[Adv] Cara hemat bermain di Sentosa

Pilihan seru wahana di Sentosa

Liburan sekolah ini rencana liburan ke mana kah? Ada yang rencana ke Singapura? Well, Singapura adalah negara tetangga terdekat dan termudah aksesnya dari Indonesia. Orang Indonesia pertama kali ke luar negeri pun sebagian besar ke Singapura dulu. Rasanya emang beda banget, disamain sama Jakarta juga beda. Singapura sangat teratur dan bersih dengan infrastruktur yang canggih sehingga akses ke mana-mana mudah.

Pusat wisata di Singapura terletak di Sentosa, sebuah pulau yang telah direklamasi sehingga menampung segala macam fasilitas hiburan untuk segala usia. Tak heran Sentosa mengklaim diri sebagai “Asia’s Favorite Playground”. Selain Resort World, Sentosa terbagi 3 area lain, yaitu: Imbiah Lookout, Beaches dan Siloso Point. Masing-masing terdapat berbagai macam wahana permainan yang seru. Ke sananya paling gampang naik MRT jalur ungu (North-East Line) sampai stasion MRT Harbour Front. Masuk ke Vivo City, naik ke lantai 3, lalu naik Sentosa Express.

Berikut ini 13 tempat favorit saya di Sentosa:
[1] Fort Siloso – Benteng yang dibangun oleh Inggris pada tahun 1880an berisi peninggalan Perang Dunia II, seperti tunnel, barak, bunker, koleksi senjata dan dokumen.
[2] The Flying Trapeze – tempat belajar berayun dan terbang ala sirkus akrobatik.
[3] Sentosa CineBlastroller coaster virtual di kursi yang bergerak 6 aksis. Bikin deg-degan banget!
[4] Sentosa 4D Magix – nonton bioskop dengan efek digital 4D.
[5] Desperados – naik kuda-kudaan otomatis sambil main menembak target.
[6] Tiger Sky Tower – naik menara berputar setinggi 131 meter sampe bisa lihat Malaysia dan Indonesia.
[7] The Merlion – patung setengah singa dan setengah ikan ini adalah icon Singapura, kita bisa naik sampai ke puncaknya setinggi 37 meter. Di bawahnya ada Merlion Walk, jalan sepanjang 120 meter penuh dengan mosaic warna-warni.
[8] Butterfly Park & Insect Kingdom – lihat, dengar, dan cium koleksi kupu-kupu dan serangga di tengah hutan.
[9] Images of Singapore – museum tentang sejarah Singapura dengan display multi-media dan multi-screen yang keren.
[10] Bicycle & Island Explorer – keliling Sentosa naik sepeda bersama guide yang informatif.
[11] Segway Eco Adventure – bentuknya seperti mobil campur sepeda tapi tanpa mesin, bisa buat jalan-jalan nggak pake keringetan.
[12] Skyline Luge & Skyrides – meluncur turun dengan jalan berkelok-kelok sepanjang 688 meter naik luge (semacam go-cart dan toboggan), abis itu naik skyrides (semacam kereta gantung terbuka). Seruu!
[13] Sentosa Nature Discovery Guided Tour – belajar ilmu pengetahuan alam dengan cara atraktif dan interaktif.

Nah, dari semua itu kan tetep ada biaya tiketnya. Kalau dihitung-hitung, ikutan ke-13 itu bisa abis $167,50 untuk dewasa dan $130,50 untuk anak 3-12 tahun. Eh sekarang ada cara yang lebih hemat lho! Beli aja Sentosa Play Pass, semacam tiket terusan yang dapat dipakai untuk menikmati seluruh wahana permainan. Keuntungan lainnya adalah bisa menghemat waktu antrian sampai 2 jam! Soalnya dengan tiket terusan tersebut, kita nggak usah lagi bolak-balik ngantri beli tiket di loket tiap wahananya.

Kalau mau main seharian dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam, paling hemat beli Day Play Pass seharga $63,90 untuk dewasa atau $47,90 untuk anak-anak pada saat weekday. Gile, diskonnya berarti sampai 65% loh! Kalau Sentosa Day Pass yang dipake saat weekend/public holiday, harganya $69,90/dewasa atau $51,90/anak – masih oke banget karena diskonnya berarti sampai 58%.

Tapi kalau malas bangun pagi atau kurang tenaga main di ke-13 wahana itu, ambil Noon Play Pass yang berlaku jam 2.30 siang sampai jam 7 malam. Dari ke-13 wahana di atas, bisa pilih 4 di antaranya dengan harga pass $37,90/dewasa atau $31,90/anak saat weekday, atau $39,90/dewasa atau $33,90/anak saat weekend/public holiday. Masih lumayan hematnya sampai 27% dibanding beli satuan.

Kalau merasa ke-13 wahana itu kurang menantang, gimana kalo coba 6 wahana ini:
[1] Wave House Flowrider – pertama di Asia, tempat surfing dan body-boarding di atas ombak buatan setinggi sampai 3 meter!
[2] Jewel Cable Car Ride (2 way) – oke banget melihat Sentosa dari ketinggian naik cable car.
[3] Climbmax @ Megazip Adventure Park – uji ketangkasan di atas jembatan goyang yang terhubung di antara pepohonan tinggi.
[4] Megazip @ Megazip Adventure Park – naik flying fox sepanjang 450 meter setinggi 72 meter.
[5] Segway Guided Tour – naik Segway yang unik ini sambil dipandu keliling Sentosa.
[6] Heritage & Island Explorer – naik sepeda sambil dipandu keliling Sentosa.

Pilih 3 dari ke-6 wahana di atas, beli Premium Play Pass seharga $65,90/orang untuk weekday atau $71,90/orang untuk weekend/public holiday. Satu permainan kalau beli tiketnya satuan harganya $30, jadi dengan pass ini bisa menghemat sampai 27%.

Makan sepuasnya!

Untuk makan, ada juga All-You-Can-Eat-Pass atau tiket khusus yang bisa makan sepuasnya di restoran Tastes of Asia dan Tastes of Singapore yang terletak di Imbiah dan Siloso. Seharian bolak-balik juga nggak apa-apa loh. Harganya cuma $19,90 udah bisa makan mulai dari appetizer, main course sampai desert, belum termasuk minuman. Makanannya ala Asia dan Barat, seperti Singapore Chicken Rice, Nonya Prawn Laksa, dan Spaghetti Napoli. Kalau untuk saya sih cocok, secara makannya banyak 🙂

Sebagian wahana sudah pernah saya tulis di sini. Informasi lengkap tentang Sentosa Play Pass bisa dilihat di sini. Selamat berhemat! Have fun!

*[Adv] atau advertorial adalah informasi mengenai produk dan jasa, dalam blog ini yang berhubungan dengan traveling dan blogging.

Author

Trinity is Indonesia’s leading travel writer and blogger. Author of 13 national best-selling books including “The Naked Traveler” series - which will become a movie in 2017.

35 comments

Leave a Reply