[ADV] Cara mudah belanja liburan

Traveling lagi hits banget! Sejak ada budget airlines, orang jadi lebih mudah bepergian. Jaringan hotel internasional pun mulai buka hotel versi budget. Blog dan komunitas khusus jalan-jalan tumbuh subur. (Saya boleh berbangga) sejak ada buku The Naked Traveler, terbitlah buku-buku perjalanan lainnya. Meskipun demikian, masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana merencanakan liburan, mulai dari booking pesawat, sampai mencari penginapan dan tur. Setiap hari saya menerima banyak e-mail yang bertanya “di sana nginepnya di mana ya?” atau “ngapain aja ya enaknya?”. Bagi sebagian orang, ada yang malas repot cari-cari hotel dan tur – maunya semua sudah terencana dengan baik.

26 Mei 2010 lalu, AirAsiaGo.com resmi diluncurkan. Ia adalah one-stop online travel portal, artinya situs online untuk pemesanan pesawat, hotel, tur, aktivitas, sampai antar-jemput dari-ke bandara. Sebenarnya 5 tahun yang lalu sudah ada dengan nama GoHoliday, tapi sekarang telah diperbaharui sehingga lebih lengkap dan user-friendly. Jumlah hotelnya aja lebih dari 70.000 dan bukan hanya di kota-kota yang dilayani Air Asia saja. Ditambah lagi 5.000 tur dan aktivitas yang bisa dipilih bersamaan dengan booking. Bila travel agent menawarkan paket-paket liburan yang sudah ditentukan oleh mereka, sekarang kita bisa bikin paket sendiri. Yah preferensi orang terhadap liburan kan beda-beda, apalagi budget-nya. Peluang itulah yang dimanfaatkan grup Air Asia. Setelah AirAsia.com dan TuneHotels.com sukses merubah cara orang berlibur, maka AirAsiaGo.com akan merubah pengalaman liburan. Tony Fernandes, CEO Air Asia, memang brilian!

Sistemnya sama kayak booking pesawat AirAsia.com, kita tinggal masukin kota tujuan dan tanggal. Hebatnya, di AirAsiaGo.com semua tetek bengek perjalanan bisa dilakukan sekaligus. Kalau kita klik hotel+flight, mulanya akan tampil jadwal pesawat. Di bawahnya tampil puluhan hotel yang bervariasi dalam harga, mulai dari hotel budget sampai hotel bintang lima. Cara memilih hotelnya pun gampang. Semua hotel ada foto, ada info tentang hotel dan fasilitasnya, ada peta, dan review Tripad Advisor yang berasal dari orang yang pernah menginap di sana sehingga informasi tidak bias.

Setelah memilih hotel, maka akan tampil pilihan pengantaran bandara-hotel, aneka tur, dan aktivitas – mulai dari city tour, sightseeing ke berbagai tempat, nonton pertunjukan (bahkan nonton English Premier League dan F1), spa, golf, diving, makan malam romantis, sampai dugem! Caranya tinggal dicentang aja apa yang kita pilih, lalu harga akan tertera dengan 16 pilihan mata uang. Selanjutnya sama aja kayak booking situs lainnya, seperti mengisi data diri dan membayar via kartu kredit.

Seperti ‘kebiasaan’ AirAsia.com, kadang AirAsiaGo.com ada promo free rooms, free transfers dan free tours. Ada juga promo beli hotel transfer dapat gratis tur. Untuk harga regularnya, menurut saya sih masuk akal alias wajar. AirAsiaGo.com mengklaim harga yang ditawarkan adalah yang terbaik. Gilanya, klaim itu dibuktikan dengan menerapkan kebijakan Lowest Price Guarantee. Artinya kalau Anda menemukan harga hotel di website manapun yang lebih murah daripada yang mereka tawarkan, maka selisihnya akan dibayarkan ke Anda!

Kalau pengen tahu ada acara apa yang lagi happening di suatu tempat, klik aja button Events maka akan tampil Great Sale, pertandingan dan balapan ini itu, festival A-Z, sampai pertunjukan musik. Jadi bisa kita pas-pasin dengan tanggal keberangkatan. Kalau nggak ada waktu untuk browsing tapi pengen cepet-cepet  liburan, klik aja button Last Minute Deals yang sudah tersedia paket 3D2N (3 hari 2 malam). Jangan lupa klik button Promotions untuk mengetahui hotel mana yang sedang diskon gede-gedean. Fitur yang paling unik sih Mystery Hotel. Kita bayar hotel bintang tiga tapi dapatnya hotel bintang lima. Tapi nama hotelnya tidak disebutkan, kita cuma dikasih clue mengenai lokasi dan fasilitasnya. Kalau Anda orang yang adventurous dan suka surprise, cobain deh.

Rasanya semua kebutuhan jalan-jalan sudah terpenuhi di AirAsiaGo.com. Kalau liburan sudah dibeli duluan, rasanya lebih nyaman karena lebih pasti. Perginya pun tinggal bawa uang untuk makan dan belanja doang sehingga lebih aman. Tapi kalau masih ingin cari penginapan yang lebih murah lagi, ya silakan googling lagi. AirAsiaGo.com hanya menyediakan hotel, bukan hostel atau guesthouse. Saran saya, banding-bandingin aja dulu. Kalau harganya beda tipis tapi bisa nginep di hotel, mengapa tidak?

17 Comments

  • Trackback: Tweets that mention [ADV] Cara mudah belanja liburan » The Naked Traveler -- Topsy.com
  • Adie Riyanto
    June 1, 2010 7:25 am

    patut dicoba, thanks berat inponya. btw, setelah nulis citylink, bonusnya diajak ke medan. kalau nulis ini, bonusnya diajak ke mana ya? ;=)

  • Gugun 7
    June 1, 2010 8:46 am

    Wah.. info menarik di awal Juni…. Tapi kapan ya bisa nyoba…. Semangads

  • Herfina
    June 1, 2010 9:16 am

    Wah, baru tahu ada AirAsiaGo. Belom coba masuk ke websitenya, tp kalo baca cerita Mbak kayanya emang bakal memudahkan banget. Makasih infonya

  • friska
    June 1, 2010 11:06 am

    LOL!! ngiklan banget nih kak peruchaa..

  • ika
    June 1, 2010 4:37 pm

    dimana ya, button atau link “mystery hotel” pengen cobain nih

  • ayas
    June 1, 2010 5:07 pm

    jempol tuk airasia ^^

  • zanni
    June 1, 2010 5:09 pm

    Bonusnya keliling dunia n Indonesia kalo nggak sempat jalannya boleh kok saya yyg nggantiin, he…he.. peace man!!

  • pipit
    June 1, 2010 5:51 pm

    rebutannya itu yang ga nahan 🙂
    sewaktu ada promo kursi gratis dan kamar gratis kemarin saya ga berhasil masuk dan booking 🙁 gara-gara overload..

    semoga aja kesempatan lain masih ada..

  • ntis
    June 1, 2010 8:44 pm

    Thx inpo na mbk. .kmrn br nyoba tune hotels akibat keracunan artikel yg mbk bikin ttg ne hotel. .hahaha. .tp emank 0k bgt gak rugi malah untung. .skrg suka sy promoin ma tmn2 ktr gt. .hehehe
    Ntar mo coba ngubek yg ne lg akh. .sp tau cucok. .xixixi
    Hdp travelling 😉

  • hitomi
    June 4, 2010 9:00 pm

    makaciieh kak!! aku mo jadi backpacker juga ah! kyk kakak! ^^

  • kerja sampingan
    June 5, 2010 2:29 pm

    wah berlibur semakin mudah dan praktis

  • Bobby
    June 6, 2010 10:28 pm

    Thank you mba, bermanfaat bgt buat kita2 yg pengen traveling ke luar khususnya. Enak ya bis ketemu Mr. Tony.
    Jadi pengen deh..

  • use_near
    June 25, 2010 10:30 am

    mbak syangny air asia cuma untuk kota2 yang gede,gak ad utk tempat2 terpencil. cthny ke raja ampat kan gak ad air asianya,klo ad kan lumayan. soalny lihat di web2 semuanya mahal2.padahal kan enak tuh backpakeran ke rajaampat.

  • Radhea
    July 2, 2010 9:36 am

    Wow info nya keren 😉
    mksih kak..

  • kezia
    October 11, 2010 10:11 pm

    sangat membantu… wajib kucoba…:-D

  • dheo
    August 19, 2014 7:07 am

    di air Asia go kalau udan buat booking n payment sblm 3bln,tanggal dan pulaang bisa di tuker gk mbk.mohon di bls

Leave a Reply

Leave a Reply