Singapore for Adrenaline Junkies

Kalau lagi ‘sakau’ pengen melakukan aktivitas beradrenalin, pilihan terdekatnya ya ke Singapura. Setelah naik Tornado-nya Dufan, rasanya di Indonesia saya sudah tidak ada tantangan lagi. Berikut tempat-tempat yang patut dicoba bila sakau adrenalin. Saya pakai skala (1) sampai (5), dengan (5) adalah skala tertinggi alias bener-bener bikin jantung mau copot.

Tiger Sky Tower dan Singapore Flyer (1)

Tiger Sky Tower ada di Sentosa, sedangkan Singapore Flyer ada di Marina Bay.

Tidak ada yang ‘serem’ dengan kedua atraksi di atas, tapi bagi yang takut ketinggian termasuk bikin lutut lemas. Tiger Sky Tower tingginya 131 meter dan mengklaim diri sebagai observation tower tertinggi di Asia. Kita duduk melingkar di dalam ‘ruangan’ observasi menghadap kaca luar, lalu pelan-pelan ‘ruangan’ ini berputar ke atas sampai mentok dan turun lagi. Pemandangan yang terlihat tentu area seputaran Sentosa. Sedangkan Singapore Flyer tingginya 165 meter atau setinggi 42 lantai. Ia berupa Giant Ferris Wheel (seperti Bianglala di Dufan) tapi kita masuk di dalam sebuah kapsul terbuat dari kaca. Baru dibuka tahun 2008, Singapore Flyer adalah yang tertinggi di dunia saat ini – lebih tinggi 30 meter daripada London Eye. Perputarannya memakan waktu 37 menit sendiri sehingga puas melihat kota Singapura dari berbagai penjuru karena kanan-kiri-atas-bawah terbuat dari kaca tembus pandang!

Sentosa Luge & Skyride (1)

Luge adalah semacam kendaraan luncur tanpa mesin dan terbuat dari kayu. Ada track aspal sepanjang 650 meter dari puncak bukit ke bawah, tepatnya di Imbiah Lookout, Sentosa. Karena awalnya saya dipakaian helm dan ada training singkat, saya pikir akan serem. Cara mengendarainya adalah menarik setir sehingga luge meluncur, kalau mau mengurangi kecepatan atau berhenti tinggal menurunkan setirnya. Ternyata tidak seram, meski saya sudah pake kecepatan maksimum menuruni lereng. Malah menurut saya, lebih serem pas naik Skyride-nya. Kita duduk di papan kayu yang digantungkan kabel dan bergerak naik menyusuri kabel. Seperti naik cable car tapi tanpa alas, dinding, maupun atap.

Sentosa CineBlast (2)

Di antara semua atraksi di Sentosa, favorit saya adalah CineBlast. Ini tergolong cinema ride, artinya kita nonton film layar lebar dengan teknologi 4D sambil duduk di semacam kapsul berisi 6 kursi dengan sistem gerak 6 axis. Terakhir saya nonton eh naik “Extreme Log Ride”. Kami diberi kaca mata 3D dan diikat tali pengaman di kursi. Ceritanya di sebuah hutan tempat pemotongan gelondongan kayu, kita sedang naik kereta kecil di atas rel. Tiba-tiba kereta lepas kendali sehingga meluncur kencang di antara gelondongan kayu yang siap digergaji! Ditambah lagi kereta meluncur tinggi ke atas gunung, tau-tau turun dengan curam dan cepat ke dalam air terjun! Rasanya perut saya benar-benar teraduk-aduk, ditambah lagi dengan efek angin kencang yang menerpa muka. Sepanjang film saya jerit-jerit dan berusaha ‘ngeles’ dari gergaji. Wih, seru banget!

Wild Wild Wet (3)

Tak banyak orang (Indonesia) tahu tentang tempat ini, tapi rides-nya lumayan bikin jantungan. Wild Wild Wet adalah water park yang berlokasi di Pasir Ris. Ada jacuzzi, air terjun, kolam arus sepanjang 335 meter, dan ada kolam ombak yang besar dan lamaa sehingga bikin capek watertrappen. Yang lumayan seru adalah Ular-Lah, luncuran dari ketinggian gedung 3 lantai dengan menggunakan ban. Ada juga Waterworks, luncuran ganda yang satu terbuka dan yang lain tertutup. Sialnya, ketika di luncuran tertutup, saya stuck di tengah luncuran.  Mungkin karena kegendutan sehingga tidak mampu meluncur sampe ke bawah. Yang jelas bikin klaustrofobik karena merem dan melek sama aja, sementara saya nggak tau gimana caranya keluar. Tapi yang paling hebat adalah Slide-Up. Kita naik ke atas menara setinggi gedung 4 lantai sambil membawa ban berisi 2 orang. Dari samping, bentuk ramp-nya seperti huruf U. Jadi dari menara (ujung atas kanan huruf ‘U’) turun hampir tegak lurus aja gitu dan terpental lagi ke ramp sebelahnya bolak-balik. Duh, bikin lemes bener!

G-5 Extreme Swing & G-Max Reverse Bungy (4)

Keduanya terletak di Clarke Quay, tempat gaul di pinggir Singapore River yang berjajar restoran dan nightclub. Dari jauh pasti terlihat 5 tiang crane setinggi puluhan meter persis di pinggir sungai dan di bawahnya puluhan orang menonton. Pertama saya naik G-5 atau ayunan raksasa. Caranya ada kapsul bolong berisi 5 kursi tanpa alas, dinding, maupun atap. Kapsul ini pelan-pelan ditarik ke salah satu crane setinggi 50 meter. Luar biasa stres mengingat kita hanya diikat tali pengaman dengan kursi hampir terbalik dan kaki melayang di udara. Lalu.. CTAK! Tali dilepas sehingga kami terayun superkencang dengan kecepatan 120 km/jam ke depan sangat tinggiiii, dan ke belakang, dan ke depan, berkali-kali. Gilaaa!! Lain lagi dengan G-Max alias bungy-nya terbalik. Artinya, bukannya kita terjun ke bawah melainkan dilontarkan ke atas. Saya dan seorang teman didudukkan di semacam kursi yang dibalut rangka besi. Kursinya bolong aja gitu, tidak ada atap, sisi, dan tidak ada pegangan tangan. Petugas mengikatkan tali pengaman dari kedua bahu ke selangkangan dan sekeliling pinggang. Perlahan-lahan tali yang dikaitkan ke kedua tiang mengencang, bagaikan ketapel yang siap meluncurkan peluru. Dua kali asap disemburkan ke kursi, entah untuk apa. Baru saja saya mau menahan napas, tau-tau… ZIIIIINGGG… kursi terlontar ke atas ketinggian 60 meter dengan kecepatan 200 km per jam! Secara ilmiah, kita bisa merasakan 5 G Force atau sama dengan ngebut naik mobil Formula One. Tidak ada yang bisa saya lakukan selain berteriak kencang. Poros kursi berputar 360° berkali-kali sambil saya terlempar ke atas ke bawah berkali-kali! Enaaakk!!!

Battlestar Galactica, Universal Studio (4)

Ada lagi yang asik, sayangnya sampai tulisan ini dimuat Universal Studios belum dibuka. Namanya Battlestar Galactica, yang sempat saya lihat dari Tiger Sky Tower. Dari jenis jalurnya, saya bisa bilang bahwa ini masuk ke skala 4. Roller Coaster ini berjalur ganda dan mengklaim diri sebagai tertinggi di dunia. Katanya kecepatannya 90 km/jam sampai ke ketinggian 14 lantai.

79 Comments

  • kekeriekee
    March 19, 2010 1:18 am

    Pas ke singapur saya hanya sempat naek singapore flyer mbak..yg laen blom pernah..eh mbak,songs of the sea blom diceritain 😛

  • astridarum
    March 19, 2010 1:19 am

    Kemarin ke Singapur ngga naik Singapur Flyer. Mahal -_-‘

  • ocha
    March 19, 2010 1:25 am

    pernah nyobain cine blast..dan nggak mau lagi…huahahaha!! 😆

  • X BLOGGER
    March 19, 2010 2:34 am

    wew… ternyata kayak gitu yah???? wong aku lum pernah kesana.. jadi ga tw deh… thanks for share mbk…. di tunggu di Pekanbaru 😀

  • Pekanbaru Riau
    March 19, 2010 2:36 am

    pengen banget bisa jalan2 keluar negeri… melalui blog ini jadi tambah wawasan… bisa pegangan kalau2 main kesana…

  • ayas
    March 19, 2010 8:04 am

    i’ll be there ^____^

  • indah_prihatin
    March 19, 2010 9:07 am

    2 minggu yang lalu saya sempet ke singapura mba, dan dari semua yang mba tulis saya nyobain 2, flyer dan skyride. saya coba flyer waktu malem lumayan lah mba pemandanganya cukup bagus tapi sama sekali ga ada serem2nya. tapi pas naik skyride baru serem, awalnya saya kira biasa2 aja bahkan saya paksa dua temen saya untuk naik skyride juga tapi pas udah jalan saya salah apalagi waktu itu saya bawa banyak belanjaan juga dan ditambah saya pakai sendal jadi banyak perasaan campur, takut belanjaan jatuh,sendal jatuh atau orangnya jatuh ditambah sepanjang jalan itu skyride 2 temen saya terus nyalahin saya karna saya paksa mereka naik mana tiketnya pulang pergi jadi 2 kali jalan he3…sory ya guys…

  • -hni-
    March 19, 2010 9:54 am

    wow, jadi pengen uji nyali niy…
    tapi koq harga tiketnya ga dicantumin juga siy… 🙂

  • gabybali
    March 19, 2010 10:38 am

    Wah saya takut ketinggian dan yg serem2, bikin ngilu, jadi buat si Bart aja deh G-Max & G-5 nya, yg mirip ama Bali Slingshot, hiiii udah bayar, dibuat menderita lagi…

    DI Sin, saya ng jadi naik SIngapore Flyer pula, krn tiket masuknya 29.50$ euy, bertiga jadi total mahal bgt mending makan+belanja, maklum kan saya khas turis Indonesia : doyan belanja, makan, jalan2 santaiiii…Arghhhh senang juga ktm Miss T di Sin di Hog’s Breath Cafe itu kawasan apa ya? Raffles ya?? Thanks!!!

  • Bobby Ertanto
    March 19, 2010 11:55 am

    Wah…seru tuh. Liburan tahun ini ke singapore. Aku cobain deh mba, secara suka yg macu adrenalin gitu juga.

  • friska
    March 19, 2010 1:50 pm

    weits……..referensi yang bagus nih mbak….
    tornado udah ga menarik lagi nih….
    mantep deh pokoke…..

  • sarah
    March 19, 2010 3:34 pm

    mba T, referensi harga tiketnya juga dooong, biar persiapan dana nih hehe…jangan2 pas mau beli tiket udh skor jantung karena kemahalan hahaha.

  • feby
    March 19, 2010 4:26 pm

    Kurang seru ya, gak ada lucu2nya khas trinity.
    Lagi iklan sentosa island bgt.
    Lagian dulu katanya gak suka kl ke singapore gak ada yg diliat.

  • yuyus
    March 19, 2010 4:32 pm

    ha…

    feby, singapura emang ga ada lucu-lucunya, serius isinya 😀

    makanya rada surprise bisa masuk ke naked traveler 😉

  • Mayawati
    March 19, 2010 4:56 pm

    Tks lengkap banget infonya. Pas buat saya yg bentar lg ke Spore. Mau coba Battlestar Galactica.

    Btw, ngga ada yg grade 5 ya Mbak di Spore? Kalau bungy jump di Macau mnrt Mbak T masuk grade berapa? 5 kah?

  • Trinity
    March 19, 2010 6:45 pm

    @feby & yuyus: kan saya bukan penulis komedi 🙂 lagian banyak kok tulisan saya lain yg ga lucu jg. kalo soal adrenalin, apapun n di mana pun pasti saya tulis kok.
    @mayawati: yup, bungy macau itu skala 5! 🙂

  • tia
    March 19, 2010 8:20 pm

    huaaahhhh… bulan lalu ke Sin, tapi gak ada satu pun dr tempat2 ini yang saya datangin 🙁 itu berarti HARUS BALIK LAGI… hheheheh..

  • Reza
    March 19, 2010 8:29 pm

    Gaya cerita mb T sllu mmbuat sy seolah2 ikut ngalami petualangan travelingnya,sangat menambah wawasan sy mskipun entah kpn sy bs traveling ke LN

  • Rocky
    March 19, 2010 9:01 pm

    ya saya baru cobain skyride sama luge aja sih, dan waktu itu bareng cewe ku, yg ketakutan malah aku hehehe… masalahnya angin siwir2nya itu loh bikin kaki berasa dingin banget
    dan untuk G-5 Extreme Swing & G-Max Reverse Bungy pernah liat pas di clarke quay, cuma gak ada duit lagi buatnaik itu maklum backpakeran hehehe…
    tapi disini gak ditulis naik cable car dari bukit singapura juga enak loh malam2… kita lintasin singapura sampe lewat diantara 2 mallnya juga, waktu itu dibayarin sama yg punya rumah naik gituan…

  • pepi
    March 19, 2010 9:05 pm

    Saya pergi ke sing nyobain singflyer ama skyride. Sama kayak indah (yang udah komen di atas), singflyer ga ada serem2nya. Lelettttttt banget jalannya, jadi gak berasa. Kalo skyride lumayan lah. Sempet deg2an, tapi akhirnya bisa ketawa ketiwi ma poto2 (bnere kan indah???) ^^

  • lilis
    March 19, 2010 10:39 pm

    Mbak T, kbnrn nech,tgl 24 ini mo ke sin ajak my boy 7th,mnurut mbak mending ajak naik yg mn2 aj ya,yg ga trll serem n ga trll mhl (emak pelit:)) Bnr sih usul tmn2,skln dong hrg tiketnya jd kita bs pilih2. Kl tgl sgt ke universal rugi ga mbak ? Tks jwbnnya,ditunggu lho.

  • dhian
    March 19, 2010 11:51 pm

    saya udah cobain beberapa tuh yang mbak T sebut…tiger sky tower,spore flyer,extreme log….tapi pas saya ke clark quay kok ga liat ada mainan G5 itu ya..uhuhuhuhuh…kalo liat pasti saya tertarik nyobain,mumpung lg di sana 🙂
    moga2 ada rejeki lagi deh, hehehe…

  • Merry go Round
    March 20, 2010 9:18 am

    nga sabar banget nunggu Universal Studio dibuka :))

  • Muhammad Rizwahyudhy
    March 20, 2010 9:25 am

    G-5 Extreme Swing & G-Max Reverse Bungy ngeri banget kayanya. Jadi kepengen naek nih mbak, hehehe.

  • salatiga
    March 20, 2010 10:44 am

    wah bagus banget nih laporannya. Kapan-kapan bisa jadi referensi nih kalo ke singapura. terima kasih mbak

  • rika
    March 20, 2010 11:40 am

    Reverse Bungee dan Extreme Swing nya top abis (tapi ga mau kalo disuru naik lagi hahahaa). Skyride juga lumayan tapi lebih seru Megazip. Flyer sih gada seremnya sama sekali -_-;

  • Shintung
    March 20, 2010 5:10 pm

    oh singapore flyer lebih tinggi dari london eye tho.. kemaren saya naik itu dan.. brrr.. ga ngeliat apa2 tuh. cuma ada gedung lampu mobil lewat hehe.

    naik skyride aja saya gemeteran apalagi yg di clarke quay itu.. temen2 saya pd naik itu, saya sih ogah banget ya.

    eh luge serem lho kalo malem.. *soalnya saya mbayangin ada ‘apa2’ lewat*

  • tirta
    March 20, 2010 5:44 pm

    sebulan yg lalu backpacking kesana dan naik luge & skyride, sama cineblast, luge seru tp gak nyeremin, skyridenya nakutin pegangan terus takut jatoh 😛 lah kaki kita terkewer-kewer di udara gitu, cineblast oke banget, rollercoaster virtual, sayang durasinya kurang panjang.. mo coba flyer sm extreme swing, tp mahal =_=
    klo universal studio udah buka, harus coba Battlestar Galactica yg blue line, itu relnya diatas kepala jadi kita digantung, luar biasaaaaaa…

    harga-harganya sih seingat saya luge and skyride S$11, cineblast S$18, singapore flyer S$29.5, extreme swing S$25, sisany lupa 😀 liat aja di uniquelysingapore.com

  • laura
    March 20, 2010 6:51 pm

    Saya mah bukan penggemar adrenalin, masuk dufan paling naik arung jeram. Pengen ke universal studios tapi emoh naik serem2nya, yang aman2 wae lah

  • rosa
    March 20, 2010 9:31 pm

    Hahaha, jadi ketawa baca komen Indah. September 2009 lalu saya sempat nyobain Skyride dan takutnya lebih karena khawatir sendal jatuh ke bawah. Mana itu sendal minjem punya ponakan pula. Jadinya begitu mau balik arah, buru-buru masukin tuh sandal ke dalam tas, baru deh bisa lega, hahaha…

  • nita
    March 21, 2010 2:19 pm

    udh nyoba g-max reverse bungy, tobattttt…..!!!!

  • shasha
    March 21, 2010 7:44 pm

    mbaak aku blm ke wild wild wet itu, itu ada dimana ya? asik ya tempatnya?

  • Yulia
    March 21, 2010 8:43 pm

    Lho.. yg slingshot itu kan Bali jg punya. Ngapain jauh-jauh ke Sin?

  • Trinity
    March 21, 2010 10:37 pm

    @Yulia: di Bali slingshot dan bungy jumping juga ada, tapi bukan yg tertinggi 🙂

  • troy
    March 22, 2010 12:27 am

    lagian singapura gak jauh kok, cuma 2jam perjalanan udara dr jakarta, trus emang ke singapura cuma mo maen slingshot doang

  • icha
    March 22, 2010 2:02 pm

    antara G-max n slingshot yg ad di bali lebih tinggi n lebih memacu adrenaline yg mna??

  • kalbu
    March 22, 2010 5:36 pm

    saya pernah naik G-5 Extreme Swing & G-Max Reverse Bungy di malaysia. tapi namanya disana entah apa saya lupa. iya uy serem banget. rasanya tereak2 doang gak cukupp…

  • giovani
    March 22, 2010 5:36 pm

    asik liat bioskop sambil di goyang2

  • Danny
    March 22, 2010 9:50 pm

    Salam knal mba T,sy salut ma mba,inspiring many people. Pngn minta tips cara menulis kyk mba donk…Thanx

  • Anonymous
    March 22, 2010 9:53 pm

    Salam knal mba T,sy salut ma mba,inspiring many people. Pngn minta tips cara menulis kyk mba donk…Thanx

  • Hangga Nuarta
    March 23, 2010 4:02 am

    Wah… Bahaya nggak itu Mbak buat yang punya jantung lemah???

  • aryasyaria
    March 23, 2010 1:05 pm

    wuihhhh… singapura hebat ya….knp juga d indonesia kita ga pamerin apa yg kita punya bt jd objek wisata….. wisata d indo kn banyak juga yg bwt olahraga jantung…..ilang d hutan jg seru…hihihihih…

  • Esti
    March 23, 2010 2:59 pm

    Wah, baru sempet nyobain slingshot yang di Bali! Memang seru ya mbak, sayang cuma sebentar sekali. Mungkin next time hrs coba yang di Clarke Quay. Waktu kesana kmrn cuma sempat lihat dari jauh saja. Maklum, kantong cekak. Hehe..

    Saya juga sangat menunggu2 Universal Studio, terutama Battlestar Galactica-nya!

    Btw, izin ngepost linknya di blog ya mbak.
    I’m a big fan ^^

  • Jenny hu
    March 23, 2010 10:25 pm

    Huaa… padahal sudah membulatkan tekad ga akan ke SG lg, tapi jadi tergoda krn reverse bungy-nya..

  • Mitri
    March 24, 2010 2:09 pm

    salam kenal mba T…
    adududdudu saya suka baca the naked traveler.. ^^
    sampe aku pengaruhi temen2 buat baca… hehehhe….
    pengen banget deh bisa ke Spore….
    kesana bakalan deh aku coba semuaanyaa…
    tnhks…

  • wetheya
    March 25, 2010 8:48 am

    Waktu ke S’Pore..yang Paling Seru bagi saya adlh ngeliat orang2 nekat yg lagi naik Ayunan Raksasa ini.. gila!!! tinggi bgttt..diguling2in diatas.. bukannya ga mampu naek ya..tp sy lebih syg sm usus dan jantung di tubuh sy..hehehe..sy kagum, sy mau..tp sy takut ketinggiannnnn!!!!..

  • ade
    March 26, 2010 8:25 am

    Reverse bungy? udah nyoba. tapi kayaknya lebih serem atraksi dufan deh . hehehe.. Orang bule yang bareng sama gue kayaknya pucet. Gw? cuek aja. udah pernah naik yang lebih serem sih. Walaupun tetep aja seer waktu pas posisi free fall hehehe. Dah selesai kaki lemes, tapi bukan gara2 naik reverse bungy, tapi kebanyakan jalan di sg. Maklum orang indonesia jarang jalan kaki. hehehe.

  • totok
    March 26, 2010 8:02 pm

    udah pernah ke fujikyu highland di jepun? kyknya perlu dicoba, dahsyat pisan.

  • Kathy
    March 27, 2010 5:44 am

    Mbak T pgn bgt nih baca Naked Traveler2…tp tinggalku jauh dirantau.

  • NegeriAds.Com Solusi Berpromosi
    March 27, 2010 6:17 pm

    upps… suatu hari nanti aku akan kesana.. 😀

Leave a Reply

Leave a Reply