Anak kuliah juga bisa jalan-jalan!

saya, anak kuliah yg jalan2 ke Amsterdam

Pembaca dan follower twitter saya yang anak kuliahan banyak yang bilang “nggak bisa jalan-jalan”. Alasan terbesarnya adalah karena mengaku nggak ada duit. Padahal saya yakin sebagian dari mereka punya smart phone dan komputer jenis terbaru, yang lebih keren daripada punya saya sekarang. Nggak dapet izin dari orang tua untuk jalan-jalan? Ya, kamu sih mau jalan-jalan tapi duitnya minta ortu. Coba deh kalo duitnya nggak minta ortu, 90% pasti mereka kasih izin. Lah, 10% nggak ngasih izin kenapa? Silakan introspeksi diri, mungkin kamu nilainya jeblok atau kelakuannya tidak baik di mata ortumu.

Percaya nggak, dulu waktu kuliah di Universitas Diponegoro Semarang, saya bisa backpacking ke Eropa hasil keringat sendiri! Well, dulu memang dolar tidak semahal sekarang. Tapi dulu juga nggak ada hape, internet, apalagi budget airlines. Jadi, kalau saya bisa, kenapa kamu nggak bisa?

Pada dasarnya, kalau bicara “dari mana anak kuliah punya duit untuk jalan-jalan” itu ngitungnya gampang. Duit untuk jalan-jalan adalah pos pengeluaran yang diambil dari “keuntungan”. Formulanya adalah: keuntungan = pemasukan yang lebih besar daripada pengeluaran. Jadi kalau mau jalan-jalan, perbesar pemasukan dan perkecil pengeluaran!

Berdasarkan pengalaman pribadi, ini saya kasih tau cara-caranya agar anak kuliah tetap bisa jalan-jalan:

[1] Pilih kuliah di luar kota, atau di kota yang tidak sama dengan orang tuamu. Dengan tinggal jauh, kita lebih bebas! Tapi inget, bebas itu harus bertanggung jawab. Artinya, belajar yang bener dan kelakuan yang bener. Saat berkomunikasi dengan ortu via telepon, jangan pernah mengeluh atas apapun atau menceritakan hal-hal yang buruk, seperti “mama, kemarin aku diare karena makan di warung”. Alhasil, ortu akan semakin kuatir dan malah menganggap kamu tidak dewasa. Ujung-ujungnya mereka akan berpikir, “Mengurus diri aja nggak becus, apalagi mau jalan-jalan!”

[2] Pilih universitas di Pulau Jawa, kecuali Jakarta. Kenapa? Karena biaya hidupnya relatif lebih murah. Dengan menekan biaya kos dan makan, tabungan akan semakin besar. Kalau bisa juga, pilih masuk universitas negeri jalur PMDK atau SMPTN. Dengan SPP termurah dibanding jalur lain, mudah-mudahan ortu akan memberikan uang saku lebih.

[3] Cari kerja sampingan. Bisa apa aja, asal halal. Dulu saya kerja di restoran siap saji, jadi sales di hotel, jadi fotografer, jadi penulis, mengajar bahasa Indonesia untuk orang asing, mengajar berenang, jaga pameran (dulu bodi saya masih langsing loh!), jualan barang, dan lain-lain. Nggak usah dipikir kecil duitnya dibanding usahanya, tapi dapetin pengalaman dulu deh. Sekali udah ada pengalaman, melamar pekerjaan sampingan lain itu jadi lebih mudah. Dan pada akhirnya, pas lulus kuliah, kamu sudah punya pengalaman kerja berentet yang bisa menghias CV. Jangan malu kalau tempat kerjanya nggak terkenal, perusahaan itu akan melihat usahamu kok. Keuntungan lain, kalau ketemu teman ortu pas saya lagi kerja, suka dikasih uang tip.. karena kasihan!

[4] Berani menghargai karyamu. Kalau kamu punya keahlian khusus seperti fotografi atau pekerjaan lainnya, berani lah meminta bayaran meski dari teman sendiri. Tapi kamu harus tahu diri juga, pekerjaanmu harus bagus sehingga orang akan mau menghargainya. Awalnya bisa kasih gratis sebagai perkenalan, tapi selanjutnya minta bayaran – sekecil apapun itu, atau bisa barter dengan hal lain. Contohnya, dulu saya jago memotong rambut (duh, hebat bener sih saya) tapi paling malas cuci sprei. Lalu saya barter dengan pembantu ibu kos, saya memotong rambutnya dengan upah sprei saya dicuciin.

[5] Pangkas pengeluaran. Ngopi di kafe, nonton bioskop, belanja (baju, tas, sepatu, aksesoris), ke disko, makan di restoran, adalah sebagian dari pengeluaran yang sebenarnya bisa dipangkas. Sekali-kali sih nggak apa-apa, tapi kalau terlalu sering bisa bahaya. Coba hitung berapa Rupiah yang bisa dihemat kalau tidak ke kafe dalam sebulan? Alasan “kan kita harus bersenang-senang karena stres kuliah” itu mengada-ada. Tidak setiap hari kamu stres dan stres itu bisa dialihkan dengan hal lain yang lebih murah, misalnya main bola, tidur, atau membaca. Ini masalah mindset aja sih. Kalau kita bisa enjoy melakukan hal-hal yang sederhana, pada akhirnya enjoy juga kok.

[6] Menabung yang rajin. Catat lah setiap pengeluaran dan pemasukan. Dengan demikian kamu tahu pos mana yang harus ditambah atau dikurangi. Kamu juga wajib punya rekening di bank apapun. Kartu ATM sebaiknya tidak ditaro di dalam dompet dan dibawa ke mana-mana, karena kecenderungannya duit pengen diambil dan dihabiskan. Nggak usah gaya-gayaan punya kartu kredit deh karena pasti kartu tambahan dari ortu sehingga kamu makin tidak mandiri, apalagi dipercaya jalan-jalan. Setiap ada pemasukan, langsung masukkan ke bank dan minimalisasi pegang cash.

[5] Mengatur waktu. Kuliah di kita sebagian besar jadwalnya tidak padat. Per kelas mata kuliah paling cuma 1,5 jam, lalu tiap hari maksimal paling ada 3 kelas. Malah seringnya satu kelas per hari. Sungguh tidak maksimal bukan? Terus sisanya ngapain? Ya bekerja, cari duit! Belajar dan mengerjakan tugas tetap masih ada waktu lowongnya. Tidur bisa kapan aja. Gaul, tiap hari juga ketemu teman di kampus. Merasa nggak ada waktu? Kalau udah niat, semuanya ada jalannya! Buktinya selain kuliah sambil kerja, saya aktif di organisasi kampus, ikut ekstra kurikuler klub fotografi dan softball, tapi masih sempat gaul ke sana ke mari, bahkan jalan-jalan – lalu termasuk lulusan tercepat dengan nilai IPK yang lumayan. Dipikir-pikir gila juga sih. Tapi secara anak kuliahan, kita masih muda dan badan masih kuat. Penyakitpun paling pusing, flu dan diare. Jadi selama mampu, mengapa tidak?

[6] Rencanakan perjalanan. Dulu saya selalu memilih kelas pada hari Senin sampai Kamis, atau Selasa sampai Jumat. Satu hari ditambah Sabtu-Minggu cukup banget untuk jalan-jalan ke luar kota. Nggak usah ambisius ke luar negeri, Indonesia juga patut dikunjungi. Caranya gimana? Googling! Kalau masih kere juga, ikutlah teman yang pulang kampung lalu menginap di rumahnya. Dengan demikian kamu nggak usah keluar biaya penginapan, sukur-sukur ditanggung makan tiga kali sehari yang kemungkinan besar tuan rumah akan ngasih. Untungnya dulu saya punya teman yang rumahnya di Yogya, Salatiga, Dieng, bahkan persis di depan candi Prambanan.

Berat? Pastinya! Kuliah itu tetap nomor satu, tapi jalan-jalan juga wajib. Percaya lah, LIBURAN terbanyak seumur hidup kita adalah pas kuliah! Bayangkan kalau udah kerja.. duit ada, tapi nggak ada waktu. Kecuali kamu jadi kayak saya sekarang, yang kerjanya jadi tukang jalan-jalan. Ya ya, saya tahu kamu sirik kan? 🙂

91 Comments

  • odink
    September 29, 2011 3:54 am

    Untung pas kuliah saya termasuk yang suka ngebolang. jadi agak cuek-cuek aja pas baca kalimat “LIBURAN terbanyak seumur hidup kita adalah pas kuliah!” hehehe. nice tips mba.

  • Anonymous
    September 29, 2011 4:16 am

    Mbak kalau anak kuliah pas ngurus visa,surat keterangan dari asal tempat kerja bagaimana?

  • dita
    September 29, 2011 4:16 am

    Mbak kalau anak kuliah pas ngurus visa,surat keterangan dari asal tempat kerja bagaimana?

  • odonk
    September 29, 2011 4:23 am

    itu foto waktu mbak masih “langsing” yh ?

  • Alid Abdul
    September 29, 2011 5:05 am

    tuh kan, tidak ada kata ‘saya tidak punya uang” “saya tidak punya waktu” alasan klise, gue pikir mereka aja gak bisa bagi waktu

  • dita
    September 29, 2011 6:11 am

    Sebagai maba, tertohok sekali membaca ini 😐

  • ita
    September 29, 2011 7:50 am

    setuju banget mbak.memang jaman kuliah kesempatan buat jalan2 tuh besar banget.
    udah menjelajah beberapa kota secara gratis karna ikutan uk paduan suara.jadi PS diundang kesana kesini atau ikut festival disana sini,itu artinya jalan2 gratis:D
    yg paling mantab,iseng ikutan mawapres,eh juara,eh dapet hadiah jalan2 ke jepang:D
    malah adik2 paduan suara yg sekarang udah jalan2 ke korea dan bersiap ke itali.
    makanya masa kuliah tuh bener2 kudu dinikmati.jangan cuma asyik pamer gadjet,pamer pacar mulu,atau asik demo*cape deee*

  • Adie Riyanto
    September 29, 2011 8:22 am

    hahaha emang Jakarta ini biaya hidupnya mahal bener. Dulu waktu masih kuliah, meski udah nyambi kerja (ngajar privat), kuliah udah gratis pula, tapi tetep aja kere. Jangankan mau jalan-jalan, nonton di bioskop, atau ngupi2 di kafe, makan sehari aja dipatok gak boleh lebih dari 8000 (tahun 2007) supaya bisa beli susu, cemilan, bayar kos, dan beli buku (yang buanyak banget, ups), nista banget deh klo inget waktu itu. Saya baru leluasa jalan-jalan justru saat udah kerja, udah punya pemasukan sendiri, gak perlu ‘nodong’ ortu (lagi), jadi gak ada yang protes. Gara-gara sering baca blog perjalanan, saya jadi terinspirasi untuk menuliskan pengalaman saya di http://kisahhantulaut.blogspot.com/. Mampir ya. hehehe 😉

  • astrid
    September 29, 2011 8:43 am

    Stujuu..kuliah emang saatnya jalan-jalan dan tanpa beban! Kalaupun ngga kerja sambilan,ikut organisasi di kampus juga bawa gue ke jepang dan negara tetangga,beserta kota2 di Indonesia lainnya gratis 🙂

  • fiera
    September 29, 2011 1:10 pm

    wow… barter potong rambut dengan cuci sprei… sampe sependek apa thu si mba kalo cuci sprei-nya 2minggu skali.. hahaha… 😀

  • TUKANG CoLoNG
    September 29, 2011 2:29 pm

    akan saya coba dari sekarang..ga cuma di bangku kuliah..di kerja pun seperti itu kan 🙂

  • kamoe
    September 29, 2011 3:04 pm

    bener banget mbak tipsnya. saya anak kuliahan yang hobi jalan2. yah, walopun belum sehebat mbak bisa sampe keluar negeri minimal saya pernah jalan2 dengan biaya tabungan dan hasil kerja sendiri. mau minta izin ke ortu juga jadi lebih enak 😛

  • Yurina Martin
    September 29, 2011 3:08 pm

    So happy that I did it :D. Hampir semuanya udah aku lakuin supaya bisa melakukan trip Eropa. Cuma dulu pas kuliahnya udah selesai jadi keliling2nya bisa lama :D. Again, nice post mba 🙂

  • Adi
    September 29, 2011 3:09 pm

    wah, jadi inget pas dulu kuliah… temen2 berlomba2 beli hp kamera yg mahal en dugem ane tetep aja bawa hp jadul yg penting bisa jalan2 keluar negeri.. hiya….

  • phetot
    September 29, 2011 3:12 pm

    gak demen kata2 terakhirnya IYE GW SIRIK BAHHHHHHHH

  • Aiuemocha
    September 29, 2011 3:12 pm

    All that she said above definitely true! Saya anak rantau, sekolah tidak di indonesia dan masih kuliah semester 3. Tapi saya sudah bisa jalan2 keliling asia (at least) pake uang saya sendiri. Dan tidak jarang teman atau kerabat saya menjadikan saya sebagai tour guide mereka. Malah saya lebih suka kerja part time disini kalo libur semester daripada pulang ke rumah 🙂 alesannya sederhana, pengalaman, waktu dan uang saya terbatas kalo di hometown hehehe
    Yang masih kuliah, jangan takut buat jalan2. Yang penting niat dan semangat buat merealisasikannya 😉

  • Trackback: The Naked Traveler » Blog Archive » Anak kuliah juga bisa jalan … | Pusat Informasi Lowongan Kerja
  • Laily
    September 29, 2011 3:33 pm

    Holoh, coba kalo dulu pas saya kuliah mbak T udah nulis ini. Iya ya, diitung2 honor dari ngajar privat anak sekolah saja untuk 1,5 jam X 5 hari, kalau ditabung selama setahun, udah lebih-lebih buat keliling Asia Tenggara.

  • nyoman suparta
    September 29, 2011 3:36 pm

    Yang dibilang mbak T benar juga ya, tapi saya perasaan dulu lebih kere deh mbak. Kuliah full sampe jumat,mau kerja juga susah.tapi emang bener,kuliah di jawa jauh lbih murah dibanding jkt.tambahin satu lagi mbak, biaya kuliah dan hidup di bali juga mengekor jkt. Tapi emang bener juga sih, kuliah adalah masa berlibur yang pualing buanyakkkk =)

  • Rika
    September 29, 2011 4:08 pm

    bener banget, udah kerja malah susah kelayapan kecuali dapet jatah dinas luar..

  • Marcel
    September 29, 2011 4:14 pm

    Mbak, kalau kuliahnya di luar negeri gimana mbak? Apalagi di negara yg pake mata uang sekelas dolar-euro-poundsterling? Walaupun udh kerja part time tapi kadang (sering) ga cukup….

  • teguh
    September 29, 2011 4:36 pm

    manteeebs……dulu waktu masih kul enak bener waktunya, tp duit terbatas….
    sekarang uda kerja yang ada waktunya yg terbatas……

    ngiri euuy….

  • niee
    September 29, 2011 4:40 pm

    Yak.bener banget mbak.T aku mikirnya kesempatan paling besar ya pas jaman kuliah.. apalagi dulu waktu sd-sma aku sama sekali gak pernah jalanjalan.. jadinya obsesi obsesi banget bisa jalan sewaktu kuliah..

    Bener kata mbak.. kalau jalannya uang kita sendiri ortu gak bisa ngelarang kita kok.. Aku sendiri dulu waktu kuliah berusaha dapet beasiswa plus kerja parttime jadi guru private..

  • neni
    September 29, 2011 4:54 pm

    Mbaaaaak, kamu memang keren :*

  • adila
    September 29, 2011 6:09 pm

    Superr sirik sama mba trinity yg pas kuliah bisa jalan2 . Pengenn bgt rasanyaa bisa ngebolang dn backpacker kesana kemari . Tpi justru hambatannya di jadwal kuliah senin-jumat stiap hri dari jam 8-4 , blum tugas2 yg numpuk *ini jdi curhat haha . Apalagi buat kerja sambilan jauh bgt dri kata ada waktu. But nice info mba :))

  • Nella
    September 29, 2011 10:14 pm

    apalagi kalau pas kuliah, jd ketua yg buat ngopiin materi kuliah dr dosen, atau hal2 kecil lain spt jualan pulsa, atau alat2 tulis buat temen2 kuliah, yg penting ada kemauan pasti “uang buat jalan2” mengalir deh 😉

  • yuri
    September 29, 2011 10:59 pm

    Dua jempol buat Mbak T…hebat tenan ihhhhh 🙂

  • Fadhil
    September 29, 2011 11:35 pm

    Betul! Masa kuliah memang masa terbaik buat kelayapan. Waktu yg banyak, badan yg kuat, dan yg penting KEBEBASAN. Bebas bagaimana kita mengusahakan dan menikmatinya. Kuliah emang nggak kudu ngampus doang! Ada “sesuatu” di luar sana yang mesti kita lihat, rasakan, resapi, dan hikmah.

  • ddtk
    September 30, 2011 2:35 am

    kalo aja ada waktu mbak buat jalan2 ke luar pas kuliah, pasti gw jabanin apapun caranya, ini kuliah gw menuntut gw harus belajar setiap hari,liburan cuma seiprittt………..hikssss

  • rocky
    September 30, 2011 3:11 am

    setuju banget, dulu pas kuliah semester 5 saya udah bisa jalan2 ke negara tetangga singapura, malaysia , thailand (phuket &bangkok) pake duit sendiri, dan pergi sendirian pula! ahahaha.. kalo ada kemauan pasti ada jalan, kalo ada jalan pasti ada tujuan… kalo ada tujuan harus ada tindakan untuk mencapainya

  • reza
    September 30, 2011 11:22 am

    tanya sekali lagi…tu foto bener waktu masih kurus ya?…he..he..

  • zanni
    September 30, 2011 2:38 pm

    BENAR-BENAR NASIHAT YG BAGUS! TOP MARKOTOP

  • ricodecoro
    September 30, 2011 8:11 pm

    SETUBUUUHHHHH…..Eh SETUJUUUUUUUUUUUUUUUU!!!!!!!!!!

  • Fika
    October 1, 2011 6:50 am

    Hehehe dulu saya gak sekeren mbak sampe ke Eropa.. cuma bisa travelnya paling jauh ke Palembang dan Jakarta..

    Dengan uang cuma Rp 60.000,- berangkat ke Jakarta dari Lampung dengan bis ekonomi, dengan modal tanya sana sini… berangkat tanggal 30 (akhir bulan) dengan harapan nyampe di Jakarta keesokan harinya udah dapat kiriman dari ortu! hahah

    Sampe nekad kalo gak dapat penginapan mo bobo di Istiqlal…
    Tapi semua pengalaman itu unforgetable… gak bakalan tergantikan susah senang dengan teman2..

    errhhh oh ya.. waktu itu sampe di Jakarta gue gak di kirimin duit sama nyokap berhubung hujan deras dan ATM rusak! gyaaahhh!!! dipinjamin temen duit dah!hahaha!

    Fika
    http://bacpakcer-girls.blogspot.com

  • debbie chan
    October 1, 2011 9:28 am

    Betul banget mbak 😉 kbtln aq yg lg kul d luar jg part time n alhamdulilah bsa nabung skaligus byr uang kuliah yg mahal. G ada slhny bgi wktu bwt kerja. Tp stau aq sistem kuliah d indo amburadul alias wktuny g jls. Beda bgt sama d luar yg jls n paling dua atw tiga x smggu. Kdg2 itu jg yg bkn ssh. Apalagi tugas yg byak. Mata kuliah yg byk.beda banget sama duar yg satu semester cma 4. Tapi ga ada slhny mencoba 😉 ada wktu n bsa bgi. Jgn sampai kulny trbngkalai y 😉

  • anyess
    October 1, 2011 12:39 pm

    Wahh,enaknya mbakkk,tpi sayang,saya anak FK,ga ada waktunya untuk jalan” huhuhuhu

  • raj
    October 2, 2011 2:24 am

    alhamdulillah. saya mulai termotivasi jalan2 sejak 2008. caranya? mewakili Indonesia di konferensi ato forum – forum internasional 🙂 sambil jalan juga nambah ilmu 🙂 plus gratis :)alhamdulillah di umur ke 21, sudah lebih dari 10 negara terkunjungi 🙂 so, kalau emang niat, there’s thousand ways to fulfill our need for traveling! 🙂 Jalan-jalan lah selagi muda 🙂

  • Dewi
    October 2, 2011 10:35 am

    SETUJU BANGET!

    saya baru pulang dari singapore sama temen-temen kuliah.
    uangnya saya kumpulin dr uang jajan sendiri, menabung 1 tahun demi pergi dan hemat sana sini

    🙂
    asal ada kemauan pasti ada jalan

  • Fia
    October 2, 2011 12:16 pm

    “Dulu bodi saya masih langsing loh” : iya percaya kan sdh dipameri tu foto
    “Duh hebat bener sih saya” : iya emg mb.T bener2 hebat
    “Ya ya saya tahu kalian pasti sirik” : iya emg gue sirik bangetttt

  • rara
    October 2, 2011 5:08 pm

    iya mbak saya taun dpn rencana ke UK dan 2 thn lg sm sahabat saya rencana mau ke Thailand dan skrg lg nabung. Saya hobi traveling mbak T, tapi baru percaya kalo traveling ke luar negri itu g mahal” bgt dan g membebani ortu stlh backpacking ke singapore hahaha. Tapi memang hrs prepare bgt dan jelas harus nabung

  • Soska
    October 2, 2011 11:38 pm

    nih yang mantap —> LIBURAN terbanyak seumur hidup kita adalah pas kuliah!

    jadi termotivasi terus tuk melihat dunia luar.,

  • Sinta
    October 3, 2011 12:18 pm

    nah ini,, mantabs.. kuliah di dalam kota, alias deket rumah juga kadag g leluasa buat jalan2,, tapi selama ada tabungan sendiri dan bisa ngerayu ortu buat ijin, that’s no problem.. :),, mari jalan2 kakak.. 😀

  • devi
    October 4, 2011 4:45 pm

    is that you on the pic? really really you? wow!:)

  • yuri
    October 5, 2011 7:37 am

    Enak bgt ya mbak, iya sirik 🙁
    saya udh tahun trakhr kuliah, jd menyesal ga lebih giat ngumpulin duit buat jalan2 stlh lulus.
    Susahnya jd mhsw yg kuliahnya punya jadwal praktikum bejibun mbak, pagi-siang siang-malam malam teler T__T

  • Esta
    October 5, 2011 10:57 pm

    eduuun lah… pengen pisan. tapi baru aja lulus kuliah. telat dong gw! hahahhhaaa.. tapi inspiratif bgt deh.. thanks mbak Trinity

  • awan21
    October 6, 2011 10:34 am

    mbak jago juga ya pengalaman,..
    Sekalian mo numpang promosi nich,yg mo beli alat2 canggih,senjata, blh tuh saya bntu,..email ja to YM tondy21.thanks,…

  • alink
    October 6, 2011 9:20 pm

    totally agreee!! wkt kuliah dulu, biyar bisa jln2 gratis, sering ikut proyek penelitian yg diadakan oleh fakultas or lembaga penelitian kampus. Jd slain dapat honor sbagai anggota tim, bisa jln2 gratis meskipun wktu itu masih seputaran indonesia ajahh… stelah kerja, harus pinter2 nyari waktu yg pas buwat cuti.

  • agung
    October 7, 2011 11:16 am

    terinspirasi banget mbak

    mulai nabung ahhh, hhee

  • dhebu
    October 8, 2011 10:27 am

    wuahh…jdi pengen backpekeran kyak mba 😀

  • asrul
    October 9, 2011 12:13 pm

    ini baru inspirasi

Leave a Reply

Leave a Reply