My most favorite travel songs

My most favorite travel songs

Kita suka sebuah lagu sebenarnya karena ada kenangan yang menempel padanya. Setuju? Nah, saat traveling kita punya “lagu kebangsaan” yang terus berputar. Pas lagi traveling-nya sih nggak berasa, tapi saat balik muncul lah film flashback tentang kejadian apa saat mendengar lagu itu. Ada juga lagu yang bikin kita terinspirasi atau bahkan bikin depresi karena lirik atau suaranya.

Saya sendiri termasuk orang yang tidak pakai headphone dengerin lagu di mana pun. Sebagai penulis, saya membiarkan semua panca indera terbuka jadi tidak mau mengisolasi diri dengan mendengarkan musik. Namun, di setiap perjalanan mau tidak mau pasti mendengar musik yang diputar di ruang publik. Nah, berikut ada 10 lagu favorit saya saat traveling beserta alasannya, serta video musiknya:

  1. Waiting in Vain by Bob Marley

Saya suka semua lagu Bob Marley sampai sulit memilih hanya satu. Genre reggae emang pas  diputar di pantai, apalagi lagunya Marley. Karena dialah saya sampai pergi ke rumahnya di Jamaika (baca di buku “The Naked Traveler: 1 Year Round-the-World Trip”). Mendengar kocokan awal lagu ini langsung bisa membawa saya ke pantai tropis, pasir putih, nyiur melambai, matahari terbanam di cakrawala, pria hot bertelanjang dada, sambil chill nyimeng minum bir! #eaaa

  1. It Aint Over til Its Over by Lenny Kravitz

Semua lagu Kravitz juga keren-keren. Gantengnya juga sama kayak Marley. Khusus lagu ini otomatis kepala dan badan saya pasti goyang-goyang saking beat-nya enak banget. Kalau lagi enak-enaknya traveling, kenalan sama orang yang menyenangkan, lalu terjadi kekhawatiran terhadap sesuatu, saya selalu bilang sambil nyanyi, “‘Cause baby it ain’t over ’til it’s over!”. Jadi nikmatin dulu aja apa yang ada. #modus

  1. Ants Marching by Dave Matthews Band

Dua mantan gebetan saya fans berat Dave Matthews Band, bahkan mereka bisa main gitar dan bernyanyi persis lagu ini. Sialnya saya jadi kebawa-bawa doyan lagu ini. Eh tapi liriknya bagus sih, bikin saya pengin keluar dari rutinitas karena jangan sampai kayak semut baris (ants marching) mengerjakan hal yang sama setiap hari. Lagu yang menginspirasi untuk traveling!

  1. Pure Shores by All Saints

Gara-gara film The Beach-nya Leonardo di Caprio yang saya suka banget, saya sampai bela-belain ke Pulau Phi Phi di Thailand pada 2003. Nah, soundtrack film itu adalah lagu ini! Saat saya liburan ke pantai sama sahabat-sahabat cewek saya, lagu ini pun diputar sambil berlagak bikin video klip ala All Saints. Hehe!

  1. Hey Ya! By OutKast

Mendengar lagu ini pasti bikin saya langsung joget. Ini lagu kenangan saat road trip di New Zealand bersama sahabat-sahabat saya Sri dan Jade pada 2003. Tiap kami dugem dan merajai lantai dansa dengan “Goyang nge-bor” ala pedangdut Inul tapi pake lagu Hey Ya! Sudah dipastikan kami dikelilingi orang-orang seklub yang bertepuk tangan. Rasanya jadi orang paling seksi sedunia!

  1. Guajira by Yerba Buena

Saat saya keliling dunia 1 tahun yang kebanyakan di negara Amerika Selatan, mau nggak mau jadi terekspos dengan Bahasa Spanyol beserta lagu-lagunya. Sebenarnya saat itu yang lagi ngetop adalah lagu-lagu dangdut disko Latin, namun yang nancep adalah lagu ini saat pemilik penginapan di Havana, Kuba, sering memutarnya. Dia akhirnya mengkopi lagu ini ke USB dan menjadi “lagu kebangsaan” saya dan Yasmin.

  1. Rocketeer by Far East Movement Ryan Tedder

Entah kenapa, lagu ini pas banget didengerin saat saya mau packing! Lagu yang pernah dipakai iklan salah satu maskapai penerbangan ini emang bikin saya segera terbang ke destinasi impian. Jadi semangat bongkar lemari!

  1. Closer by The Chainsmokers

Lagu sejuta umat ini nempel di kepala saat saya trip ke Eropa pada 2016 selama 1,5 bulan sendiri, saking selalu diputar di mana-mana. Rasanya bikin saya jadi cool dan pede mau kayak apapun sulitnya  ngegebet perjalanan.

  1. Home by Daughtry

Lagu ini berputar di kepala saat trip berakhir, biasanya pas di jalan mau ke bandara dengan perasaan penuh kemenangan berhasil menaklukkan suatu tempat. Sialnya harus pulang… untuk ngurus visa lagi. #hiks

  1. Chasing Pavements by Adele

Ini lagu bikin saya termehek-mehek banget! Saya selalu bernyanyi lagu ini di kepala kalo punya gebetan pas traveling sampai akhirnya kami berpisah ke destinasi masing-masing. Trus, mikir ini mau dibawa ke mana? Should I just keep chasin’ pavements, even if it leads nowhere? Anjirrr! #hakjleb

Nah, lagu favorit kalian pas traveling apa dan kenapa? Share dong di comment! ?

Author

Trinity is Indonesia’s leading travel writer and blogger. Author of 13 national best-selling books including “The Naked Traveler” series - which will become a movie in 2017.

19 comments

  • Aku sempat masuk ke grup traveling Malaysia karena terngiang lagu melayu yang kudengar dari kamar penginapan di Malaka. Aku coba minta referensi lagu-lagu melayu dari grup traveling tsb.

    100% merespon positif, sebagian lagi bilang, “iya, saya juga suka gitu kalau jalan, suka terngiang sebuah lagu, tapi tak tahu lagunya apa.”

    Kebodohan terbesarku saat itu ialah nggak merekam lagu tersebut saking terpesonanya dengan alunan nada dan liriknya (diputar pake pengeras suara di sekitaran Swiss Garden Hotel, aku menginap di hotel kecil di depannya hehe) serta pemandangan sungai Malaka yang indah. Aku yakin akan menemukan lagi lagu itu, nanti, di saat yang tepat. Walau ntah kapan.

    Reply
  • Lagu yang selalu bikin teringat sama masa2x bolak balik jkt- sby itu lagu Padi- Perjalanan ini, didengerin pas naik kereta dan duduk di kursi dekat jendela..

    sama lagu busker2x ( band korea) -cherry blossom ending, didenger sepanjang honeymoon trip ke Jinhae -Seol mas musim semi.. di sepanjang jalan dan cafe lagu nya muter inii terus

    Reply
  • Runaway – The Corrs.
    Serasa waktu melambat dan jadi semakin menikmati setiap momen dalam perjalanan ?
    .
    Btw film The Beach-nye Leo itu yang menginspirasi saya untuk datang ke Thailand dan menyusuri gemerlap Khosan Road di malam hari
    pada tahun 2011! ?

    Reply
  • Semua OST Sound Of Music dari Do Re Mi, Sixteen Going On Seventeen, Climb Every Mountain sampai So Long…karena bikin inget ke Eropa minggu lalu, rencananya dari Praha mau ke Venice, eh karena orang Cheko gak ada yang bisa bahasa Jerman dan Inggris ditinggal bis. Karena sudah sampai di terminal bis akhirnya berubah tujuan karena harus ke Frakenberg, Jerman beberapa hari ke depan. Akhirnya malam itu juga di terminal diputuskan ke Wina dan mampir ke Salzburg, Austria. Duh kayak terjawab sudah doa dan harapan saya selama ini, pengen lihat lokasi shootingnya Sound Of Music…sampai disana langsung semangat cari blocking Julie Andrews dan anak-anak Von Trapp pas nyanyi Do Re Mi (kalau mau lihat di IG saya noni.nandini )…itu aja udah bikin bahagia banget….hahahaha….

    Reply

Leave a Reply