Jadi bintang di Malaysia

Masuk TV3!

Akhirnya saat itu datang juga! Saya harus beli tiket pulang ke Indonesia, setelah hampir setahun #TNTrtw. Saya berencana tinggal beberapa hari di Kuala Lumpur. Abang saya dan keluarganya pindah ke KL sudah 8 bulan ini (sebelum saya pergi), jadi saya sempatkan mampir. Masalahnya, mereka tinggal di apartemen 3 kamar tapi dengan anak 5 orang, saya nggak kebagian kamar untuk nginep. Sedangkan Yasmin memutuskan untuk langsung ke Jakarta.

Setelah setahun hidup tanpa privacy dan jauh dari kenyamanan, kali ini boleh dong saya “borju” dengan menginap di hotel mewah sendiri! Saya pun langsung booking via AsiaRooms.com. Selain harga kamarnya lebih murah, bayarnya bisa belakangan. Tidak seperti situs sebelah (yang pernah mengecewakan saya) yang bayar full di depan, di AsiaRooms.com bayarnya ke hotel pas check out, jadi kita nggak rugi nilai tukar mata uang.

MiCasa All Suite Hotel

Dari sekian banyak pilihan hotel KL di AsiaRooms.com itu akhirnya saya pilih MiCasa All Suite Hotel. Karena kebiasaan berbahasa Spanyol belakangan ini, nama hotel ini langsung ketangkep. “Mi casa” artinya “rumahku”. Dengernya aja langsung adem. Kedua, lokasinya strategis banget di pusat kota. Dekat dengan Twin Tower dan apartemen abang saya, jadi nggak ngerepotin orang kalau mau ke mana-mana karena tinggal nyebrang dan jalan kaki sendiri. Ketiga, kamarnya model studio, jadi kalau keponakan-keponakan main, bisa lega.

Kamar di MiCasa

MiCasa ternyata kamarnya gede banget! Pantes semua kamar di hotel ini disebut Suite. Ada meja kerja, ada dapur lengkap dengan peralatan yang lengkap dan canggih, ada “ruang” nonton TV dengan sofa nyaman, plus kamar mandi luas. Benar-benar melebihi ekspektasi untuk sebuah kamar hotel. Lumayan banget untuk tidur sambil menyesuaikan jam biologis akibat jet lag. Sarapan prasmanan di Tapas Bistro juga ikut memperbaiki gizi saya karena makanannya banyak, bervariasi dan enak! Sayangnya saya tidak sempat merasakan kolam renang dengan air laut dan gym-nya.

Hari terakhir, saya dijemput oleh kru TV3 karena saya diundang syuting live acara Malaysia Hari Ini. Studionya berlokasi di Petaling Jaya. Mirip dengan studio-studio TV di Indonesia, hanya saja di sana jumlah krunya jauh lebih sedikit. Saya langsung disuruh ke ruang make up untuk dirias oleh seorang cowok jutek yang hanya 3 kata keluar dari mulutnya, “Duduk! Sandar! Pejam mata!” Oke deh. Saya sempat panik karena talk show ini dalam bahasa Malaysia. Jadi saya di-training sama host-nya  untuk ngomong santai aja tapi tidak mengucapkan kata-kata “jorok” dalam bahasa Malaysia, yaitu: butuh, burit, gampang. Artinya apa? Ah, sudahlah. Hehe!

Setelah syuting, saya dibawa ke kantornya Pak @johan_djaffar. Beliau adalah pembaca setia buku-buku saya, kami sering berhubungan via email dan twitter. Sungguh saya tidak tahu siapa dia sampai saya sadar bahwa saya berada di ruangan kerjanya yang superluas di kantor pusat Media Prima Group, pemilik sejumlah stasiun TV, media cetak, radio, dan lain-lain. Saya pun bertanya sama anak buahnya tentang siapa dia. Jawabnya, “Datuk is the Chairman!” What? Udah Datuk, pimpinan utama grup media besar pula! Bisa dikatakan dia Hary Tanoe-nya Malaysia. Bedanya, Bapak eh Datuk ini ganteng, pintar dan sangat humble! Wah, kalau di Indonesia saya nggak dianggep sama penguasa atas, di Malaysia saya jadi bintang gini.

Koran Malaysia

Lalu saya diwawancara bergantian oleh jurnalis dari koran New Strait Times dan Berita Harian. Kedua jurnalis itu ibu-ibu berjilbab yang sangat kekeuh bertanya umur saya berapa. Saya juga diminta untuk photo session di studio koran. Masuk ke kantornya, bagus banget! Maaf, lebih bagus daripada kantor-kantor koran yang pernah saya datangi di Indonesia. Penampakannya persis seperti kantor swasta di bilangan Sudirman!

Malamnya saya diundang Datuk makan di rumahnya. Awalnya saya menolak karena saya kan sama abang saya. Katanya, “Bring them along!” Saya jawab, “Aduh, keponakan saya ada 5 orang loh, makannya banyak banget mereka!” Jawabnya, “No issue.We used to cater for 1,000!” Jadilah saya bersama rombongan sirkus datang. Datin (istri Datuk) memasak Asam Pedas yang enak banget. Datuk pun sengaja meng-hire tukang bakso dari Jawa yang jago banget bikin bakso enak, lengkap dengan bakso tenis, bakso kecil dan tetelannya!

Sebelum pulang saya bertanya kepada Datuk mengapa dia “ngotot” mempromosikan saya. Katanya, “Saya ingin kamu menginspirasi anak-anak muda Malaysia supaya traveling juga. Kita tahu banyak sekali manfaat dari traveling. Tapi mereka itu sekarang malas-malas semua! Payah!”

Nah!

83 Comments

  • Rahohk Narutama
    October 31, 2013 3:31 pm

    Wuiih keren pokoknya dah! Setahun jadi gelandangan keren.
    Trus sekali nulis orang-orang ‘atas’ Indonesia kena tonjok semua sama mbak T….. haha salut untuk petualangannya!! 😎 Ohya ntar kalo ada waktu silakan mbak T sama mbak Yasmin mampir ke Banyuwangi, aku bakal traktir makan rujak soto ….. !!!
    Misteri: umurnya mbak T sama fotonya mbak Yasmin ….. 😐

  • alex soewondo
    November 1, 2013 11:30 am

    like this mbak…

  • rita
    November 1, 2013 12:05 pm

    Saya ikutan bangga mbak… Mb trinity sgt menginspirasi sy, skrg sy jg sdh mulai traveling

  • niee
    November 3, 2013 2:58 pm

    cita-citanya itu loh si datuk, keren!

    Dan aku juga ingin memperkenalkan anak ntar di dunia traveling sejak dini. Sudah cukuplah emaknya aja yang gak dibolehin kemana-mana sama ortunya, anaknya harus jalan jauh! 😀

  • rika
    November 4, 2013 10:29 pm

    widiiihh.. salut buat kak Trinity, makin beken sekarang yaa.. sukses terus,, envy bgt kaak 😀

  • @yanmaro4rmando
    November 5, 2013 1:30 pm

    butuh: penis, burit: bokong, gampang: murahan?
    naked=nekad… haha.. bravo kk TNT!

  • tya
    November 5, 2013 10:37 pm

    waah.. keren, mantab dah. btw kak, tanya dong situs sebelah yg mengecewakan itu apa ya? ag*da? soalnya saya baru aja booking pake situs itu. jd hawatir. hehe..

  • Arinda
    November 6, 2013 11:39 am

    So proud, semoga nanti makin banyak anak Indonesia yang bisa ngikutin jejak mbak T 🙂

  • idos
    November 6, 2013 2:54 pm

    ketinggalan aku. Baru baca. Biasa, tetap “maknyus” laporan mba TNT….

  • icamarshal
    November 6, 2013 8:29 pm

    ternyata anak muda malaysia ga suka traveling ya, padahal di indonesia anak mudanya lagi getol traveling hehehe..

  • anonymous
    November 7, 2013 11:07 am

    if i were you, i would absolutely change my nationality to malaysian. Sell yourself to the highest bidder!

  • Beatrix
    November 7, 2013 2:58 pm

    Waah mbak trinity hebat banget… semoga makin sukses ke depannya. Mbak, duo hippo dinamis bakal ada jilid 2-nya nggak?

  • Merry
    November 7, 2013 3:17 pm

    negara lain kadang memang lebih menghargai org2 Indonesia yg berhasil yg justru dipandang sebelah mata oleh Indonesia sendiri.
    Semangat y Mb Trinity!!! Trs berkarya & sukses selalu!!
    God Bless 🙂

  • ReSharyna
    November 7, 2013 7:54 pm

    Semangat mbaa.. Mba juga yang menginspirasi saya untuk Facebook.com/IndonesiaBestPlaces dan facebook.com/Love1ndonesia tapi teteeeepp pengennya bisa juga jalan-jalan ke luar negri kaya mba.. Doakan yaah mbaa.. Amiiiiin..

  • Erlyne
    November 8, 2013 10:19 am

    I’am so proud of you, Trinity 🙂

  • Rijal
    November 8, 2013 2:58 pm

    Hahaha di artikelnya ada ‘Nekad Trinity’
    by the way, keren banget hotelnya sayangnya mbak yasmin balik dulu ke Jakarta, kan bisa maen perang bantal sama mbak trinity di kamar hotel itu

  • valve supplier
    November 9, 2013 2:34 pm

    Wah seneng banget ya mbak terkenal di malaysia…malah di negeri sendiri ngak dihargai… sukses selalu ya

  • Yanni
    November 10, 2013 8:58 pm

    I’m so proud of you Mba. saya salah satu org yg terinspirasi dari buku-buku mba Trinity 😀 terus berkarya dan terus menginspirasi..:)

  • vina
    November 13, 2013 7:43 am

    mbak trinity….
    i love u…
    u r my inspiration

  • Em
    November 17, 2013 1:40 pm

    Mbak Trinityy nulis post baru lagi dong :3 inspiring banget. Btw, saran aja nih, Mbak. Kali aja one day Mb Trinity bisa bikin app untuk android dan apple? isi app nya seputar travel! Asik banget tuh, Mb. Jangkauan inspirasi nya bisa lebih dan lebih lagi 😀 salam kami, Emil & Katerin.

  • laenelson
    November 17, 2013 9:50 pm

    Tanggal 30 November besok, Mbak Trinity ngisi acara loh di Seminar Travel Note 2013 di Auditorium FIB UGM. Info lebih lanjut http://himapafibugm.blogspot.com/2013/11/next-event-seminar-travel-note-2013.html (mampir-mampir ya)

  • Fico
    November 21, 2013 11:28 am

    Sukses buat Mbak Trinity!! sekali lagi buat kita semua traveler Indonesia bangga :p heheh bukan cuma jadi sumber inspirasi traveler lokal tapi juga Internasional–cihuuyy!! hehehe tetep senyam senyum baca postingan di bagian bahasa sensor sebelum interviewnya haha!

    Fico
    http://www.backpacker-girls.com/

  • nanditosilaen
    December 11, 2013 4:26 pm

    banyak hal yang saya pelajarin dari cerita diatas. termikasih ceritanya 🙂

  • lena
    December 18, 2013 1:36 pm

    i like this story. you should do more of these type stories. kadang orang indonesia memang aneh, yg diagungagungkan tukang santet dan makelar proyek. banyak orang2 indonesia yg mendapat respect di luar negeri, malah di sini dianggep antek asing. gak jelas banget, sometimes i feel like a foreigner in my own country.

  • mia
    December 28, 2013 6:13 pm

    mbaaa…walau aku dah beranak (dah gak muda lagee…)tapi emang dirimu amat sangat menginspirasi.. aku slalu baca kisah2mu mba… dulu waktu muda aku jalannya ke air terjun, sungai, gunung… menjelajah kota2 di jawa… dan pas udah berumur baru memulai ke arah luar walau baru asia tenggara saja…tapi aku sueneeeeng banget! keberanian itu juga berkat baca tulisan2 mba trinity. Dan kini anakku mulai tertular, katanya: mam aku mau ke NTB… kan mau seperti mami yang suka keliling jadi banyak cerita, wah… dari tulisan2mu menginspirasi aku lalu anakkupun jadi berani traveling… makasih

  • Lia
    December 30, 2013 1:20 pm

    Nice experience mbak T!
    Saya punya beberapa teman di KL yg hobi jalan2 bahkan bolak balik ke Bandung dan Bali, juga waktu jalan2 ke Seoul disana banyaak banget ketemu traveller dr Malaysia, terutama di Nami Island. Mungkin stereotype bhw pemuda Malaysia “malas” travelling berlaku utk kalangan tertentu saja..just mytwocents

  • Anonymous
    January 6, 2014 1:45 pm

    Kereeeeeennn…..

  • Rafi
    January 9, 2014 5:20 pm

    What a great story mbak Trinity. Jadi menginspirasi sayah untuk segera Go Out jalan jalan. Hehehe

  • Dyah
    January 24, 2014 11:19 am

    Mbak trinity hebat ^^ semoga selalu menjadi inspirasi semua orang untuk traveling juga..

  • sharulnizam
    March 4, 2014 8:26 am

    Tahniah Cik Puan Trinity. Sayang sekali saya terlepas peluang menonton siaran temuramah cik puan.

    Cuma ingin memberi pandangan. Anak muda di Malaysia ramai yang mengembara. Cuma tidak dibukukan, malahan jumlahnya agak sedikit yang berkongsi di blog (internet). Ini kalau diteliti, mungkin berpunca dari budaya membaca itu sendiri. Secara purata (kajian yang dijalankan beberapa tahun sebelum ini), rakyat Malaysia hanya membaca 2/3 buah buku setahun. Sedih. Dan kalau dilihat pula genre buku yang diterbitkan (dan mendapat sambutan), lebih menjurus kepada novel-novel cinta. Berkaitan travelling, boleh dikira!

    Saya sendiri sudah mula beralih kepada buku-buku terbitan Indonesia. Koleksi buku Andrea Hirata (Laskar Pelangi), Ahmad Fuadi (Negara 5 Menara), Selimut Debu (Pak Agus) dna sudah tentu 4 buku The Naked Traveller, sudah ada di rak buku saya. 🙂

    Teruskan berkarya cik puan, teruskan menginspirasi.

  • Fanda
    August 13, 2014 12:38 pm

    baca tulisannya mbak Trinity jd pengen banget bwt jalan2..
    keren bingit kl kata anak2 muda jaman skrg 😀

  • salima aqiqah
    December 20, 2015 8:37 am

    kadang ngenes juga yah
    karya anak negeri jauh diperhitungkan di negeri orang daripada menjadi raja di rumah sendiri

Leave a Reply

Leave a Reply