[Tayang Hari Ini] Film Trinity Traveler

[Tayang Hari Ini] Film Trinity Traveler

Sungguh tidak menyangka setelah 14 tahun nge-blog dan 15 buku terbit akhirnya jadi film layar lebar! Gilanya lagi, tidak hanya 1 film yang berjudul Trinity, The Nekad Traveler yang telah tayang pada 2017, tetapi ada film lanjutannya berjudul Trinity Traveler yang tayang pada 28 November 2019 di bioskop seluruh Indonesia!

Film Trinity Traveler ini diadaptasi dari buku The Naked Traveler 2 yang awalnya terbit pada 2009. Ternyata, tepat 10 tahun kemudian diangkat ke layar lebar! Karena buku-buku saya adalah nonfiksi dan ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadilah dua film itu tentang saya yang dimainkan sama Maudy Ayunda. Ehem!

Karena banyaknya pertanyaan tentang buku dan film tersebut, saya coba rangkum di bawah ini:

Apa perbedaan film pertama dan kedua?
Film pertama (Trinity, The Nekad Traveler) menceritakan tentang Trinity dari anak kantoran yang mengejar passion-nya menjadi travel writer dan akhirnya menerbitkan buku. Film kedua (Trinity Traveler) menceritakan tentang Trinity yang sudah jadi bloger/penulis serta permasalahannya dengan keluarga dan hubungan cintanya. Masing-masing film sebenarnya bisa ditonton terpisah, jadi tidak perlu nonton yang pertama dulu karena masing-masing punya cerita utuh yang berbeda.

Seberapa mirip antara buku dan filmnya?
Bahasa buku dan bahasa film adalah dua hal yang berbeda. Buku saya adalah kumpulan cerita pendek mengenai perjalanan keliling dunia, jadi adaptasinya harus dibuat cerita yang linear. Jadi, tidak semua cerita di buku bisa dibuat film. Sebagian cerita yang diambil misalnya, tentang kuliah S-2 Trinity di Filipina.

Di cuplikannya, kok, ada adegan romantis gitu, sih? Beneran atau fiksi?
Beneran, dong! Cuma nggak ditulis aja di buku. Gaya pacaran saya ya kayak gitu, sambil traveling bareng dan berenang bareng. #eaaa

Apakah tokoh-tokohnya beneran ada?
Ada, dong! Baik di buku dan di film ada sahabat saya, Yasmin dan Nina. Juga sepupu saya, Ezra. Kami berempat memang cukup sering traveling bareng dari dulu. Penampakan tokoh dalam film yang kadang berbeda, contohnya Ezra yang aslinya tinggi dan putih, dalam film jadi Babe Cabiita. Paul pun beneran ada, lho! Aslinya sih cowok bule, tapi dalam film jadi Babang Hamish, ya, nggak nolak juga! Hehe!
Masih inget kisah Mr. X yang bikin kalian semua pengin kenalan? Ah, ditonton aja ya?

Seberapa jauh keterlibatan saya dalam pembuatan film ini?
Sebelum dibuat skenario oleh Rahabi Mandra, para produser, sutradara (Rizal Mantovani), dan saya duduk bareng untuk membuat ide cerita, plot, dan karakter berdasarkan pengalaman pribadi saya. Lumayan, nama saya jadi masuk ke credit titleIhiy!

Apakah saya ikutan main film?
Hmmm … kasih tahu nggak, ya? Ditonton aja, deh!

Bakal ada film berikutnya lagi dari buku The Naked Traveler 3, nggak? Atau, yang buku Round-the-World?
Belum ada rencana, sih. Makanya film ini kudu ditonton kalian, biar jadi banyak penonton, biar sukses—kali aja dibikin film lagi! Amin!

Mending mana duluan, baca bukunya atau nonton filmnya?
Sebaiknya baca dulu, sih, buku The Naked Traveler 2. Jadi, ada gambaran kehidupan Trinity itu kayak gimana, biar nanti pas nonton filmnya nggak kaget, atau malah ngiler nggak karuan lihat perjalanannya.
Kalau belum baca, bisa dibeli di toko buku atau order online di mizanstore.com mumpung ada edisi khusus The Naked Traveler 2 dengan cover film, plus dapat ucapan dan tanda tangan saya!

Bonus: Kata para cast dan sutradara tentang film ini, juga testimoni para selebritas Indonesia

3 Comments

  • I K A (@tiranniaa)
    November 28, 2019 11:22 pm

    Kasih tau daypack nya Maudy Ayunda beli di mana, dong? Pengen eh!

  • walley
    November 29, 2019 10:19 am

    Saran aja mbak, kalau ada project pelem. Mbaknya turun langsung as conselor jadi semua harus lewat persetujuan mbak dulu. Soalnya lihat pelem pertama kok, rada jauh dari ekspetasi getuh.

    • Trinity
      November 29, 2019 10:38 pm

      Kalo ga nanem duit, mana bisa? :/ Udah nonton yg kedua?

Leave a Reply

Leave a Reply