[Adv] Panduan nonton F1 Night Race di Singapura

pic by SingaporeGP

Singapura, negara sekecil itu memang nggak ada habisnya berinovasi. Sudah tahun ke-5 Singapura mengadakan pertandingan balap mobil Formula One (F1), dan kali ini diadakan tanggal 21-23 September 2012 dengan lebih dari 100 mobil balap F1 akan bertanding di sirkuit Marina Bay. Gilanya lagi, F1 di Singapura ini satu-satunya di dunia yang balapannya di malam hari (night race) dan di atas jalan raya kota! Posisi 2012 Formula 1 Singtel Singapore Grand Prix sebagai perlombaan ke-14 dalam kalender kejuaraan ini udah pasti seru!

Kerennya, cuma di Singapura yang acara balap mobil diintegrasi dengan baik dengan acara hiburan sehingga dapat dinikmati segala umur. Tahun ini konser musiknya ada Katy Perry, Maroon 5, Jay Chou, Noel Gallagher’s High Flying Birds, dan Bananarama! Juga ada 53 kelompok seni yang akan manggung di 6 panggung, mulai dari balet, tari Samba, perkusi, beatbox, dan lain-lain. Yep, ini merupakan event tahunan terbesar Singapura!

Cara memilih tiket

Sirkuit F1 Night Race aja sepanjang sekitar 5 km, berarti area yang meliputinya sangat luas. Maka cermatlah untuk memilih tiket yang disesuaikan dengan keinginan Anda, seperti:

-          Yang pengen nonton F1 dengan pemandangan paling jelas tapi nggak pake kepanasan serta bisa networking sama pebisnis dunia: pilih Formula One Paddock Club™ yang bisa lihat para pembalap yang nongkrong di Team Hospitality Home. Kelas di bawahnya adalah Sky Suite, lalu Club Suite. Biasanya tiket semacam ini sudah di-book oleh korporat untuk entertain para kliennya.
-          Yang ngefans berat sama F1: pilih di Grandstand supaya jelas nontonnya karena di tempat ini Anda duduk di kursi bernomor, bertingkat, dan posisi lebih tinggi daripada jalan. Di Pit Grandstand Anda bisa melihat mulainya balapan dan ngintip garasi para pembalap. Di Turn 2 Grandstand bisa lihat mobil melaju cepat ke arah Anda. Di Bay Grandstand, mobil-mobil balap akan ngebut di bawah kaki Anda. Nah, kalau Anda suka nonton mobil-mobil tabrakan, pilih di Stamford Grandstand.
-          Yang pengen nonton F1, sekaligus konser dan acara hiburan lainnya: ambil tiket Premier Walkabout supaya bebas nonton balapan sekaligus nonton konser dan makan-makan di Zone manapun.
-          Yang nggak gitu doyan nonton F1 tapi pengen nonton konser: ambil tiket Zone 4 Walkabout.

Tiket dijual per hari atau sekaligus per 3 hari, tentu per 3 hari harganya lebih murah. Tiket bisa dibeli langsung di sini atau lewat travel agent di Indonesia yang biasanya bikin paket nonton F1 sekalian pesawat dan hotel.

Cara foto bareng sama pembalap F1

pic by SingaporeGP

Bukan hanya rock band yang punya groupies, tapi pembalap F1 juga digilai penggemarnya. Siapa juga yang nggak pengen foto bareng Fernando Alonso, Sebastian Vettel, Mark Webber, Kimi Räikkönen, dan Lewis Hamilton? Udah jago balap, guanteng, tajir lagi! *meleleh* Tidak seperti artis Hollywood yang dikeliling body guard, para pembalap F1 ini masih ramah dan mau diajak foto bareng kok. Saya punya bocorannya nih kapan dan di mana Anda bisa ketemu mereka:

-          Di gerbang masuk Paddock Club dekat Singapore Flyer. Setiap pagi semua pembalap F1 dan timnya pasti berjalan kaki dari hotel untuk masuk ke arena balap dan pasti melewati gerbang ini.
-          Di hotel sekitar arena F1, seperti di hotel Ritz-Carlton Millenia yang superkeren, juga hotel Pan Pacific, Swissotel, dan Mandarin Oriental. Waktu yang baik sih pas sarapan atau pagi-pagi sebelum pembalap berangkat ke arena.
-          Pembalap kadang doyan juga belanja di mall sekitarnya, seperti di The Shoppes at Marina Bay Sands yang superluas, Marina Square, Raffles City, dan lain-lain. Memang kemungkinan kecil, tapi siapa tahu bisa ketemu loh!
-          Pembalap juga suka party. Tempat favorit mereka mimi-mimi alkohol ada di 1-Altitude (al fresco bar tertinggi di dunia), Podium Lounge di hotel Ritz-Carlton Millenia, Ku De Ta di Marina Bay Sands, Long Bar di hotel Raffles, atau New Asia Bar di Swissotel.

Cara cari hotel yang strategis

Kamar Deluxe

F1 ini diadakan di jalan raya biasa di pusat kota Singapura, maka selama 3 hari penyelenggaraannya jalan akan ditutup. Penonton ke mana-mana harus berjalan kaki, oleh karena itu menginaplah di hotel yang dekat dengan sirkuit. Saran saya di Hotel Ritz-Carlton Millenia dan pilih kamar yang menghadap Marina Bay maka Anda berada persis menghadap Bay Grandstand. Kamar dan kamar mandinya yang luas memiliki pemandangan yang superdahsyat – menghadap kota Singapura dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Hotelnya sendiri adalah galeri seni karena memiliki 4.200 instalasi seni, seperti lukisan, patung dan mural, sampe ada self-guided tour sehala.

Cara bikin itinerary yang asyik

Acara F1 ini dibuka setiap hari jam 14.30 karena dimulai dulu dengan balap Ferrari Challenge, Porsche Carrera Club, dan GP2. Di sekitar arena ada semacam bazaar yang jual makanan, minuman, merchandise, bahkan bisa bikin tato-tatoan untuk anak-anak, serta dihibur oleh street artists.

Cihuy!

Supaya nyambung sama suasana adu balap mobil yang memompa adrenalin, cobain nyetir supercar Ferrari atau Lamborghini  di Ultimate Drive deh! Anda bisa memilih untuk menyupir sendiri atau jadi penumpang yang duduk di sebelah supirnya lalu dibawa ngebut. Saya udah nyoba, dan rasanya gilaaaa! Atap mobilnya dibuka, mesin mengaum, dan dalam beberapa detik udah kecepatan 100 km/jam sampe rambut saya jadi afro!

Kalo mau aktivitas yang santai-santai, saran saya ke Gardens by The Bay – atraksi terbaru di Singapura. Ini taman kontemporer seluas 101 hektar yang keren banget, terletak di seberang Marina Bay Sands. Yang bikin deg-degan, kalau Anda berjalan di jembatan antara Supertrees! Jangan lupa juga ke konservasinya di Flower Dome dan Cloud Forest yang nambah pengetahuan dan cinta bumi.

Kalau mau berkegiatan seni, berkunjunglah ke ArtScience Museum di Marina Bay Sands. Museum yang bangunannya berbentuk bunga teratai putih ini sekarang sedang mengadakan pameran Harry Potter (sampai 30 September 2012) dan Andy Warhol: 15 Minutes External (sampai 21 Oktober 2012).

Sebelum masuk ke arena, isi perut dulu. Saran saya, makan siang ala bufet di Straits Kitchen di hotel Grand Hyatt di Orchard Road. Restoran ini sangat terkenal karena konsepnya adalah menghidangkan aneka hawker food yang dimasak oleh chef bintang lima dan menggunakan bahan yang berkualitas. Hasilnya? Makanannya uenak, tempat yang bersih, dan nggak gerah!

Pilihan kedua adalah Peach Garden yang sangat terkenal di Singapura sebagai fine dining masakan Chinese/Cantonese, juga yang jadi catering makanan di Suites F1. Saya makan yang di gedung OCBC Chulia Street, persis menghadap Padang Grandstand, tempat konsernya F1. Daripada bingung, saya ambil Set Menu. Rasanya bikin merem melek saking enaknya!

Kalau sudah menikmati aneka hiburan di area F1, naiklah Singapore Flyer jam 19.45 agar tepat jam 20.00 bisa lihat mobil F1 start di Pit Stop! Pemandangan dari kapsul transparan di atas ketinggian bianglala raksasa ini dijamin paling spektakuler deh! Deru mobilnya aja pasti kedengeran dari sini lho! Bila punya tiket F1 yang meng-cover Zone 1 dan 2, Anda gratis turun-naik Singapore Flyer sepuasnya.

Balapan F1 dan acara-acara lain akan berakhir jam 12 malam. Abis itu adrenalin kan masih tinggi, jadi bawaannya nggak ngantuk. Nah, di Singapura pagi buta gitu enaknya ngapain dong?

(bersambung)

24 comments

Leave a Reply