantai dan pecah. Duh, sial banget kan? Untungnya mereka sudah saya rekomendasikan pake travel insurance langganan saya, jadi mereka santai aja beli koper dan laptop baru di Australia karena uangnya akan diganti.

Tante saya pun pernah mengalami kesialan saat traveling di Inggris. Paspornya hilang dicuri! Tentu beliau harus ke sana ke mari mengurus ini itu dan ke KBRI untuk mendapatkan paspor sementara. Biaya pengurusannya, termasuk transportasi lokal, ditanggung juga oleh travel insurance.

Saya sendiri pernah merasakan manfaatnya pada saat penerbangan saya ke Kenya tiba-tiba dibatalkan dan dimajukan sehari. Hotel dan biaya visa diganti, uangnya ditransfer ke rekening bank saya. Selain itu, travel insurance juga mengganti biaya ketidaknyamanan lainnya seperti delay.

Kondisi lain misalnya saat teman saya yang lagi traveling ke Swedia tiba-tiba jatuh sakit karena terpleset dari tangga. Dengan travel insurance, biaya pengobatan di rumah sakit Stockholm ditanggung. Bahkan bisa menerbangkan seorang anggota keluarga atau teman untuk menemani selama di rumah sakit. Hebatnya, sampai tiga bulan setelah tiba di Indonesia, pengobatan lanjutannya juga ditanggung! Perlu diketahui, travel insurance juga bisa menanggung biaya evakuasi medis darurat dan repatriasi dalam keadaan darurat di seluruh dunia lho!

Kondisi ekstrim lainnya adalah meninggal dunia di luar negeri. Travel insurance akan menanggung biaya pemulangan jenazah. Jika Anda sedang traveling di luar negeri lalu rumah di Indonesia kebakaran pun akan ditanggung oleh travel insurance.

Nah, travel insurance apa yang saya punyai yang bisa menanggung semua ilustrasi di atas? Saya pakai asuransi perjalanan AXA Mandiri. Alasannya karena gampang; bisa beli online di sini dan tinggal di-print langsung berlaku. Harganya terjangkau – setahun penuh ke seluruh dunia hanya USD 114,75 (sekarang lagi diskon 15%). Paket coverage-nya pun lengkap, mencakup seluruh dunia dengan uang santunan/penggantian yang besar.

Tips agar lebih hemat: Jika Anda ke luar negeri minimal tiga kali dalam setahun seperti saya, lebih baik ambil asuransi jenis Annual Trip. Asuransi ini bisa disertakan sebagai syarat pembuatan visa, malah kemungkinan mendapat visa multiple lebih besar karena periode waktu yang panjang. Jika Anda pergi bersama anggota keluarga pada saat yang bersamaan, pilih Family yang mencakup 2 orang dewasa plus maksimal 3 orang anak. Biaya premi Family tentu lebih murah daripada Individual dikali jumlah orang.

Intinya, traveler yang bijak, punya travel insurance! Jangan sampai deh Anda terlantar di luar negeri dan merepotkan keluarga di rumah. Saya sendiri dan orang-orang yang saya kenal telah merasakan manfaatnya.

11 Comments

  • Noval
    April 28, 2017 11:05 am

    thanks reccomend nya mbak

  • Kasamago
    April 29, 2017 6:36 am

    Info yg menarik,
    Memang Asuransi memberikan kenyaman dan keamanan.. Tnggl proses klaim nya enak ato engga.

  • reymaulana
    May 1, 2017 5:47 pm

    Waah, info yg menarik ! Harus dicoba nih next time, AXA Mandiri cover juga untuk perjalanan dalam negeri kan?

  • Ilham Anwar Fauzan
    May 2, 2017 3:35 am

    Waahh infonya baguss banget mba trinity…recomended nih

  • mei wulandari
    May 2, 2017 10:30 am

    Kalau punya insurance untuk traveling kayaknya lebih aman gitu yaaa. Biar kecover semuanya hihihii Tfs 🙂

  • Nurul Putri
    May 2, 2017 10:39 am

    Pernah mengalami sakit di Hongkong, saat itu belum punya travel insurance, akhirnya minum obat pribadi saja & istirahat full. Begitu sampai Jakarta, cek ke dokter ternyata usu buntu dan harus operasi. Ga kebayang gimana kalo harus operasi di Hongkong. Setelah kejadian itu, setiap mau traveling pasti selalu bikin travel insurance dari Z*****.

  • Sulung Siti Hanum
    May 2, 2017 8:20 pm

    Benar banget. Aku kebetulan lagi ngurus visa ke Georgia nih Kak. Buru-buru nyari travel insurance. Memang berasa banget sih. traveler bijak harus pakai Travel Insurance karena kita nggak tau ada apa di luaran sana.

  • neng ayu | awanderlustdiary.com
    May 3, 2017 11:27 am

    kadang asuransi itu emang dipandang sebelah mata ya, tapi pas kejadian baru kerasa nyesel kenapa ga ikut asuransi, padahal jumlah preminya pun ga seberapa hehe

  • gznows
    May 13, 2017 10:19 pm

    iya memang asuransi kadang sangat perlu sekali…

  • jalanjalankitadotcom
    June 1, 2017 10:01 pm

    wah bisa ya dapet asuransi saat travelling juga yah mb, pas banget nih infonya, salam kenal ya mb

  • hammer of thor
    June 3, 2017 2:57 am

    Benar banget. Aku kebetulan lagi ngurus visa ke Georgia nih Kak. Buru-buru nyari travel insurance. Memang berasa banget sih. traveler bijak harus pakai Travel Insurance karena kita nggak tau ada apa di luaran sana.

Leave a Reply

Leave a Reply