[Adv] Tanjung Lesung, pantai terbaik di Pulau Jawa

Beach Club @ Tanjung Lesung

Saya suka bingung kalau ditanya teman-teman bule apakah saya tinggal dekat pantai mengingat Indonesia adalah negara kepulauan. Ya dekat sih, satu jam juga nyampe.. tapi kan… you know deh pantai di Jakarta! Ngeliatnya aja udah males. Padahal dulu waktu masih kecil saya suka berenang di pantai Ancol. Kalau sekarang, mana mau?

Sebagai orang yang hobinya berenang di laut, saya memang niat pergi ke pantai-pantai indah di seluruh dunia. Menurut saya, pantai terbagus di Jawa adalah Kepulauan Seribu, Karimun Jawa dan Sempu – tapi semuanya bukan berada di Pulau Jawa, artinya harus naik kapal lagi. Lantas, pantai apa yang terbaik di Pulau Jawa? Pantai di utara Pulau Jawa tidak ada yang bagus menurut ukuran saya. Pantai di selatan Pulau Jawa bagus hanya untuk dipandang tapi tidak nikmat untuk diberenangi – kalo nggak berkarang, ombaknya gede.

Dari hasil browsing, katanya pantai terbaik di Pulau Jawa dan terdekat dari Jakarta ada di Tanjung Lesung, sebuah kawasan seluas 1500 hektar di ujung barat Pulau Jawa yang baru saja diakuisisi oleh PT Jababeka Tbk. Tanjung Lesung terletak di propinsi Banten, sekitar 3 jam naik mobil dari Jakarta atau 30 menit dari Carita. Saya pun mengajak teman-teman travel blogger handal: Rini, Mumun, Veny, Harris dan Barry. Meski bulan puasa, tidak menghalangi niat kami untuk traveling!

Kalicaa Villa

Karena pas berenam orang, kami menginap di Kalicaa Villa (bacanya: kali-ca-a) ambil villa tipe “Bora-Bora 3” yang berisi 3 kamar tidur, 3 kamar mandi, ruang duduk, ruang makan, dapur, dan yang terpenting… ada private pool! Weits, udah kebayang 3 hari ini akan gokil, apalagi bersama temen-temen yang gokil! Untungnya lagi, villa ini ada kamar supir dan kamar mandinya dengan bangunan yang terpisah dengan villa utama.

Siang nyampe Tanjung Lesung, yang tidak puasa langsung makan di Club Villa. Dasar travel blogger sejati, meski puasa mereka keukeuh nyewa sepeda untuk berkeliling! Kawasan ini memang cocok sih untuk berkegiatan outdoor karena masih alami , asri dan sepi. Tapi saya yang pemalas tentu memilih langsung ke Beach Club dan berenang di laut. Nggak nyangka, ada pantai sebagus ini di Pulau Jawa! Pasirnya putih, airnya biru dan tenang.

Jam 5 sore, kami pindah ke Bodur Beach untuk melihat sunset. Sekali lagi saya terpana, ada pantai pasir putih yang bagus begini di Pulau Jawa! Byurr, kami pun berenang dari mulai terang sampai gelap, sambil melihat matahari tenggelam tepat di garis horison laut di depan mata! Jarang-jarang lho bisa berenang sambil memandang sunset begini, terakhir saya melakukannya di Raja Ampat.

Itulah enaknya jalan sama geng travel blogger, sama-sama nggak takut item dan pada jago berenang! Belum puas nyebur di laut, kami masih melanjutkan nyebur di kolam renang villa – kulit kami sampe kisut kelamaan di dalam air! Malam harinya kami barbecue di villa dengan menu ikan, udang dan cumi. Lanjut lagi ngobrol sampe larut malam, ngegosipin pelaku dunia maya. Hehe!

 

Peucang

Keesokan harinya, kami menyewa speed boat untuk island hopping. Ternyata cuaca sedang berangin sehingga ombak lumayan membuat kami teruncal-uncal di tempat duduk dan kuyup kecipratan air laut. 2,5 jam kemudian kami mendarat di Pulau Peucang yang masuk ke dalam Taman Nasional Ujung Kulon. Taman ini termasuk 1 dari 8 situs Indonesia yang terdaftar di UNESCO World Heritage lho! Saya sudah pernah ke Peucang sebelumnya dan menurut saya Peucang memiliki pantai terbaik di Indonesia. Teman-teman saya pergi trekking ke Karang Copong, saya memilih untuk leyeh-leyeh di pantai dan berenang di laut sendirian – secara saya konsisten banget sama hobi. Pulangnya kami mampir ke Cimayang untuk snorkeling.

Bodur Beach

Hari terakhir, kami berencana naik speed boat ke Krakatau, tapi jam 6 pagi tukang kapal memberi tahu bahwa cuaca sedang buruk. Tidak kecewa, kami semua segera ke Beach Club untuk snorkeling. Rupanya di pagi hari, air lautnya sedang pasang sehingga cukup dalam untuk berenang. Terumbu karang dan ikannya pun lumayan bagus dan banyak, salut kepada Tanjung Lesung yang membuat program penanaman terumbu karang. Kami pindah lagi berenang di Bodur Beach yang ternyata airnya lebih tenang di pagi hari. Ya ampun, nikmat dan segernya berenang di laut! Bener deh, Tanjung Lesung memiliki pantai terbaik di Pulau Jawa!


Note: Semua foto diambil dengan menggunakan handphone Samsung S3. Keren ya hasilnya!

71 Comments

  • Eko
    January 13, 2013 4:15 pm

    Di jawa timur banyak koq pantai indah,di banyuwangi ada plengkung dan teluk ijo,jember ada papuma dan pulau nusa barong,di pacitan juga ada..sayang pemerintah daerahnya aja yg kurang perhatian.

  • rotyyu
    January 20, 2013 7:34 am

    Pantai di selatan Pulau Jawa jelas saja ombaknya ganas dan tidak cocok untuk berenang 😀

  • rachma olive
    January 30, 2013 10:21 pm

    Nggak cma di tanjung lesung,di bnten jga ada loh pantai yg bgus bget…terletak di kec.bayah pantai sawarna paling the best…..

  • Nanamorina
    February 6, 2013 6:40 pm

    Hallo rotyyu, saya pernah loh ke pantai selatan Pulau Jawa yang nggak ada ombaknya. Cocok banget buat berenang malah, namanya Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu http://www.nanamorina.com/2013/02/eksotisme-laguna-segara-anakan-di-pulau.html hihihi.

  • ummu
    February 9, 2013 12:20 pm

    Mba, kpn2 mampir ke deretan pantai d gunung kidul, jogja. Penampakanya kayak gni. Pasir putih dan masi perawan. Cb ke pok tunggal, drini, wediombo, indrayanti.. Ga rugi deh, murah meriah pulak

  • tile
    February 9, 2013 11:37 pm

    luar biasa bos …
    saya pasti meluncur …

  • Trackback: Berkat “Hanapi” | --Sentosa Selamanya--
  • Julino
    February 17, 2013 3:22 pm

    Mbak Trinity terima kasih tulisannya. Berkat tulisan ini saya pergi ke Tanjung Lesung. Berikut kisah saya disana http://julinosentosaselamanya.wordpress.com/2013/02/17/berkat-hanapi/

  • Arinote
    May 9, 2013 6:45 pm

    menurut saya jawa timur banyak memiliki pantai yang indah, tapi emang sih ombaknya yang gede..

    http://ari-note.blogspot.com/2013/04/pacitan-little-heaven-in-east-java.html

  • Anonymous
    July 17, 2013 7:07 am

    Waaaaaw!!!
    Keren ya pantai’a….. 😀

  • Catherine Emilia
    July 20, 2013 1:11 am

    Ini diaa, next destination!

  • Rental Mobil Yogyakarta
    July 22, 2013 11:15 am

    Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT,
    SUKSES SELALU.

    Dari:
    Alif Group (Car’ n Motor cycle Rental)
    http://rentalmobilyogyakarta.blogdetik.com/
    0274 – 6959 520 (Flexi), 0274 – 743 4961 (Flexi), 0878 6053 4593 (XL)

  • Vidya
    September 27, 2013 12:20 pm

    hai, bagus banget pulau dan villanyaa, serasa dibali. boleh minta CP org speedboatnya yg buat ke peucang gak? saya mau liburan sama teman-teman cuma masih belum pernah kesana. karena masih mahasiswa jadi harus list harga bener2 deh. hehe. antara pulau peucang sama ujung genteng. kira2 better an yang mana ya?

    thank you.

  • marissa
    November 5, 2013 1:16 pm

    dekat dari rumah tapi belum pernah kesini. ternyata bagus, harus nyicipin nih bulan depan!

  • hera
    January 3, 2014 10:02 am

    kebetulan nih saya mau menuju kesana besok sabtu tp masalahnya homestaynya saya belom dpt, karna brgkt dr sini sore sampai ke sana malam,dan bawa ibu hamil gk bisa deh ala bagpackeran gitu.. mba mas yg udah kesana minta info homestaynya dong ^^ please bgd…

  • Villa Istana Bunga
    January 5, 2014 10:19 pm

    Pantainya sepi banget………banyak pengunjung ga gan>>>>sama masuknya bayar berapa?

  • Anonymous
    May 6, 2014 5:21 pm

    Rekomendasi travel yg memfasilitasi perjalanan k tanjung lesung dong…

  • ikhsan
    May 31, 2014 9:09 pm

    mantap. saya ingin kena, tapi kapan ya…..
    yaudah sabar aja dulu ya.
    kunjungi balik kami di berwisata di sumatra barat ya.
    terima kasih

  • Pingback: 2011 couples mbt karani black
  • salima aqiqah
    December 20, 2015 8:45 am

    indonessia memang menakjubkan

  • karimun jawa
    October 7, 2016 3:15 am

    bening ya min pantainya, tapi kok sepi gitu sih? aman gak itu kalau ada apa2.

Leave a Reply

Leave a Reply