Satu Dekade jadi Travel Blogger

Satu Dekade jadi Travel Blogger

Blog yang Anda baca ini usianya sudah 10 tahun pada 2015! Nggak nyangka udah lama juga saya jadi travel blogger. Dalam rangka ultah sedekade ini, saya ingin membuat kilas balik dan menjawab pertanyaan pembaca tentang travel blogging.

Fun Facts

  • Teman saya Togap yang pertama mengusulkan saya membuat blog pada 2005. Dia lah yang membuatkan template-nya, jadi saya tinggal isi tulisan aja. Waktu itu masih di blogspot.
  • Saya doyan traveling dan menulis sejak kecil, makanya pede bikin blog khusus tentang travel karena saya merasa kedua hal itu adalah kekuatan saya.
  • Saya sengaja pake nama “The Naked Traveler” supaya lebih eye-catching dan ear-catching. Nggak ada hubungannya dengan porno, itu cuma plesetan dari kata “nekad”. Secara filosofis artinya “tulisan tentang traveling yang apa adanya, tidak ada yang ditutup-tutupi”.
  • Saya memakai pen name Trinity supaya nggak ketahuan orang kantor menggunakan fasilitas kantor untuk ngeblog berhubung internet yang kenceng saat itu ya cuma di kantor.
  • Saya adalah seorang yang gaptek. Blog selalu dibikinin teman. Selama ini tampilan blog sudah ganti 3 kali, dibikinin Togap, Richoz, dan terakhir Ary.
  • Setelah suksesnya Raditya Dika yang membukukan blognya, saya pun ditawari beberapa penerbit buku. Akhirnya Bentang Pustaka menerbitkan buku pertama saya pada 2007 berdasarkan blog. Puji Tuhan sekarang sudah jadi 11 buku yang termasuk bestselling di Indonesia.

FAQ

Apa untungnya ngeblog?

Awalnya sih sebagai dokumentasi perjalanan pribadi supaya terekam dengan baik, tidak pernah terpikir akan jadi “besar” seperti sekarang. Lama-lama merasa mendapatkan banyak manfaat, misalnya sebagai ajang latihan dalam menulis, bisa menginspirasi orang banyak, bisa ketemu orang-orang hebat, bisa traveling gratis, sampai bisa menghasilkan duit dan jadi profesi. Meski sejak adanya social media, blog itu seperti “ditinggalkan”, namun sampai saat ini blog lah yang paling bertahan dan paling (gampang) dicari di internet. Lagipula, “I’m a blogger” itu lebih bergengsi di dunia daripada “I’m a selebtwit/artis instagram” bukan?  Intinya, dengan punya blog yang konsisten, kita akan dianggap expert dalam suatu bidang tertentu sehingga membuka pintu-pintu lain.

Gimana mempromosikan blog sendiri?

Dulu karena internet terbatas, saya sampe bikin bumper sticker dan dibagi-bagikan. Sering blog walking dan meninggalkan jejak URL supaya diklik. Masukin link blog di signature email. Setelah ada social media, semuanya jadi lebih mudah, tinggal share aja.

Dapet duitnya dari mana?

Terus terang blog saya belum menghasilkan duit secara langsung secara reguler, kecuali sesekali dapat fee dari tulisan advertorial mengenai suatu produk. Saya tidak pasang banner atau iklan baris, baru mau dipasang mulai 2015 karena ternyata cukup banyak perusahaan yang meminta.  Jadi selama ini penghasilan utama saya datang dari royalti buku – makanya beli buku-buku saya ya? 🙂 Penghasilan lain ya dari fee nulis di media massa, jadi pembicara, jadi host di radio/TV, jadi buzzer di socmed, bahkan buku saya dibeli rights-nya untuk diadaptasi jadi film layar lebar.

Enak bener sih traveling gratisan mulu?

Entah kenapa belakangan ini saya sering dituduh traveling selalu gratisan. Padahal 99% traveling saya bayar sendiri. Secara saya dasarnya emang tukang jalan-jalan, jadi tanpa dibayarin pun cabut. Lagipula, traveling bagi saya adalah investasi. Memang kadang saya diundang traveling atas biaya sponsor, itu pun saya milih-milih dan bikin syarat boleh extend atas biaya sendiri. Perlu diketahui, traveling yang dibiayai sponsor itu nggak ada duitnya, karena umumnya sistem barter. Bagi saya, sponsored trip adalah business trip dimana ada kewajiban tertentu sehingga tidak bebas. Yang jelas kalau ada sponsor, saya bikin disclaimer [Adv] sebagai penanda bahwa tulisan blog saya atas “pesanan”.

Berapa modal punya blog?

Sejak ganti jadi naked-traveler.com, per tahun saya bayar hosting dan domain sekitar Rp 1,2 juta.

Kapan saya bisa jadi full time blogger?

Keep your daily job sampai Anda benar-benar yakin akan punya penghasilan yang minimal sama dengan gaji kantoran sekarang. Caranya jangan hanya dibayang-bayangkan doang, tapi ditulis/dihitung dengan bikin business plan 5 tahun ke depan terhadap diri sendiri. Saya belajar bahwa ketika kita fokus mengerjakan sesuatu, maka hasilnya pun akan lebih maksimal. Terbukti, penghasilan saya lebih banyak daripada gaji kantoran dulu – bonus bisa bangun siang, bebas cuti, dan nggak disuruh-suruh bos.

Apa pengalaman terburuk yang berhubungan dengan blogging?

Tulisan dijiplak tanpa penyebutan sumber itu sering. Blog pernah di-hack 3 kali.

Gimana caranya bertahan jadi travel blogger selama 10 tahun?

Karena passion! Passion saya adalah travel writing, jadi nggak berasa kerja meski nggak dibayar sekalipun. Memang kadang saya mengalami kebosanan nulis (traveling-nya sih nggak pernah bosan), tapi ya itu biasa terjadi, separah-parahnya posting jadi sebulan sekali. Masalah lainnya, tidak semua trip itu bisa ditulis karena saya menjaga kualitas.

Kenapa sih pelit ngasih detil rute dan biaya?

Saya orangnya sangat messy dan impulsif, makanya tulisan saya bukan model travel guide melainkan travelogue. Lagipula, hari gini apa sih nggak bisa digugling? 🙂

Kalau saya pengen ngeblog, bagi tipsnya dong!

Kalau Anda baru mau ngeblog, silakan baca tips saya di sini. Kalau mau konsisten jadi travel blogger, kuncinya adalah banyakin traveling-nya sehingga punya banyak bahan tulisan.

Sebagai penutup, ingat quote dari Seth Godin ini: “If you love writing or making music or blogging or any sort of performing art, then do it. Do it with everything you’ve got. Just don’t plan on using it as a shortcut to making a living.”

Terima kasih, para pembaca blog saya! Tanpa kalian, saya bukan siapa-siapa.


Trinity

Indonesia’s leading travel writer & blogger whose life story became a movie. Author of 15 books incl “The Naked Traveler” series.

128 Comments

  • Walter Pinem
    April 3, 2015 4:26 pm

    waduh udah 10tahun aja

    http://walterpinem.me

  • Febri
    April 23, 2015 11:41 am

    Wah mantap! dapet informasi dari tulisan ini… Good job

  • piqupiqu
    May 21, 2015 2:43 pm

    oh life goal 😀 semangat!

  • adi
    June 26, 2015 10:35 am

    Enak jalan-jalan, hati senang, kantong berisi

  • deapratini
    July 28, 2015 5:14 pm

    ihhhh, aku selalu ngiri dengan orang-orang yang konissten kayak mba…#huff aku juga mau mulai

  • andre
    December 7, 2015 3:29 pm

    waah enak banget ya bisa jadi blogger traveler ^^ 😀

  • Trackback: Jadi delegasi Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015 | The Naked Traveler
  • Dea Sihotang
    December 12, 2015 2:31 pm

    Kakkk kamu kok kereng banget siih >,<

  • Trackback: Jadi delegasi Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015 | Berita Online
  • narta
    January 6, 2016 2:18 pm

    wooo.. asik banget nih pas ti bisa jadi bloger traveler

  • Indobanged
    January 18, 2016 3:52 pm

    Hmm aku masih baru jalan 2tahun, jaraknya beda banged ya.. 8 banding 2. Tapi tetap semangad aja.. pasti nanti ketemu enaknya sendiri seperti mba trinity

  • kasamago.com
    February 6, 2016 10:30 pm

    Keren. Cita2 blogger bs jd pkrjaan fulltime

  • sangalang
    March 16, 2016 2:04 pm

    Setiap perjalanan memang selalu punya cerita. Meski ke tempat yang sama, pasti akan selalu berbeda rasanya. Congrats jeng…

  • Instagram – Nnoart
    September 22, 2016 4:43 pm

    Keren, klo sekarang sudah 11 tahun jadi travel blogger

  • JAMBI TOURISM NETWORKS
    October 7, 2016 2:09 am

    Keren banget mba trinity, pengen banget bisa spt mba “travel blogger termashyur” tp skill ngeblog masih sangat awam hehe.. sekali2 mohon tulis artikel tentang pariwisata jambi juga ya mba 🙂

    Best regards,
    Sesde

  • Fahmi (catperku)
    March 8, 2017 10:04 pm

    “I’m a blogger” itu lebih bergengsi di dunia daripada “I’m a selebtwit/artis instagram” bukan? <~ beneran enak didenger yang kayak ini sih 😀

  • Anonymous
    March 24, 2017 2:09 pm

    Keren banget nih mba tulisan nya,sungguh menginspirasi…
    Sukses selalu mba

  • syahrial
    April 11, 2017 2:18 pm

    wah mantap benar udah 10 tahun travel blogger. pasti banyak tantangan yang dihadapai, boleh juga minta tipsnya untuk menjadi travel bloger yang benar dalam mempublikasikan promosi.

  • regina
    April 22, 2017 5:04 pm

    Keren, blognya udah teruji selama satu dekade. Go terus kak…

  • tedi
    April 22, 2017 5:07 pm

    wuih mantep juga udah 1 dekade… teruskan kak

  • rentcarspontianak
    June 5, 2017 6:13 am

    wow mantap mas, uda jalan kemana aja nih ?

  • oshyn
    January 26, 2018 11:55 am

    keren kk

  • ilham Sadli
    March 15, 2018 7:41 am

    Waah… lama juga ya bang… aku traveling hanya sekedarnya saja.. jadi blog isinya kebanyakan pribadi alias gado-gado

    • Anonymous
      March 26, 2018 2:28 pm

      bang? mba trinity cewe mas… hehehehe

  • Casanova 23
    March 27, 2018 2:58 pm

    Keep the faith sis…!!??
    Teruslah menulis….saya sendiri tidak pandai merangkai kata (menulis)…walau saya sendiri suka travel…??

  • Budi Setiadi
    June 27, 2018 10:51 pm

    Luar biasa, ternyata udah lama banget traveling Dan ngeblog nya… Patut jadi panutanku..

Leave a Reply

Leave a Reply