It’s Time for Taiwan!

It’s Time for Taiwan!

Setelah traveling seminggu di Taiwan pada April 2017, saya balik lagi November 2017! Di tulisan terdahulu saya bilang mau balik, eh kesampaian. Meski Taiwan luasnya hanya sekitar propinsi Jawa Tengah, namun banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Mantapnya, rata-rata kota di Taiwan berpantai dengan latar belakang pegunungan jadi kece. Cuacanya pun tropis, jadi tetap hangat meski saat musim winter. Dan yang terpenting, makanan enak-enak dan harga terjangkau! Saya suka Taiwan karena alasan ini.

Kunjungan saya kali ini temanya lebih ke budaya dan tidak mengulang kunjungan sebelumnya. Saya tinggal di ibukotanya, Taipei, dan day trip aja ke daerah Yingge, Jiufen dan Yilan. Akses transportasi publiknya pun mudah, bisa naik MRT, kereta, maupun bus. Jadi ini rekomendasinya;

Taipei

Longshan Temple – Salah satu kuil terbesar dan tertua di Taiwan ini dibangun pada 1738 oleh bangsa Cina yang pindah ke Taiwan. Kuil ini sangat populer karena konon kalau berdoa di sana, maka kemungkinan terkabulnya tinggi. Yang menarik, paling rame orang di “Dewa Cinta” (cupid god) karena banyak anak muda berdoa minta jodoh!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Ximending – Ini daerah shopping outdoor keren dengan lampu-lampu mentereng. Disebut sebagai “Harajuku-nya Taipei”, di sepanjang jalan pedestrian terdapat toko brand internasional maupun lokal, juga yang bertema Jepang. Ditambah lagi mal, restoran, dan kafe. Favorit saya adalah butik desainer lokal bernama “Mana” yang pakaiannya serba asimetris.

Christmasland – Setiap tahun tanggal 24 November sampai 1 Januari, halaman New Taipei City Hall berubah menjadi winter wonderland dengan pohon natal tertinggi se-Taiwan, lampu-lampu Natal dililit di seluruh area, pertunjukan musik dan animasi yang ditembak proyektor ke gedung-gedung, komidi putar dan Christmast Market. Meski penganut Nasrani hanya 4% dari total populasi Taiwan, tapi Natal memang perayaan global!

Yingge

Yingge adalah pusat produksi keramik di Taiwan. Di Yinggle Old Street saja terdapat lebih dari 800 toko keramik. Kalau penggemar keramik/porselen/tembikar, Anda bisa nggak pulang-pulang deh! Toko favorit saya adalah “Shu’s Pottery” karena desainnya bagus-bagus, dan di sana bisa sekalian belajar bikin tembikar dari tanah liat dengan alat yang diputar-putar gitu.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Jiufen

Jiufen Old Street – Jiufen dulunya hanya sebuah desa yang terisolasi karena nyempil di atas pegunungan menghadap Samudra Pasifik sampai ditemukannya emas oleh bangsa Jepang. Di sini lah terdapat jalan kecil terbuat dari cobblestone yang turun-naik. Di kanan-kirinya penuh dengan toko makanan, restoran, kafe, rumah teh, dan toko suvenir. Dari ujung ke ujung saya nyobain makanannya, favorit saya adalah (terjemahannya) fried taro balls, meatballs, dan peanut roll ice cream. O ya, Jiufen jadi sangat terkenal sama turis Jepang sejak film Studio Ghibli berjudul Spirited Away.

Gold Museum – Museum ini bukan khusus memamerkan hiasan emas, namun dulunya merupakan tempat penambangan emas pada zaman penjajahan Jepang tahun 1940an. Gilanya, di sana dijadikan camp kerja paksa bagi para tawanan perang yang banyak mati karena disiksa! Di museum ini terdapat diorama dan display fakta-faktanya. Namun nggak usah ngeri karena museum ini open-air, artinya serba terbuka dengan pemandangan dahsyat dikelilingi pegunungan, salah satunya Mount Keelung. Display paling menarik adalah emas batangan terbesar di dunia seberat 220 kg dan kita bisa menyentuhnya!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Port of Keelung – Dari Jiufen, mending langsung turun ke Keelung. Keelung adalah tempat mendaratnya ekspedisi Spanyol ke Formosa pada abad ke-17. Meski kota di tepi pelabuhan, namun bersih sampai ke airnya. Night market-nya terkenal karena lebih tradisional daripada di Taipei. Yang jelas, Anda harus makan seafood-nya. Saya makan di Restoran Seafood di Chenggongyi Road yang terkenal dengan sashimi tersegar se-Taiwan. Sepiring aneka sashimi cuman sekitar Rp 90 ribu saja!

Yilan

Pinglin Tea Museum – Pinglin adalah daerah penghasil teh Pouchong. Di sana terdapat museum tentang sejarah dan budaya teh di Taiwan, mulai dari daun teh, mesin, perusahaan produksi, sampai peta ekspor. Favorit saya adalah koleksi di bagian packaging, karena ada sebagian teh tradisional Indonesia dipajang! Bangga deh!

Lanyang Museum – Museum dengan gedung miring ini didesain oleh arsitek terkenal Taiwan, Kris Yao, yang terisnpirasi dari tebing-tebing yang di sekitar Pantai Biguan. Isinya adalah segala macam tentang sejarah dan kekayaan alam daerah Yilan yang terbagi empat lantai, mulai dari “Ocean Level” sampai “Mountain Level”. Sungguh, arsitektur, desain interior dan display-nya bagus!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Waiao Beach – Pantai berpasir luas dan berombak cukup besar ini adalah tempat surfing populer di Taiwan yang biasanya dipenuhi expat bertelanjang dada. Sayangnya pas di sana, pas hujan deras jadi sepi. Jadilah saya nongkrong di kafe hits bernama “No. 9 Café at the Beach” sambil memandang Turtle Island dari kejauhan. Pantas dinamakan turtle, karena emang bentuknya mirip kura-kura.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Tangweigo Hot Spring Park – Di sini terletak pusat hot spring (sumber air panas alami) yang mengalir di taman yang asri. Hebatnya, disediakan kolam-kolam kecil untuk siapapun merendam kaki dan gratis! Kalau mau berendam seluruh badan ya harus ke tempat permandian hot spring khusus di dalam gedung berkayu. Tiketnya murah kok, cuman sekitar Rp 36 ribu saja. Saya tentu nyobain, dan ternyata modelnya kayak onsen di Jepang yang kudu telanjang bulat! Nggak ada pilihan mix gender sih, tapi saya cukup syok karena ternyata cewek-cewek Taiwan gondrong-gondrong! #eaaa

Nah, tunggu apa lagi? It’s #TimeForTaiwan!

41 Comments

  • Sadawayans
    December 7, 2017 1:38 am

    Tahun depan mesti ke Taiwan! ???

  • nianastiti
    December 7, 2017 1:32 pm

    Cakep banget pemandangan perbukitan ngadep pantai gitu, jadi pengen ke Keelung 🙂

  • Erna
    December 7, 2017 3:15 pm

    Yang di Lanyang Museum menarik ya, kira-kira ke dalamnya kita ikutan jalan miring gak? Seluruh wilayahnya bagus banget.

    • Trinity
      December 7, 2017 5:01 pm

      nggak miring lah 🙂

  • durianlady
    December 7, 2017 3:58 pm

    gondrong2,,,??? ngakak so hard :)))))

    • Anonymous
      December 8, 2017 11:26 am

      Kalo kita punya jd ngacung pigimana???

  • Candra Rudi
    December 8, 2017 5:23 pm

    Gila film nya bagus banget , salam blogger medan kak

  • Abim
    December 11, 2017 9:45 pm

    yang menarik perhatian saya dari catper ini ya museum Lanyang. Gileee, bisa miring gt yak.., kayak gedung yang tenggelam sebagian.

    Aaaha, sempat kepikiran juga, lantai gedung berelevasi apa nggak? ternyata rata ya. hehehe

    bisa ngos-ngosan kitaaa.

    Terimakasih ya mbak sudah membagikan ceritanya.

    punch nya oke banget soal si gondrong.ahahahha

  • Kasamago
    December 13, 2017 1:25 pm

    Pegunungannya… wow. Di Taiwan alam nya bener2 terjaga bgt kyknya..

  • Cikasur
    December 13, 2017 3:36 pm

    Disana tulisan2 nya dalam bahasa inggris ada semua ngga ya? takut kalo kesana bingung artinya HAHA

  • mbiesap
    December 13, 2017 4:24 pm

    hehe
    menarik
    semoga bisa ke sana juga

  • karimunjawa
    December 14, 2017 10:37 pm

    mantap abizzzzzzzzzzz

  • Alin
    December 15, 2017 4:02 pm

    Its time to Indonesia http://penginapandieng.net

  • netlagu
    December 15, 2017 9:04 pm

    semoga kesampaian kesini 😀

  • Farih
    December 16, 2017 3:48 pm

    Gondrong?? maksudnya??? Hahaha gagal paham.

  • Didy Rosyidi
    December 16, 2017 5:24 pm

    Baca postingan Mbak Trinity yang ini membuat saya pengen travelling ke Taiwan juga.
    2 thumbs up mbak !!

    http://www.didyrosyidi.id

  • stafaband
    December 16, 2017 7:14 pm

    gara gara nonton film nya sampe kesini hehe. keren keren.

  • Info Magetan
    December 16, 2017 9:14 pm

    Kayak Indonesia saja ia iklimnya tropis, tetangga banyak yang kerja di Taiwan 😀

  • vlaurentina
    December 16, 2017 11:15 pm

    Halo Mbak Trinity, saya sejak dulu ingin ke Taiwan, tapi jiper karena saya nggak bisa baca tulisan kanji. Apakah papan penunjuk jalan nama-nama tempat itu ada tulisan Latin-nya? Apakah Mbak Trinity sendiri berbahasa Mandarin atau dibimbing guide untuk baca plang-plang di sana?

    Oh ya Mbak, boleh request tulisan nggak? Saya pengen tahu nih gimana cara naik MRT dan bis di Taiwan, terutama untuk jalan-jalan antara bandara, (new) Taipei City, Keelung, dan Yilan. Makasih Mbak 🙂

    • Trinity
      December 17, 2017 2:24 pm

      Ada tulisan Latin kok. Gampang sendiri! Caranya liat Google maps ?

      • vlaurentina
        December 23, 2017 2:32 pm

        Udah gugling, Mbak. Seneng liat banyak papan yang pake tulisan Latin. Makasi yaa

  • wonderfulindo
    December 18, 2017 9:29 am

    sumpaaahhh kerennn kak,, jadi pengen makin kesanaa :))))))

    http://www.thebromoijentours.com

  • Anindita Ayu Prastiwi
    December 20, 2017 8:44 pm

    Pemandangannya.. Superb! Mau ke Taiwan juga..

  • Rifqi Banyol
    December 21, 2017 4:59 pm

    CAKEP BANGET PEMANDANGANNYA!!!!

    Tapi gue pengen keliling indonesia dulu deh kak. Pengen rasain Indonesia dulu sebelum ke luar negeri. Hehe

  • uut fatmawati
    December 23, 2017 12:32 am

    ?

    • uut fatmawati
      December 23, 2017 12:34 am

      bagus bagt

  • Deny Oey
    December 24, 2017 3:08 pm

    Wah, wajib jadi bucket list tahun depan nih. Smoga masih dikasih waktu dan rejeki..

    See my weirdo & unique story
    fromjourneytostory.wordpress.com

  • AkuKamuSatu.com
    December 28, 2017 9:13 am

    luar biasa mengagumkan…
    budaya dari taiwan menyatu dengan alam, itu sangat menarik

  • Fira Firdaus
    December 28, 2017 5:57 pm

    Wih tempat wisatanya banyak dan lengkap mbak 😀 Jadi pengen ke taiwan, apalagi ke Jiufen Old Street-nya

  • Stephanie
    January 2, 2018 2:10 pm

    Barusan iseng liat di youtube film nya… dan insirasi bgt buat aku .. semoga bisa keliling2 jg ..
    Thankyouu kak

  • Yeske
    January 4, 2018 2:47 pm

    Keren.
    Harus ke Taiwan tahun ini.

  • Anonymous
    January 8, 2018 3:49 pm

    lutut kiri nya gmn mbak? udah sembuh sepenuhnya?

  • Anonymous
    January 8, 2018 7:21 pm

    maaf mba sebelumnya mau tanya, kenapa di sini tidak ada iklan google, padahal di setiap ak buka blog, tutorial, wisata, masak dll bnyak iklan nya…

    • Trinity
      January 8, 2018 8:11 pm

      Krn emang ga pasang iklan

      • PRIYO COMDEV
        January 10, 2018 6:15 pm

        trus dapat penghasilannya dari mana mb klo bukan dari iklan

    • khairulleon.com
      January 15, 2018 2:41 pm

      Buset bang, penghasilan kan ga melulu harus dari iklan,
      Berkarya aja deh kaya Teh trinity ntar uang dateng dengan sendirinya.

      • kirana
        August 14, 2018 3:51 pm

        Dy pasti pembaca baru hehee.. Piss

  • Joel bazarie
    January 19, 2018 3:44 am

    halo kak trinity, saya suka filmnya ckck

  • ningrum
    January 29, 2018 2:34 pm

    kak bisa minta gmailnya nggk? ada yang mau diomongin nihhh

  • Abdullah Al-Bantani
    February 12, 2018 4:53 pm

    Pemandangan alamnya cakep bener, tapi Indonesia lebih cakep.

  • menuwisatadieng
    February 20, 2018 11:22 am

Leave a Reply

Leave a Reply