Pesona Da Nang dan Hanoi

Pesona Da Nang dan Hanoi

Saya suka traveling ke Vietnam, alasannya karena murah meriah. Kita sering mengeluh dengan kurs mata uang Rupiah, tapi di Vietnam kita berasa superior karena 1 IDR = 1,7 VND! Sudah beberapa kali saya ke Vietnam, pertama tahun 2006 dan terakhir Juni 2016 kemarin. Saya perhatikan perkembangan ekonomi Vietnam sangat dahsyat – dari mulai nggak ada restoran franchise global, sampai sekarang sudah ada mal mewah berjualan barang branded. Saat ini pun sudah semakin banyak orang lokal yang bisa berbahasa Inggris. Yang tetap sama adalah tayangan TV di-dub oleh suara satu orang ibu-ibu itu doang (baca di buku The Naked Traveler 2)! ๐Ÿ™‚

Sayangnya, turis Indonesia ke Vietnam umumnya โ€œmentokโ€ di selatan yaitu di Ho Chi Minh City (HCMC), mungkin karena pesawat direct dari Indonesia adanya rute Jakarta-HCMC. Padahal banyak yang bisa di-explore di wilayah tengah dan utaranya yang merupakan tempat kedelapan situs UNESCO World Heritage Site. Ke tengah bisa dimulai di Da Nang, ke utara bisa dimulai di Hanoi.

Da Nang

Da Nang adalah kota terbesar di Central Vietnam. Dulunya Da Nang adalah pusat air base AS saat Perang Vietnam, namun saat ini ia adalah kota yang paling modern dibanding kota-kota lainnya di Vietnam. Berada di sana serasa di negara maju karena bangunannya relatif baru dan bersih. Da Nang berpusat di Sungai Han yang dihubungkan dengan 2 jembatan cantik, yaitu Tran Thi Ly Bridge yang menyerupai layar kapal dan Dragon Bridge yang berbentuk naga. Pada malam hari, kedua jembatan tersebut menyala berwarna-warni jadi kece untuk difoto. Bahkan sekarang sudah ada Sun Wheel, kincir raksasa setinggi 115 meter.

Da Nang beach
Da Nang beach

Da Nang merupakan hub untuk mengunjungi situs bersejarah yang terdaftar dalam UNESCO Heritage Site seperti Hue (istana kekaisaran yang mirip Forbidden City di Beijing), Hoi An (kota kuno abad 15-19) dan My Son (kompleks candi Hindu abad 4-14). Alasan lain turis ke Da Nang adalah berwisata pantai. Di timur kota Da Nang terdapat pantai panjang berpasir putih, lengkap dengan resor mewah – bahkan masuk ke dalam salah satu dari Worldโ€™s Most Luxurious Beach versi Forbes. Bisa dikatakan Da Nang adalah Bali-nya Vietnam, disukai turis asing maupun lokal. Event MICE (Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions) berskala internasional pun sering diadakan di sana, seperti BMTM Danang 2016.

Marble Mountains
Marble Mountains

Highlight pariwisata Da Nang adalah Marble Mountains yang merupakan rangkaian 5 bukit yang kalau diterjemahkan bernama Gunung Tanah, Air, Api, Kayu dan Besi โ€“ masing-masing terdapat gua dan patung Buddha. Kalau punya waktu sebentar, pilih ke Thuy Son (Gunung Air) aja karena bisa naik pakai lift. Pemandangan dari puncaknya keren! Sedangkan situs pariwisata terbaru yang tak jauh dari Da Nang adalah Than Tai Hotspring. Luasnya 165 hektar di kaki gunung, terdiri dari berbagai macam kolam pemandian air panas dan air dingin, termasuk onsen ala Jepang.

Hanoi

20160625_104645
Patung di makam Giarai, Museum Ethnology, yg melambangkan kesuburan.

Dibanding HCMC yang kota bisnis, saya lebih suka Hanoi yang lebih tradisional, lebih hijau, dan cuaca lebih sejuk. Ada banyak museum dan temple di Hanoi, yang terkenal di antaranya adalah Ho Chi Minh Mausoleum, Ho Chi Minh Museum, dan Temple of Literature. Yang terbaru saya kunjungi adalah Museum of Ethnology tentang budaya suku-suku di Vietnam. Tapi sekedar jalan kaki atau nongkrong di sekitar Old Quarter dekat Hoan Kim Lake aja saya betah. Soal kuliner, di mana pun di Vietnam sih saya doyan, tapi di Hanoi lah mie Pho (dibaca โ€œfeโ€ dengan e pepet) diciptakan.

Atraksi utama di Hanoi adalah menonton Water Puppet alias pertunjukan wayang di air. Namun setahun ini ada atraksi baru, yaitu Ionah Show. Semacam pertunjukan Cirque du Soleil yang mencampurkan drama, aneka tari termasuk aireal dance, dan sirkus tanpa binatang. Meski plot ceritanya kurang jelas, saya acungkan jempol untuk para performers dan artistik panggung.

Halong Bay from the junk boat
Halong Bay from the junk boat

Tidak afdol ke Hanoi kalau tidak mengunjungi Ha Long Bay yang merupakan UNESCO Heritage Site. Untuk ketiga kalinya saya ke sana dan saya tetap kagum! Meski sama-sama terdiri dari ribuan pulau bertebing karst, berbeda dengan Raja Ampat, di Ha Long pulau-pulaunya lebih rapat satu sama lain dalam area yang lebih kecil. Berlayar naik junk boat (kapal tradisionalnya) cuma 15 menit aja udah memasuki gugusan kepulauannya. Di sebagian pulau terdapat gua-gua superluas yang bisa dimasuki dengan berbagai bentuk stalaktit dan stalagmit yang aneh. Ditambah lagi desa-desa apung para nelayan lokal yang masih tradisional. Jadi memang keren dan berkesan magis.

20160627_144931
Trang An

Selain perbukitan karst di Ha Long yang berada di laut, ada juga yang berada di darat, yaitu di Trang An Scenic Landscape Complex. Baru masuk daftar UNESCO Heritage Site pada 2014, Trang An dikelilingi sawah, hutan hijau, dan bukit-bukit karst setinggi sampai 200an meter. Menikmati pemandangannya, kita harus naik kapal kecil kapasitas 4 orang yang didayung oleh seorang ibu-ibu menyusuri sungai selama 3-4 jam. Kerennya lagi, selain bisa mengunjungi kuil-kuil Buddha, sambil naik kapal kita juga diajak keluar-masuk gua-gua sempit sampai badan harus menunduk takut nabrak stalaktit โ€“ tidak disarankan bagi penderita claustrophobic!

Tips

  • Vietnam bisa dikunjungi sepanjang tahun. Kalau tidak mau rame, hindari ke Vietnam pada musim panas Juni-Agustus karena pas musim liburan anak sekolah Vietnam. Harap diingat, di Hanoi pada musim winter Desember-Februari suhunya bisa di bawah 10ยฐC dan sering tertutup kabut.
  • Lebih baik menukar mata uang US Dollar ke Vietnamese Dong seluruhnya. Meski sebagian toko bisa menggunakan Dollar, tapi lebih untung membayar dalam Dong karena di toko 1 USD dihargai 20.000 Dong padahal kurs 1 USD = 22.500 Dong (kurs Juni 2016).
  • Wi-Fi gratis banyak tersedia di Vietnam, kecepatannya pun lebih kencang daripada Indonesia. Namun bila ingin membeli SIM Card, beli aja di bandara yang banyak pilihan. Paket data 3G sebesar 5 Giga sekitar 100.000 Dong.
  • Dari Jakarta penerbangan ke Da Nang dan Hanoi bisa menggunakan Vietnam Airlines dengan transit di Ho Chi Minh City.
  • Informasi pariwisata Vietnam, bisa dibaca di www.vietnamtourism.com

50 Comments

  • @dodon_jerry
    July 13, 2016 11:19 pm

    Bulan depan bakal explore. Banyak yang seru nih. Sekalian nunggu bukunya muncul ya kak… ngga sabar

    • cumilebay
      July 13, 2016 11:25 pm

      Eh iya bener mending yukar dong semua yaaa, kapan lalu gw bayar pake USD
      Vietnam mmg murah dan sebagai pecinta noodle, disini gw menemukan surga nya

  • Yudi
    July 14, 2016 3:49 am

    wah wah wah.. daripada ke malaysia kayaknya mendingan ke vietnam nih.. apalagi cewek2nya katanya ehem ehem ๐Ÿ˜€

  • senangsenangyuks
    July 14, 2016 6:46 am

    Huaaaa, jadi pengen ke Vietnam. di bookmark dulu halaman ini. ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

  • Travelling Addict
    July 14, 2016 7:05 am

    waktu itu saya cuma sempat ke HCMC doang ๐Ÿ™

    salam http://www.travellingaddict.com

  • Iqbal Rois
    July 14, 2016 7:53 am

    Beugh.. Abis diendorse jordania, sekarang diendorse vietnam.. Keceh kamu kaka.. ?

  • Ika nh
    July 14, 2016 8:41 am

    kakakkkk keceeee abisssss, 4 jempol dahhhh (y)

  • ariefamarta
    July 14, 2016 9:33 am

    aduh aduh, jadi makin pengen ke Vietnam, belom kesampean dari tahun lalu

  • Bai RUindra
    July 14, 2016 11:33 am

    Wah, bisa alternatif liburan ni Mbak ๐Ÿ™‚

  • Anonymous
    July 14, 2016 11:53 pm

    Hebat ih sekarang Vietnam, salute.

  • Pasar Rumah
    July 16, 2016 5:15 pm

    Wah, gak nyangka Vietnam tempatnya bagus-bagus juga. Kayaknya seru dikota Da Nang, apalagi liat foto Marble Mountainsnya, bagus banget.

  • Promo Dieng
    July 17, 2016 7:19 pm

    Ah jadi pengen ke Ha Long Bay, katanya pemandangannya kece. Liburan ke luar negeri tidak perlu mahal. Vietnam jadi trip selanjutnya nih. Ditunggu cerita berikutnya Mbak Trinity ๐Ÿ™‚

  • rezkyra
    July 18, 2016 8:59 pm

    sekarang baru bisa baca ceritanya, besok semoga bisa kesana,hehe

  • Bobby Ertanto
    July 18, 2016 11:39 pm

    Noted kak, dicatet dulu ini.. belum pernah ngunjungin vietnam sama sekali

  • ayu
    July 19, 2016 4:24 pm

    tempatnya kece banget ya, jadi pengen kesana, heheh

  • Abdul Wahab
    July 19, 2016 6:57 pm

    Someday I have to go there ๐Ÿ™‚

  • nuniek
    July 21, 2016 8:12 am

    Thrang An, mungkin mirip Kars yang ada di Maros, Sulsel yaa..

    CIIW

  • Ludvy
    July 22, 2016 3:15 pm

    Ingin rasanya jalan2 ke Hanoi vietnam, mungkin suatu saat nanti

    http://www.royaltajur-bogor.com/

  • kusumaningrini
    July 27, 2016 10:11 am

    Pernah tinggal di Hanoi ngikut ortu kerja. Kuliner di Vietnam gak kalah sama Indonesia untuk yang muslim agak susah nyari yang halal. Pho-nya enaaakkkk!! (apa karena gak halal ya? :P)
    Someday pengen banget napak tilas ngajak anak-anak ke Vietnam.
    Makasih tulisannya

  • soni
    July 27, 2016 3:49 pm

    widih, kece bangat tuh tempatnya, pengen deh kesana, hehehe

  • Sina
    July 27, 2016 6:18 pm

    keren banget tempatnya,,,Bali seakan enggak ada apa2nya,,,heheheh

    makasih mbak referensinya,,,

  • Kharis
    July 28, 2016 8:52 pm

    Jika ingin bulan madu ke Vietnam. Apa Mba T. punya saran tujuan wisata yang romantis dengan harga yang manusiawi?

    Terima kasih

  • jimmy
    July 29, 2016 8:09 am

    Brapa biaya yang habis untuk explore hanoi mba, karena kmaren saya dari saya kayanya mahal mahal. Rujak saja 100.000 dong 85rb rupiah. Pernak pernik yg kecil kecil juga kisaran 50.000 dong – 100.000 dong . jarang yang bisa berbahasa inggris. Mereka hanya bilang i dont know. Kecuali mungkin pake tour guiede. Saya kebetulan stay di hanoi waktu itu. Ya untuk lake di hanoi dekat market pada waktu malam itu bagus sekali .turtle lake . taxi ada yang mahal ada yang murah. Saran saya cari yang warna hijau. Kalo yang lain di putar putar

  • Turis Happy
    July 29, 2016 7:31 pm

    Makan Pho wajib banget kalau ke Vietnam ya kak… walaupun pesannya yang beef tetap aja kuahnya pakai pork ๐Ÿ™‚

  • Mirwan Choky
    July 31, 2016 3:01 pm

    Mantap gan, udah jalan-jalan kemana-mana aja nih. Salam travel blogger yah. http://www.mirwans.com

  • pipit
    August 2, 2016 4:42 pm

    menarik! tapi wisata ke sini kids friendly gak sih??

  • irhamfaridh
    August 3, 2016 11:22 am

    Hanoi keren juga yak! Pengen ke Halong Baynya, semoga taun depan bisa nyusuk kesana mba hehehe

    http://www.irhamfaridh.com

  • Anonymous
    August 8, 2016 7:53 pm

    kalau untuk beli di sim card di airport mudah cari nya ?? sekalian di bantu proses registrasi nya ?terus kl itu 100.000 vnd 5 gb utk brp hari ? thanks

  • arisandi
    August 8, 2016 8:56 pm

    keren, ngumpulin duit dulu ah biar bisa kesana

  • Eka
    August 9, 2016 8:50 am

    Danang memang keren, dulu waktu kerja di kapal pesiar star cruise pernah kesana….sungainya sebagai jalur pelayaran yg airnya terkenal keruh namun seru….seperti berlayar di atas sungai..

    Salam blogger
    http://www.baliterkini.com

  • Levina Mandalagiri
    August 10, 2016 6:49 am

    Lebih enak ke daerah Hanoi dan Da Nang yak. Euuuh, kalau HCMC apa aja yak yang menarik? Denger-denger biasa aja, ngga ada yg menarik. Rekomendasi makanan yang halal murah enak di HCMC dong … thx.l

  • dodo
    August 12, 2016 6:31 am

    waktu kerja d kapal, sering nih mampir ke da nang… turis jepang emang pada demen…

    buat kru kek kami, seneng ke sini karena bisa makan kangkung dan udang murah…

  • Ibe
    August 13, 2016 9:26 am

    Mba Trinity kan pasti ngabisin banyak uang bgt dari travelling? Trus cara dapetin uangnya darimana ya mba dan bisa menutupi masalah keuangan lainnya

    • untari
      November 14, 2016 9:31 pm

      coba baca buku-bukunya mas, pasti ngerti darimana mba T dapetin duit buat travelingnya

  • omnduut
    August 25, 2016 4:17 pm

    Belum sempat ekplor Vietnam *menataptikethangus, cuma lumayan bisa menodai toilet di bandaranya *ceritanyatransitdoang ๐Ÿ™‚

    Mudah-mudahan tahun depan bisa ekplor dari bawah sampe atas Vietnam. Eh selama di sana gak kena scam kan mbak T?

  • Wirawan | tunawisma.com
    September 2, 2016 1:00 am

    yang saya suka dari Hanoi adalah udaranya yang adem ๐Ÿ™‚

  • Saiful Bahri on wisata lombok
    September 4, 2016 12:19 am

    tujuan wisata yang Amazing banget
    saya juga referensiin banget untuk berkunjung ke pulau Lombok http://www.pakettourlombok.com

  • Roda dan Roti
    September 16, 2016 1:12 pm

    Numpang ya mba T. Yang mau ke Hanoi bisa baca panduannya secara lengkap di sini. https://rodadanroti.com/2016/07/01/cara-mudah-dan-murah-ke-hanoi-vietnam/

  • Hotelmurahdio
    September 25, 2016 5:52 am

    Keren benar dua kota ini Da Nang dan Hanoi di Vietnam

  • Wepe Ramadhan
    October 5, 2016 6:53 pm

    Sepertinya saya harus nyoba nih ke vietnam.
    Tapi saya butuh guide. Ada rekomendasi yg bisa saya jadikan guide selama fi vietnam kak?

  • karimun jawa
    October 7, 2016 3:16 am

    patungnya parno ah min hhhhh….

  • Babang Travengler
    October 10, 2016 12:07 pm

    mudah2an taun ini bisa kesana ?

  • sarah
    November 10, 2016 12:20 pm

    Oke mbak, di noted dulu infonya. Semoga tahun depan bisa berkunjung ke vietnam.

  • untari
    November 14, 2016 9:03 pm

    wah jadi pengen juga, kayaknya asia memang layak dikunjungin buat yang pengen coba-coba traveling ke luar negeri bagi pemula ya

  • Babang Travengler
    November 21, 2016 11:32 am

    makasi kak,tulisan inj jadi referensi babang buat xplor vietnam minggu depan ?

  • wahyu eka arini
    January 16, 2017 1:10 pm

    Akupun dari HAnoi Desember kemarin mba. bener. Leyeh2 di Hoan Kiem Lake ajah seru banget. Pengen ke Vietnam lagi.

  • neng ayu
    January 28, 2017 7:51 pm

    aku pun jatuh cinta dengan Hanoi, kalau di Indonesia, Hanoi itu ibarat Jogja. Sejuk, otentik, romantis. 2009 kesana dan akan kesana lagi suatu saat nanti.

  • casa
    June 26, 2017 11:51 am

    boleh juga nih vietnam, mudah mudahan bisa kesana, bikin tambah semangat nih ngumpulin duitnya

  • Novita Romana
    February 28, 2018 12:08 pm

    haii kak, aku mau ksna bln mei. jd menurut kakak, kita lbh untung tuker USD ke dong di sana yah?? ato beli disini??

    Salam, Novi

  • masirwin
    September 29, 2018 4:49 pm

    tahun depan mau ke Hanoi, semoga gak kesasar ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Leave a Reply