Lokasi Film “Trinity Traveler” yang Kece!

Lokasi Film “Trinity Traveler” yang Kece!

Film “Trinity Traveler” (2019) yang diadaptasi dari buku The Naked Traveler 2 sudah bisa ditonton di Netflix Indonesia mulai 16 Juli 2020. Meski filmnya berdiri sendiri-sendiri namun bisa dibilang film ini adalah sekuel dari film “Trinity, The Naked Traveler” (2017), jadi sebagian adegannya ada juga di film ini.

Yang masih penasaran kenapa yang jadi Trinity adalah Maudy Ayunda, atau pengen tahu cerita tentang behind the scene dari film pertama bisa dibaca di buku The Naked Traveler 7.

Dengan judul film yang ada kata “traveler”-nya, maka pasti isinya ada tentang jalan-jalannya. Nah, ini saya bocorin tempat-tempatnya ya? Kali bisa jadi inspirasi untuk destinasi jalan-jalan selanjutnya.

  1. Filipina
    – Liburan bareng ke Filipina sebenarnya dijelaskan di film pertama, namun saat Trinity menerangkan tentang Bucket List-nya dan jajan makanan lokal di pasar itu syutingnya di Quiapo Market. Pasar ini dibangun sejak abad ke-19 yang awalnya merupakan tempat belanja orang kaya di daerah Quiapo. Seabad kemudian pasar ini semakin penuh dan bikin macet sehingga dipindahkan oleh pemerintah ke Quinta Market. Dulu saya kadang ke pasar ini untuk mengantar teman-teman Muslim yang sholat di Golden Mosque.
    – Saat sahabat-sahabat Trinity, si Yasmin dan Nina, juga sepupunya Ezra mengunjungi Trinity yang lagi kuliah di di Manila, mereka makan di Casa Roces. Disebut sebagai restoran favoritnya Presiden Aquino, menunya makanan campuran Filipina-Spanyol. Ingat, Filipina dulu dijajah Spanyol selama 333 tahun jadi banyak budaya dan bahasa yang berasal dari Spanyol.
    – Lalu mereka jalan-jalan di sekitar Intramuros di mana Ezra berlagak jadi tour guide. Intramurous adalah cikal bakal kota Manila sekarang. Dibangun oleh bangsa Spanyol pada 1571, Intramuros dikelilingi oleh tembok besar yang berfungsi sebagai benteng pertahanan – makanya dinamai Intramuros, yang dalam bahasa Latin berarti “di dalam tembok”. Di dalamnya lah terdapat bangunan bersejarah, antara lain Balluarte San Diego (benteng yang terdiri dari dua lingkaran tembok sebagai sistem pertahanan) dan Casa Manila (museum berisi rumah dan furnitur zaman kolonial yang dibangun oleh Imelda Marcos).
    – Kuliahnya Trinity di kampus Asian Institute of Management. Ini kampus beneran saya pas ambil S2 dulu! 🙂
  2. Nusa Tenggara Timur
    – Semua syuting dari berenang bareng, nongkrong di pantai, tur melihat komodo lokasinya di sekitar Taman Nasional Komodo, antara lain di Pulau Rinca, Pulau Padar, Pink Beach. Sebagian dari kalian pasti udah pernah ke sini dong? TN Komodo adalah satu-satunya tempat di dunia yang merupakan habitat komodo, spesies kadal terbesar di dunia! Juga merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site dan terpilih sebagai New7Wonders of Nature. Bukan hanya karena komodonya, namun sekawasan ini memang kece banget baik di darat maupun di lautnya!
    – Adegan Trinity nongkrong di kafe sama Paul, video call sama gengnya, dan jalan-jalan di pelabuhan, syutingnya di Labuan Bajo. Kota ini merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal menuju Taman Nasional Komodo dan pusat fasilitas pariwisatanya, termasuk bandara.
  3. Lampung
    – Sekilas adegan Trinity berlari dan di atas puncak gunung dan nongkrong pake ransel itu di Gunung Anak Krakatau. Psst, di film pertama saya jadi cameo di lokasi ini lho! Anyway, letusan Gunung Krakatau pada 1883 merupakan salah satu yang terdahsyat sepanjang sejarah dunia, bahkan debunya sampai mengubah cuaca dunia selama setahun! Pada kawasan kalderanya muncul lah Anak Krakatau yang jadi tempat syuting.
    – Pertemuan Trinity dan Paul pertama kali di Way Kambas. Ini adalah Taman Nasional perlindungan gajah dan sekolah gajah pertama di Indonesia.
    – Trinity dan Ezra vlogging di pantai itu di Pulau Mahitam yang dapat ditempuh naik kapal sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Ketapang. Pantainya berpasir putih, bahkan pasirnya timbul saat air surut.
    – Saat vlogging di dalam museum itu ada di Museum Ruwa Jurai yang berisi 4.735 buah benda koleksi tetang perjalanan sejarah propinsi Lampung.
    – Trinity minta nomor telepon Paul dan Trinity bertemu Paul dan Raline itu di Taman Wisata Lembah Hijau. Ini kompleks aktivitas outdoor yang lengkap, mulai dari kebun binatang sampai waterpark.
    – Trinity dan Paul duduk di atas tebing itu di Gigi Hiu. Pantai ini tidak berpasir dan bukan untuk berenang leyeh-leyeh namun penuh dengan batu karang yang tajam bak gigi hiu yang sangat fotogenik.
    – Mendekati akhir film, Trinity curhat ke Erza di Pantai Sari Ringgung. Ini salah satu pantai favorit di Lampung karena airnya tenang dan dangkal serta lumayan bersih, letaknya sekitar sejam berkendara dari kota Bandar Lampung.
  4. Maldives
    Flashback pertemuan Trinity dan Paul di Maldives disyuting di Club Med Kani dan Club Med Finolhu Villas. Kedua pulau kece ini ekslusif dimiliki oleh jaringan resor global Club Med.
  5. Sulawesi Selatan
    – Di awal film Trinity naik perahu dan jalan-jalan di antara perbukitan karst itu lokasinya di Rammang-Rammang. Tempat ini merupakan gugusan pegunungan di Maros yang berjarak 40 km dari Makassar.
    – Trinity makan coto Makassar, syutingnya di Aroma Coto Gagak. Terletak di Jl. Gagak, ini coto (semacam soto daging sapi) legend di Makassar yang bukanya 24/7.
    – Adegan di taksi sama supir garing disyuting di kota Makassar.

Ada yang sudah pernah ke tempat-tempat yang disebutkan di atas? Kalau belum, yuk lah cus ditonton aja di Netflix!

6 Comments

  • Adie Riyanto
    July 30, 2020 5:18 pm

    Hehehe budhe, Rammang-Rammang itu di Sulawesi Selatan, bukan Sulawesi Tenggara ?

    Selalu happy baca kisahnya. Udah pernah ke semuanya kecuali Maldives ?

    • Trinity
      July 31, 2020 10:45 pm

      Nyaru sama NTT! Hehe! Oke, makasih koreksinya. Ganti ah.

  • Hasan Basri
    July 30, 2020 6:06 pm

    Tuhaaaaaan. Yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul. Duh, Suka banget pokoknya dengan tulisan kak Trinity. Ditunggu ya kak tulisan selanjutnya.

  • AP
    August 2, 2020 6:40 am

    Mantap e…..

  • Morasio Palentino
    August 4, 2020 7:45 pm

    Pengen banget ke anak krakatau, tp keburu telat. Semenjak erupsi huhu

  • Muyassaroh
    August 6, 2020 2:45 pm

    Jika ditanya apakah pernah mengunjungi tempat-tempat di atas, jawabannya belum semuanya bahkan 🙁
    Meleleh lihat tempat seindah itu. Minimal harus nonton dulu deh sebelum mengunjungi tempatnya langsung *meski entah kapan…

Leave a Reply

Leave a Reply