[Adv] Pentingnya memiliki asuransi perjalanan

[Adv] Pentingnya memiliki asuransi perjalanan

Hayo ngaku, Anda punya nggak asuransi perjalanan (travel insurance)? Sebagian akan menjawab “pernah punya” tapi punyanya karena syarat bikin visa ke luar negeri. Kalo nggak disyaratin, nggak punya kan? Sama, saya dulu juga gitu.

Dulu masih muda emang cuek dan nggak mikir panjang. Semakin tua jadi semakin gendut bijak. Dengan frekuensi traveling saya yang tinggi, kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan semakin tinggi. Gimana kalo paspor dicuri, bagasi hilang, penerbangan dibatalkan, dsb? Hiyyy… amit-amit! Tapi yang lebih parah lagi, gimana kalo lagi traveling di luar negeri saya masuk Rumah Sakit, kecelakaan, bahkan meninggal dunia? Siapa yang mau bayarin? Udah saya yatim piatu, masih jomblo pula. Males kan kalo ngerepotin orang?

Saya sendiri sudah punya asuransi yang mencakup Indonesia, sehingga saya perlu memiliki asuransi perjalanan yang berlaku di manapun di luar negeri. Dengan memiliki asuransi perjalanan, kita telah meminimalisasi salah satu kekhawatiran – terutama kekhawatiran “gimana kalo kenapa-kenapa, tapi duit abis?”Apalagi biaya hidup di sebagian besar negara jauh lebih mahal daripada di Indonesia.

Setelah browsing sana-sini, pilihan saya adalah AXA Mandiri Travel Insurance. Kenapa? Karena belinya gampang. Nggak usah buang waktu dan energi pergi ke kantor asuransi, tapi tinggal beli online doang di sini. Setelah bayar, dokumen langsung jadi dan tinggal di-print. Daripada repot, saya ambil asuransi perjalanan dalam jangka waktu satu tahun penuh (annual trip) ke seluruh negara di dunia, termasuk Schengen (negara-negara di Eropa). Harganya pun terjangkau, hanya USD 135 untuk asuransi perjalanan kategori Platinum! FYI, asuransi ini juga bisa diajukan untuk apply visa.

Keuntungannya bisa dibaca di sini, namun saya sarikan antara lain;

  1. Uang santunan akan dibayar untuk kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama perjalanan sebesar USD 100.000. Kalau terjadi kecelakaan diri pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal dapat USD 200.000.
  2. Penggantian biaya pengobatan, perawatan gigi karena dalam keadaan darurat, biaya rumah sakit, biaya operasi, termasuk pengobatan tradisional yang dialami/terjadi selama dalam perjalanan sampai sebesar USD 100.000. Bahkan ditanggung biaya pengobatan terusannya di Indonesia sampai USD 1.250.
  3. Jika harus tinggal di Rumah Sakit luar negeri lebih dari 24 jam, akan memperoleh tunjangan harian berupa uang tunai maksimum USD 25/hari yang bebas digunakan untuk apa saja.
  4. Biaya untuk penguburan atau kremasi di luar negeri ditempat kematian terjadi atau biaya untuk mengangkut jenasah kembali ke Indonesia = USD 7.500.
  5. Bila satu orang keluarga atau teman yang diperlukan untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama Anda selama dirawat di rumah sakit di luar negeri, atau untuk menemani anak Anda kembali ke Indonesia karena Anda harus dirawat di rumah sakit di luar negeri = USD 3.000.
  6. Penggantian uang bila terjadi ketidaknyamanan perjalanan seperti kehilangan paspor USD 300, bagasi telat USD 500, pesawat/KA/kapal delay USD 500, bahkan kalau rumah kebakaran karena ditinggal pergi dapat diganti sampai USD 5.000.

Anda juga bisa memilih asuransi AXA Mandiri Travel Insurance berdasarkan jumlah hari dan negara tujuan. Klik short trip, masukin tanggal pergi dan pulang, pilih cakupan negara (Worldwide including Schengen, Worldwide excluding Schengen, atau ASEAN plus), maka situs akan otomatis memberikan harga. Anda juga bisa beli paket Family (1-2 orang tua + 1-4 anak) dengan harga lebih murah daripada beli satuan yang Individual.

Bagaimana dengan pengalaman saya dalam klaim asuransi AXA Mandiri? Tuhan Maha Baik, selama trip saya baik-baik saja. Tapi ingat cerita “Nggak Sengaja ke Kenya”? Karena penerbangan dimajukan sehari, hotel yang sudah saya pesan seharga USD 50 jadi hangus. Karena terpaksa harus ke Kenya, saya wajib bayar visa USD 20. Total kerugian USD 70 bisa kembali dengan mengajukan dokumen berupa tanda terima pembayaran dan email dari maskapai penerbangan. Memang sih dipotong atas resiko sendiri sebesar USD 25, tapi bisa dapat USD 45 kan lumayan daripada kesel. Duit langsung ditransfer ke rekening saya dalam bentuk rupiah dalam waktu seminggu. Gampang dan menyenangkan kan?

Sebagai traveler yang bertanggung jawab, punya asuransi perjalanan emang penting banget!


Trinity

Indonesia’s leading travel writer & blogger whose life story became a movie. Author of 15 books incl “The Naked Traveler” series.

30 Comments

  • Aes Otre Pictures
    August 24, 2015 5:39 pm

    waooww….trima kasih untuk infonya…

    • resep masakan
      August 27, 2015 9:57 am

      iya memang butuh banget asuransi ini, karena kita tidak akan tahu, apa yang akan terjadi ketika kita sedang touring. thx buat artikelnya

    • RuangBelajarSaham
      October 12, 2017 2:38 pm

      Bisa DISKON 10% lho untuk asuransi perjalanan AXA, pakai kode promo ini: S04R083G (Note: Harus HURUF BESAR, dan pastikan itu angka nol yang di digit kedua dan kelima, bukan huruf o )

      Cepet koq prosesnya, abis bayar, polis langsung diterima di email kita dalam 15 menit.

      Kode promonya tuh ini berlaku selamanya, dan bisa dipakai berulang-ulang, jadi better disimpen aja dulu kodenya, lumayan banget buat saat perlu..

      Untuk pemesanan via online, langsung aja ke web AXA:
      https://travel.axa-insurance.co.id/ lalu masukkan kode promonya.

      Thank you, mbak Trinity, suka banget baca blog mbak Trinity 🙂

  • putu juitama wirata
    August 24, 2015 5:56 pm

    tq berat mbak ini yang saya cari selama ini.bravo

  • Iqbal Rois
    August 24, 2015 6:28 pm

    Ada yg syariahnya nggak ya..? :O
    *sambil browsing*

  • Theodore Great
    August 24, 2015 7:58 pm

    Wahh ternyata penting juga travel insurance, termakasih banyak infonya 🙂

    17-an di Taman Proklamasi

  • fia
    August 24, 2015 9:45 pm

    dan skrg dpt rupiah lagi utk tulisan advetorialnya (y). sehat n sukses slalu mbak T 😀

  • Emaknya Benjamin br. Silaen
    August 25, 2015 1:07 am

    Asuransi memang sangat penting, klo terjadi kecelakaan pas traveling masuk rs wiihh sapa yg sanggup bayar rs bisa ratusan jeti deh 😉 .

  • walley
    August 25, 2015 1:15 am

    Bukannya di bandara suka ada spg asuransi yang tugasnya, lihatin orang-orang tajir terus samperin buat nawarin asuransi travelling. Sayangnya saya nggak pernah ditawarin, mungkin karena terlihat kere…he..he..he

  • nurul
    August 25, 2015 8:36 am

    sempet sakit saat teveling tahun lalu, akhirnya sadar pentingnya travel insurance dari zurich.

  • Putri (travelitarius.com)
    August 25, 2015 8:48 am

    asuransi emang penting banget, kita nggak pernah tahu kesialan-kesialan selama traveling.

  • vari | www.travelingcow.com
    August 26, 2015 12:35 pm

    Iya, AXA travel insurance ini emang cukup value for money dan gampang cara dapetinnya dibanding travel insurance lainnya, kemarin sempet liat-liat webnya dan kepikiran mau beli sewaktu mau bikin visa ke Rusia

  • dieng
    August 28, 2015 10:45 pm

    Sangat penting sekali, namun banyak sekali masyarakat yang belum tau tentang asuransi perjalanan. (Selama ini produk asuransi identik dengan pendidikan, hari tua, dll)

  • Sembuh Stroke
    August 30, 2015 4:44 pm

    Santunannya kecil amat ya 25dollar per hari, sama kayak di Indonesia dong.. btw nice info baru tahu bisa daftar via online dan bayar per tahun gitu..

  • Nina
    September 1, 2015 6:41 pm

    Paha mba T gendut.. eh bijak..

  • The Couple Trip
    September 2, 2015 10:09 pm

    eh, emangnya wajib ya punya travel insurance.. boleh deh buat trip selanjutnya. kalau lihat manfaatnya kayaknya penting juga.
    http://www.thecoupletrip.blogspot.com

  • yoga
    September 3, 2015 10:18 am

    Bayarnya apa mesti pakai Kartu kredit?

  • Quality Food
    September 4, 2015 11:11 am

    Setahu saya memang penting banget asuransi 😀 demi kenyamanan

  • getourtravelGetour Travel
    September 12, 2015 12:41 am

    Bagaimanapun asuransi sangat perlu walaupun saat berlibur. Bukan berarti kalo liburan maka asuransinya juga libur. Thx … Info yang dahsyat Om..

  • Paket Tour Medan
    September 12, 2015 10:07 pm

    Syaratnya muadh dan juga biaya murah ya

    thanks ya gan infonya

  • saiful bahri on Wisata Lombok
    October 7, 2015 10:30 am

    asuransi yang begitu penting tapi selalu terabaikan

  • abelya-collection
    October 8, 2015 12:05 am

    asuransi perjalanan yg biasa ditawarin di bandara bukan? atau sama seperti asuransi kesehatan?

  • Ananda Rajo Nan Putiah
    November 6, 2015 1:35 pm

    Yup benar Mbak, saya pakai AXA Travel Insurance (produk SmartTraveller) setiap bepergian ke luar negeri. pembelian mudah juga, klaim juga gampang. Hal terpenting adalah kita lebih merasa aman diperjalanan. Tips saya, file pdf asuransinya disimpan di cloud drive spt google drive atau dropbox yang bisa mudah diakses via smartphone ( semua pasti pegang smartphone donk) dan print-an nya juga, sebagai bagian dokumen kita dalam perjalan selain paspor dan visa tentunya.. 🙂

  • salima ‘aqiqah
    November 7, 2015 8:43 am

    pasti tradisinya unik seperti yang pernah saya baca dalam sebuah novel yang berlatarkan negara Kenya

  • Handi
    November 11, 2015 4:20 pm

    iya nih asuransi perjalanan itu kalo saya bilang “program amit2” (sambil ketok2 meja) karna kita gatau apa yg akan terjadi pas kita lagi traveling di luar negeri

  • Heri Shu @travelographers
    December 16, 2015 9:41 am

    saya jadi concern terhadap asuransi perjalanan pas bertemu sama backpacker dari london yang mengalami kecelakaan pas di Pahang Malaysia yang mengharuskan dia dirawat di rumah sakit selama kurang lebih 1 bulan. untungnya dia punya asuransi perjalanan jadinya semua biaya ditanggung. rasanya kalo traveling dalam jangka panjang atau ke tempat tertentu wajib punya asuransi ini.

  • Asuransi Simasnet
    December 23, 2015 2:56 pm

    PT. Asuransi Simas Net (Simasnet) mendapat Izin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan pada tanggal 21 Oktober 2014. Simasnet didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa asuransi yang dapat di akses secara online baik dengan website dan aplikasi di smartphone. Simasnet merupakan anak perusahaan dari PT. Asuransi Sinar Mas.
    Asuransi Mobil, Asuransi Travel, Asuransi Rumah, Asuransi Kecelakaan Diri & Asuransi Mudik

    Web : http://asuransisimasnet.com/
    Fb : Asuransi Simasnet Official
    Twitter : as_simasnet

  • Alida Margaret
    September 19, 2016 6:47 pm

    Yap, emang penting banget ngurus asuransi perjalanan
    Siapa yang tau nasib kedepannya selama melakukan perjalanan

  • nn kanara
    January 22, 2018 12:25 am

    mau nanya, kalau yang berangkat 1 keluarga (2 orang tua umur 50 tahun dan 2 anak umur 25-30) apakah bisa pakai asuransi AXA yang tipe family?, terkait kami berangkat ber 4 sekeluarga namun anaknya sudah dewasa hehe?
    mohon pencerahan

  • Trackback: [Adv] Traveler bijak punya travel insurance - Traveling Asyik

Leave a Reply

Leave a Reply