Wales, the Epic Land!

Wales, the Epic Land!

Bulan lalu saya keliling Wales bagian utara. Lumayan untuk menamatkan jejak kaki saya di empat ‘negara’ dalam United Kingdom yang terdiri dari England, Scotland, Wales, dan Northern Ireland. Dibanding keempatnya, Wales memang tidak terlalu populer. Namun menurut saya, Wales justru yang terunik dan terindah! Epic banget deh!

Whispering Sand Beach

Wales yang menempati area hampir seluas propinsi Bengkulu ini terletak di barat Britania Raya yang berbatasan dengan Laut Irlandia. Penduduknya 3 juta orang (sekitar 5% dari total penduduk United Kingdom) dengan 9 juta domba. Iya, serius! 78% wilayah Wales diperuntukan untuk agrikultur jadi memang serbahijau dan cocok untuk beternak. Lansekapnya pun didominasi oleh pegunungan, terutama di utaranya sehingga lebih dramatis.

Epic-nya Wales saya bagi ke dalam beberapa kategori begini;

Epic Castles

Terdapat 641 castle (istana) di Wales atau paling banyak per mil persegi di dunia. Ada di gunung, di pantai, ada yang dijadikan museum atau hotel, ada yang katanya berhantu, ada juga yang kosong begitu saja. Saya masuk ke tiga di antaranya;

Conwy Castle – Termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site, istana yang dibangun oleh Raja Edward I pada abad ke-13 ini disebut sebagai arsitektur militer terbaik di Eropa. Berbentuk persegi panjang, istana ini terbagi dua yaitu bangsal luar dan bangsal dalam, dengan delapan menara pengintai. Selain berfungsi sebagai benteng pertahanan, di dalamnya juga terdapat tempat tinggal keluarga raja dan stafnya.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Criccieth Castle – istana ini dibangun oleh Llywelyn the Great pada abad ke-13 yang dimodifikasi oleh Raja Edward I. Pada abad ke-15, istana ini direbut kembali dari Kerajaan Inggris yang merupakan pemberontakan terakhir bangsa Welsh. Terletak di atas bukit di antara dua pantai Gwynedd dan Tremadog Bay membuat istana ini tempat keren untuk nongkrong sambil memandang kota Criccieth dari ketinggian.

Kota Criccieth

Penrhyn Castle – aslinya rumah seorang bangsawan kaya bernama Ednyfed Fychan di Llandygai pada abad ke-13 yang telah direnovasi berkali-kali sampai terakhir pada abad ke-19 oleh arsitektur Thomas Hopper. Di dalamnya masih tersimpan dengan baik barang perabotannya beserta koleksi lukisan berharga. Di sisi lain terdapat taman dan museum kereta api. Terletak di atas bukit, istana ini menghadap pegunungan Snowdonia, jadi bangunan dan pemandangannya sama-sama spektakuler!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Coastline

Dengan garis pesisir sepanjang 2.700 km, Wales diberkahi dengan pantai-pantai yang kece. Pada musim panas, Wales jadi tempat berlibur orang Inggris karena cuacanya lebih hangat dan kering. Tak hanya untuk berenang, tapi pesisirnya bisa untuk hiking dan bersepeda. Ini beberapa di antaranya;

South Stack – terkenal dengan mercu suarnya yang cantik dan merupakan sebagian dari walking trail di pesisir Pulau Anglesey. Emang nyaman banget berjalan kaki di jalur khusus pejalan kaki dengan pemandangan indah begini! Selain bisa berkunjung ke mercu suar setinggi 41 meter dengan ratusan anak tangga, di tebingnya kita bisa bird watching melihat ribuan burung liar, seperti Puffin, Razorbill dan Guillemot.

Newborough Beach – untuk mencapai pantainya, saya berjalan kaki dulu di antara hutan pinus selama 50 menit. Bila di negara tropis pantainya berisi pohon kelapa, di sini pohon pinus! Dari pantai berair tenang ini, lanjut berjalan kaki ke Pulau Llanddwyn, rumah Saint Dwynwen. Bila di dunia merayakan Hari Valentine, di Wales orang merayakan Hari Dwynwen. Legenda mengatakan karena cinta dilarang oleh orang tua, Dwynwen bersumpah untuk tidak menikah.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Aberdaron – adalah desa nelayan di ujung Llyn Peninsula sehingga disebut “Land’s End of Wales”. Desa cantik di pinggir pantai ini dikelilingi perbukitan yang langsung ‘jatuh’ ke laut, pantai-pantai berpasir warna emas, dan menghadap pegunungan Snowdonia. Favorit saya adalah Whispering Sand, pantai yang pasirnya menimbulkan suara siulan, dan sunset di Pantai Aberdaron dengan langit yang berwarna pink!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Epic Adventure

Kalau Anda penggemar aktivitas pemicu adrenalin, Wales adalah pusatnya. Mau coba?

Surf Snowdonia Adventure Parc – surfing di Wales? Bisa! Surf Snowdonia adalah danau tempat surfing di pertama di dunia. Danau sepanjang 300 meter ini terdapat ombak buatan sehingga pengunjung bisa surfing sepanjang tahun. Ada kelas surfing untuk pemula sampai level 2, termasuk wet suit dan papan. Yang nggak mau surfing bisa ikut permainan kayak seri di TV, Wipe Out.

Coasteering – pelopor coasteering di dunia adalah di Wales. Coasteering dari kata coast (pesisir) merupakan aktivitas air campuran antara rock-hopping, shore-scrambling, swell-riding, cave-exploring dan cliff-jumping. Peserta dipinjami wet suit dan helm, dan dipandu oleh instruktur. Karena kondisi lutut, saya nggak bisa ikutan. Tapi katanya sih seru banget!

Llandudno Ski and Snowboard Centre – tempat main ski dan snowboard setiap hari sepanjang tahun. Dengan teknologi khusus, pengunjung dapat meluncur di ski slope. Tersedia kursus ski mulai dari kelas Taster sampai Level 7. Yang nggak doyan main ski, bisa main toboggan (semacam papan seluncur yang diduduki dan meluncur sepanjang 750 meter dari ketinggian – jalur terpanjang di Inggris!) atau main sno-tubing (meluncur di atas ban besar).

Zip World Velocityzip line tercepat di dunia dan terpanjang di Eropa! Ini highlight trip saya di Wales. Ternyata kita nggak meluncur dalam posisi duduk tapi posisi tengkurap dengan badan dan kaki terkait ke wire. Turun pun dua kali, pertama di wire yang pendek untuk penyesuaian, lalu kedua dibawa naik truk ke atas bukit setinggi 1.500 meter dan turun dari sana. Mulai dari situ deg-degan karena terasa ketinggiannya. Begitu meluncur, rasanya kayak terbang aja karena kecepatannya mencapai 160 km/jam! Whoaaa!!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on


(Bersambung)
Masih banyak hal epic lainnya di Wales yang saya kunjungi, termasuk ke kota bernama Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (saya nggak salah ketik!) dan naik kereta uap ke Hogwarts. Atau, pengin tau juga gimana gampangnya bikin visa? Tunggu di blog post selanjutnya!

Author

Trinity is Indonesia’s leading travel writer and blogger. Author of 13 national best-selling books including “The Naked Traveler” series - which will become a movie in 2017.

25 comments

Leave a Reply