Cara Berburu Tiket Murah

Cara Berburu Tiket Murah

Indonesia yang merupakan negara kepulauan membuat kita lebih mudah bepergian jarak jauh dengan menggunakan transportasi udara, termasuk ke luar negeri. Mau liburan, berkunjung ke rumah sanak saudara, atau business trip ke luar kota atau luar negeri, naik pesawat jadi alat transportasi yang paling efektif dibanding dengan alat transportasi lainnya. Apalagi jumlah hari cuti atau liburan orang Indonesia yang sangat terbatas, jadi waktu benar-benar harus diperhitungkan.

Dengan waktu tempuh yang jauh lebih singkat, wajar jika harga tiket pesawat lebih mahal dibanding alat transportasi umum lainnya. Untuk menyiasati agar harganya tetap terjangkau, tinggal pandai-pandainya kita memesan tiket pesawat yang murah.

Cari tiket pesawat murah di sini harus Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum kehabisan tiket. Dengan duluan memiliki tiket maka sebagian besar urusan perjalanan sudah tertangani. Urusan itinerary, pemesanan hotel, dan kebutuhan Anda lainnya tinggal disesuaikan.

Tiket Murah Saat Tidak Promo

Kebanyakan orang senang berburu tiket pesawat murah ketika sedang ada promo. Orang akan berbondong-bondong booking tiket pesawat tersebut. Tapi, bagaimana jika Anda ingin menyegerakan agenda jalan-jalan namun promo tak segera turun? Ini dia kiatnya;

  1. Pilih Maskapai Penerbangan

Maskapai Low Cost Carrier (LCC) umumnya memiliki harga yang lebih murah, namun tidak selamanya. Bandingkan saja segala maskapai, baik LCC maupun full board airlines dengan rute yang sama agar tidak menyesal kemudian. Yang jelas, jika Anda mengusahakan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan – minimal 3 bulan sebelumnya, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan tiket lebih murah.

2. Menentukan Waktu Keberangkatan

Hari dan tanggal yang akan Anda pilih sangat berpengaruh pada harga tiket pesawat. Terbanglah pada saat low season karena harga tiket bisa sangat tinggi ketika musim liburan atau ketika weekend. Peak season di dunia itu terjadi pada liburan akhir tahun atau liburan musim panas, sementara di Indonesia adalah pada saat liburan Idulfitri – saat itulah tiket pesawat memiliki harga tertinggi dan sangat jarang ada promo. Kiat lainnya, pesan tiket untuk keberangkatan pada hari Selasa dan Rabu karena biasanya lebih murah.

3. Saat tepat pemesanan

Saat memesan tiket, sudah dapat tujuan dan waktu keberangkatan, tinggal cari harga yang sesuai dengan budget. Perlu diketahui, harga tiket pesawat ke tempat-tempat populer sangat mudah dan cepat mengalami perubahan. Jadi, ketika Anda sudah menemukan harga tiket yang cocok, langsung segera pesan. Ingat, semakin murah harga tiket, semakin sedikit ketersediannya.

4. Mem-follow medsos Travel Agent

Kalau Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda memiliki smartphone dan punya media sosial. Manfaatkanlah sebaik mungkin kecanggihannya untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai tiket pesawat murah yang sedang ditawarkan. Caranya adalah dengan mem-follow akun media sosial sejumlah travel agent agar tidak kelewatan momen berharga berburu tiket pesawat murah.

Hal Penting Sebelum Naik Pesawat

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menikmati penerbangan Anda.

  1. Periksa Kembali Barang Bawaan Anda

Jangan malas dan lelah memeriksa dan memastikan barang-barang bawaan Anda. Apalagi dokumen-dokumen penting berkaitan dengan penerbangan Anda, seperti KTP untuk penerbangan domestik dan paspor untuk penerbangan internasional. Bila tujuannya ke luar negeri, pastikan bahwa masa berlaku paspor Anda enam bulan sebelum berakhir dan Anda sudah memiliki visa yang berlaku di negara tujuan, termasuk visa transit bila diperlukan. Selain itu, pastikan di tas atau koper kabin Anda tidak ada barang-barang berbahaya atau senjata tajam berupa pisau atau gunting, juga pastikan tidak membawa cairan lebih dari 100 ml per botol.

2. Perhatikan Jam Keberangkatan Anda

Ingat baik-baik tanggal dan jam berapa pesawat Anda terbang. Misalnya, keberangkatan jam 00:30 hari Selasa, berarti Anda harus check in di bandara pada Senin malam. Sebaiknya lakukan online check in sehari sebelumnya agar dapat memilih kursi sesuai keinginan dan agar lebih cepat proses check in di bandara. Usahakan tiba di bandara minimal 1 jam sebelum keberangkatan domestik dan 2 jam untuk penerbangan internasional.

3. Berikan Tanda Pada Koper Anda

Tidak menutup kemungkinan jika koper Anda memiliki kesamaan dengan koper penumpang lain. Makanya saya tidak pernah punya koper yang berwarna hitam karena terlalu banyak yang sama. Untuk menghindari kejadian tertukar, sebaiknya Anda memberi tanda pada koper dengan memberi bag tag atau pita berwarna.

Tiket dengan harga murah sudah di tangan, waktu penerbangan sudah jelas, barang-barang dan dokumen sudah tersimpan rapi di tas, maka Anda sudah siap menjalani penerbangan Anda. Enjoy your flight!

8 Comments

  • Reyne Raea
    January 22, 2020 7:12 pm

    Saya jadi ingat di film Trinity yang pertama, berburu tiket pas tengah malam hahaha.
    Saya pun jadi sering pantengin beberapa OTA macam Traveloka pas lagi begadang, tapi bukan pantengin tiket pesawat sih, pantengin harga hotel hahaha.

    JAdi nggak sabar menanti anak-anak saya lebiih mandiri, agar saya mau men-challenge diri saya untuk nekat traveling hahaha.

    Soalnya saya memang penakut kalau traveling sendiri, kayaknya kudu borong bukunya nih, biar makin terinspirasi 🙂

  • Kurniawan
    January 22, 2020 9:02 pm

    Kog pada kurang suka baca neh, pada suka nonton dan komen video ya

  • Winar
    January 29, 2020 6:01 pm

    Kalau saya selalu bandingkan harga, baik antar maskapai maupun antar agen. Beda agen, terutama yg online, sering beda harga.

  • Make Creativity
    January 29, 2020 8:30 pm

    Maunya bisa seperti diri mu, bisa kemana saja. Hahah

  • Anto Tenanan
    February 3, 2020 6:04 am

    Sangat membantu kak, postnya

  • Dewi Natalia
    February 28, 2020 8:17 pm

    tips yang terakhir bener banget tuh mbak. Emang banyak banget koper yang sama saat kita mau ambil bagasi jadi harus dikasih tanda yang terlihat mencolok. Thank you mbak tipsnya!

  • Liburan Gratis
    March 16, 2020 10:36 pm

    makasih kak tipsnya, sangat bermanfaat sekali untuk kita-kita yang suka liburan low budget.

  • zuraida
    March 25, 2020 10:37 pm

    sangat membantu ka tips nya..

Leave a Reply

Leave a Reply