Anambas kece banget!

Anambas kece banget!

Terus terang nama Anambas baru terdengar di telinga saya pada 2012 saat CNN menyebut Anambas sebagai salah satu dari Asia’s top five tropical island paradises. Saya jadi malu, masa orang bule lebih tahu daripada saya yang (tukang jalan-jalan) orang Indonesia! Anyway, Kepulauan Anambas ada di propinsi Kepulauan Riau yang terletak di tengah laut antara Sumatera dan Kalimantan.

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Akhir Januari 2018 baru lah saya berkesempatan pergi karena nebeng teman yang ada urusan bisnis di sana. Rombongan ke Anambas ini lucu banget ceritanya, ntar deh diceritain di tulisan terpisah. Singkat cerita, instead pergi ke ibukota Kabupaten Anambas di Tarempa, kami malah “kabur” ke Letung.

Jadi Kepulauan Anambas itu terdiri dari 256 pulau tapi cuman 26 pulau yang berpenghuni. Tiga pulau terbesarnya adalah Jemaja (pelabuhannya bernama Letung), Siantan (tempat pusat pemerintahan di Tarempa), dan Matak (pusat perusahaan pengeboran minyak asing). Transportasi umum ke Anambas menggunakan feri dari Tanjung Pinang ke Letung atau Tarempa yang memakan waktu 8-10 jam, itu pun hanya ada 3 kali seminggu dan tergantung cuaca. Jangan membayangkan feri besar seperti dari Banten ke Lampung, tapi ini semacam kapal cepat dengan 125 kursi kayak di bus, plus hantaman ombak yang bikin sebagian besar penumpang muntah! Hadeuh!

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Sebenarnya di Matak ada bandara tapi pesawatnya charter milik perusahaan minyak. Ada juga pesawat berupa seaplane dari Batam ke Pulau Bawah, tapi hanya diperuntukkan bagi tamu resor mewah yang dimiliki orang asing. Kami memilih turun di Letung karena di Pulau Jemaja lah yang pariwisatanya akan dikembangkan karena telah dibangun bandara untuk pesawat komersial.

Sampai di Jemaja, feri merapat di Pelabuhan Berhala. Dinamai demikian bukan karena penuh dosa, tapi karena terletak di Pulau Berhala. Melihat hamparan laut berwarna turquoise rasanya penderitaan disiksa feri langsung terbalas. Kami naik ojek ke penginapan bernama Miranti di Letung yang terletak di pinggir laut. Dengan harga per kamar per malam Rp 180.000 – Rp 220.000, saya surprise dengan fasilitasnya. Bayangin di tempat terpencil gini kamarnya bagus, ada kamar mandi dalam dengan WC duduk, ada TV layar datar, dan ada AC – bahkan di kamar bawah ada shower air panas segala!

Letung dari Pelabuhan Berhala

Setiap hari kami nongkrong di deck Miranti dengan pemandangan spektakuler dan air laut yang jernih sampai keliatan penyunya berenang. Jalan-jalan di Letung menarik karena rumah-rumah penduduknya berbentuk panggung di atas air. Warung, toko, restoran, pasar ada. Mau dugem juga ada di Juliani Bar & Karaoke. Meski ada botol-botol miras, tapi cuman dipajang doang di bar – minum sih tetep kopi dan teh. Hehehe! Maklum sebagian besar penduduknya Islam dan alkohol dilarang sepulau. Untungnya mereka nggak rese kalau liat saya pake bikini di pantai. #penting

A post shared by Trinity (@trinitytraveler) on

Perlu diketahui, penduduk Anambas ini sukunya Melayu, jadi mereka berbahasa Melayu gitu kayak di buku-buku jadul dengan pantun-pantun. Mereka ramah dan suka ngobrol. By the way, cowok-cowoknya ganteng-ganteng lho… dengan rahang kuat, hidung bangir, alis mata tebal, dan bodi tinggi. Tradisi khas orang Riau, kalau sore cowok-cowoknya bukannya main sepak bola, tapi main sepak takraw. Aww, seksinya! Soal kuliner terpengaruh Sumatera semacam kuah asam pedas dan kari. Cocok lah di lidah. Bosan makan ikan dan seafood, ayam juga banyak.

Kalau mau keliling pulau, harus sewa motor. Pantai terdekat yang sering jadi tempat berenang dan nongkrong orang lokal ada di Padang Merlang. Pemandangan sepulau serba hijau dan berbukit-bukit dengan jalan kecil berliku-liku. Tiap melewati pantai, saya langsung nyanyi lagu Coldplay: para para paradise… para para paradise! Apalagi pas ke Air Terjun Neraja yang menurut saya salah satu yang paling kece di Indonesia karena bentuknya berundak-undak dan ada kolamnya di tiap undakan, jadi puas berenang! Ke arah timurnya lagi ada Kuala Maras yang lautnya tenang bak danau luas dan dikelilingi perbukitan hijau. Sedangkan untuk sunset, paling kece nonton dari pantai deket bandara – kalau tidak mendung.

Kolam Neraja tingkat dua

Untuk island hopping, kami sewa kapal pompong. Arahnya ke mana hasil tanya-tanya penduduk lokal. Di Barat ada Pulau Ayam, Pulau Ayam Darat, Pantai Nguan. Di Utara ada Pantai Kusik, Pulau Impol Kecil, Pulau Impol Besar. Semuanya kece-kece banget! Airnya jernih, dalamnya pas untuk berenang, tidak berombak, karang dan ikannya banyak, pasirnya putih kayak bedak, latar belakangnya bukit-bukit hijau, dan sepi pi pi! Warna laut bervariasi dari biru muda, turquoise, sampai emerald green. Di pesisir Jemaja bertumpuk batu-batu raksasa, kadang ada air terjun langsung dari gunung ke pantai jadi bisa bilas air tawar abis berenang di laut! Wah, saya sampe mau nangis saking kagumnya sama keindahan Indonesia!

Kecenya!

Menurut saya, Kepulauan Anambas adalah tempat yang paling kece di barat Indonesia. Pantai kece memang banyak di Indonesia timur, tapi terbangnya jauh dari Jakarta. Anambas ini dekat pula dari Singapura dan Malaysia, jadi potensi industri pariwisatanya besar. Denger-denger sebagian pulau sudah dibeli asing dan para konglomerat Indonesia, namun belum dibangun. Dan karena terletak di barat Indonesia, harga-harga masih masuk akal dan supply bahan gampang tersedia. Soal sinyal ponsel, cuman lancar pake provider monopoli itu, tapi internet cuman nyala 2 menit dalam 24 jam, itu pun ngacir baru jam 3 pagi.

Katanya tak lama lagi pesawat komersial akan terbang ke Jemaja dari Tanjung Pinang. Di sini lah dilema melanda. Kita semua tahu bahwa jika akses makin sulit, tempat makin kece. Sementara bila akses makin gampang, tempat lama-lama bisa hancur saking ramenya (karena oknum yang tidak bertanggung jawab) tapi perekonomian lokal kan harus berkembang. Sebelum rasa khawatir saya berkepanjangan, ada baiknya saya bersyukur pernah ke Anambas sebelum populer.

63 Comments

  • TravelingWithAS
    February 7, 2018 10:22 am

    Udah lama gak main ke pulau kayak gini. Menakjubkan! ?

  • rikomumboy
    February 7, 2018 10:30 am

    Nica story..next ikut saya pulkam ke Tarempa yuk..disana byk spot gak kalah menarik dengan Letung..hehehe

    • Trinity
      February 7, 2018 10:54 am

      Mauuuu!

  • Anonymous
    February 7, 2018 10:38 am

    Udah Ke Siak belum kak Trinity ?? Tapi gak ada pantai untuk diving sih hehe
    Cuman wisata bersejarah doang hehe

  • Anonymous
    February 7, 2018 10:57 am

    jadi inget waktu ke anambas, tiap ngajak orang jawabannya cuma mana tuh? mana tuh? ada apa disana? memang gak terkenal seperti indonesia timur, tapi menurut ku anambas tuh surga seperti raja ampat, saya waktu kesana ombak lagi tinggi jadi gak bisa kepulau bawah, dan waktu itu pulau bawah belum di bangun resort.

    klo ngebayangin perjalanan dari tanjung pinang ke tarempa.. ampun deh 10-11 jam digoyang kapal, tapi pas sampai sana kebayar semua letih…

  • Erna
    February 7, 2018 11:16 am

    Aku nunggu cerita rombongannya aja deh, pasti seru juga.

  • Anonymous
    February 7, 2018 12:08 pm

    ini pertama kali Aku baca tulisan kaka :’v aku juga tau karena Film ‘Trinity The Naked Traveler’. Dari situ dapet motivasi gitu buat ngewujud-in mimpi keliling Indonesia. Salam Kenal ya Kak!^^

    • Raudhatul Jannah
      February 7, 2018 12:09 pm

      btw aku lupa login wkwkwk

  • Anonymous
    February 7, 2018 12:37 pm

    Main-main juga ke natuna mbak. Kepulauan riau juga. Pantai nya juga bagus2 🙂

    • Trinity
      February 7, 2018 1:00 pm

      Next time!

    • petrus Karangan
      February 22, 2018 4:47 pm

      anambas keren… natuna juga.. saya sdh ke kedua kabupaten dikepri ini…biasanya dalam rangka shooting film atau FTV… kami akhirnya shooting di kabupaten natuna… di ranai dan serasan….
      kalau anambas gak jadi shooting karena kesulitan tuk dapat akomodasi dan transport dgn jumlah crew dan pemain sekitar 100 orang….
      sayang daerah daerah ini belum tergarap benar

  • Halim Santoso
    February 7, 2018 4:34 pm

    Tulisan miss T kali ini bikin penasaran ama Anambas oi. Ternyata penginapan nggak semahal seperti pulau-pulau Indonesia Timur. Transportasinya juga terbilang mudah didapat. Tambahin dulu ke wist list ah sebelum Anambas ramai bak cendol. 😀

  • edwin pamungkas
    February 7, 2018 8:33 pm

    Aku suka jalan-jalan. Pengen seperti kak Trinity. Bingung mau mulai dari mana.

  • nianastiti
    February 8, 2018 9:13 am

    Waa jadi pengen ke sana, tadinya tau Natuna doang 😀

  • walley
    February 8, 2018 10:08 am

    Sayang banget foto-foto swimsuitnya dari jauh.

  • rahayuasih
    February 8, 2018 5:28 pm

    Baguuusss bangeettt kak Anambas. Belum banyak yang ekspos tempat ini. Emang alam di daerah Indonesia Timur rata-rata warbiasak…. >.<

  • ciptadyantonid
    February 8, 2018 5:37 pm

    Hmmm….harus bisa ke Anambas nih. Mudah2an 2019 bisa…Nabung dulu heheee

  • Kasamago
    February 8, 2018 7:18 pm

    Mantab.. Ya Allah.. Indah bangets. Jangan sampe industri wisatanya dikuasai asing Aseng.

    Dr Sabang Merauke, semuanya surga..

    Bravo Indonesia ku..

  • Anonymous
    February 8, 2018 11:06 pm

    Gara gara film the naked traveler saya mampir kesini ,saya jg hobby travelling cuman gk punya keberanian sprt mb .tp setelah saya lihat film n baca blog nya mb jd pingin semangatt nabung biar bs travelling kesana kesini thanks ya mb

  • Al-Jawi
    February 10, 2018 12:46 pm

    Ketje badai, keren banget ya mba…
    Semoga Pemerintah sana bisa mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut.

  • Didy
    February 11, 2018 5:01 pm

    Aduh telat baca postingan barumu Mbak. Ah baca dan liat IG nya Mbak Trinity bikin kepancing mau ke Anambas hehe, kok bagus2 ya pemandangannya. Ketjeeeh lahir bathin !!

  • ridho
    February 13, 2018 6:57 pm

    I liket it

  • Rasya
    February 13, 2018 11:22 pm

    Saya pernah setahun bertugas di Anambas.
    Disana pantainya emang kece-kece banget.
    Coba deh ke pulau penjalin yang berada di dekat pulau matak, itu pantai terbaik yang pernah saya kunjungi disana atau di pulau durai, tempat konservasi penyu yang pantainya bikin gagal fokus

  • Kemana-lagi
    February 14, 2018 5:23 am

    Anambas…….????? Baru dgr ? Pengunjungnya kebanyakan bule ya mba

  • Eka
    February 14, 2018 3:46 pm

    Hai, ini pertama kali saya Baca blognya kk trinity, yah sama sih kya yg lain,karena nonton filmnya…saya jadi punya semangat lagi untuk Wujudkan mimpi saya untuk around the world ?, tapi Kak trinity udah pernah kepulau Simeulue nggak?? Disana juga ada spot yang menarik loh, alamnya juga masih alami banget…
    Ya senang bisa dapat motivasi dari cerita” kk… Salam kenal?

  • NgeFood
    February 18, 2018 10:31 pm

    Surga yang tersembunyi mbak,,,ditunggu cerita selanjutnya mbak.

    mudah2an suatu saat bisa kesana. bagus banget spotnya….

  • Abimanyu Travel Malang
    February 18, 2018 10:59 pm

    Waa jadi pengen ke sana, semoga nanti ada waktu buat kesana

  • Bragi Baharudin
    February 18, 2018 11:16 pm

    penasaran sama anambas nih! eh btw jangankan anambas! kak Trinity waktu saya backpacking ke Gili Trawangan aja saya merasa asing banget! wong turisnya buleee semua, saya sampe kaget ini masih di indonesia tapi turis domestiknya nggak ada! mereka gak tau apa ya pulau-pulau di indonesia luar biasa indahnya!!!

  • Ulfa Khairina
    February 20, 2018 7:45 am

    Pertama kali dengar tentang Anambas. Tapi tulisan di ending itu benar, kalau sudah akses ke sana mudah, keindahannya akan dijahili oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Semoga dapat kesempatan ke sana. Ngebayangin 10 jam di feri dan harus menghadapi kenyataan mabuk laut. Speechless!

    Salam kenal mbak Tri,

  • fauziah rachmawati
    February 21, 2018 9:01 am

    wowwww… Kepulauan Anambas terdiri dari 256 pulau tapi cuman 26 pulau yang berpenghuni… banyak yang sepi nih… Indonesia kece badai jumlah pulaunya..

  • fauziah rachmawati
    February 21, 2018 9:02 am

    wowwww… Kepulauan Anambas terdiri dari 256 pulau tapi cuman 26 pulau yang berpenghuni… banyak yang sepi nih… Indonesia kece badai jumlah pulaunya..

  • igar
    February 21, 2018 11:22 pm

    Asyik yah mbak, bisa jalan” terus. Klw mbak Trinity, tempat yg paling berkesan di kelilinggi di indonesia itu pulau apa yah mbak ?

  • KARMAN
    February 22, 2018 11:00 pm

    Hallo bang Trinity, salam kenal aku Karman aku juga seorang traveler tapi karena tugas kuliah aku beberapa tahun fakum hehehe

    Oh iya, ini adalah kali pertamaku membaca tulisan mabak, wow aku takjub itupun karena kemarin aku nonton film mbak Neked Traveler Inspirasi banget, aku Kuliah di salah satu kampus di Sumbawa NTB, disana juga banyak loh tempat wisatanya apalagi wisata lautnya
    kece-kece, air terjun Pokoknya mbak harus kesana
    nanti Call aja yaa kalau mau kesana di: 085339207096

    • Desi Zulfiany
      February 25, 2018 11:23 pm

      Apah abang ahahahaha waduh belum kenal ni ni berati,,, trinity itu bukan abang2 melainkan kakak2 mas ahahaha

  • menuwisatadieng
    February 24, 2018 3:26 pm

    Emejing

  • Desi Zulfiany
    February 25, 2018 11:22 pm

    Kakak udah ke lagoi bay di bintan kah?

  • Bima Satria Ramadhan
    February 26, 2018 2:27 pm

    my next buckedlist, bismillah

  • Anonymous
    February 26, 2018 2:49 pm

    ini di sulawesi tengah

    https://www.youtube.com/watch?v=sE9Gj2-P80k

    intip …!!

  • Septia
    February 26, 2018 4:50 pm

    Sering lihat updatan teman2 blogger di Pulau Anabas ini, dari foto aja udah kece banget ta, apalagi kalo datengin tempat ini langsung. Duh kangen lauuuut.

  • Wisata Tour
    February 27, 2018 9:45 pm

    Wah keren banget, tapi perjalanannya butuh perjuangan juga ya gan namun dengan hasil yang memuaskan saya yang daerah tetangga di Medan aja baru dengar nih namanya

  • syifa muthiah
    February 28, 2018 10:11 am

    Pagi kak, gimana sih jadi seperti kakak? Menjadi traveler? Aku sekarang juga mencoba menjadi traveler tapi belum jauh2..

  • Untari travel notes
    March 6, 2018 11:08 am

    Pantainya kece abis, dan bener, semakin sulit akses semakin bertahanlah si daerah wisata dari pengrusakan. Tapi ya ekonomi tuh kaya pisau bermata dua. Dan mau ga mau harus mau. Beuh ribet amat gue ngomongnya

  • Saipul Muiz
    March 10, 2018 8:05 am

    Wahhh… Jadi pengen jalan-jalan nih hee

  • Bawangijo
    March 11, 2018 12:03 pm

    Aihhhhhh cakep bangeeeet!!

  • Anindita Ayu
    March 15, 2018 9:27 am

    Kecenya Anambas! Mau ajakin travelmate ke sini ah nanti

  • Misu Pinku
    March 15, 2018 9:28 am

    Kerennyaaaa. Suatu hari nanti harus ke sini.

  • Trackback: Anambas kece banget! — The Naked Traveler – ikayulianipratiwi
  • Anonymous
    March 19, 2018 10:03 pm

    Thx kak. Karena kakak aku jadi doyan traveller juga hahaga

  • Nuggraaha
    March 26, 2018 10:23 am

    berawal dari nonton film The nekad traveller, jadi suka baca blog nya ka Trinity. makin cinta indonesia deh hehe

  • indra pradya
    March 28, 2018 9:14 am

    wah bakal ke Anambas deh…penasaran.. justru tempat yang tak populer tapi punya keindahan yang maksimal itu kudu di datengin langsung…

  • Ratih
    March 29, 2018 11:52 pm

    Bagus manakah dengan Misool? Pengen kesini kalo ada pesawat, 10 jam naik kapal ferry kecil terlalu lama. Sayangnya semua pulau dan pantai2 bagus sudah dijual ke asing, termasuk pulau di Anambas.

  • Bethesda Elizabeth Lumbantoruan
    April 9, 2018 2:31 pm

    Dari aku remaja sudah sering dengar kepulauan ini Krn dulu sepupu ku sering melaut kesini. Doi bilang pantai nya cantik. Someday i Will be there…

  • Anonymous
    April 13, 2018 8:57 pm

    wahh keren banget kak trinity,,, saya jadi kepengen jadi traveller kyak kk

  • Anonymous
    April 13, 2018 9:02 pm

    wahh keren kAK trinity,, saya jadi kepengen jadi traveller kyak kk

  • Ceritanya SalsiN
    April 21, 2018 4:03 pm

    pengen rasanya buat nulis pengalaman perjalan kita spt blog kak Trinity ini tapi selalu mentok dan bingung sendiri, mau buat Vlog ngomong depan kamera gak pedean.
    gara2 film Nekad Traveller jadi singgah dimari dan berfikir semangat nulis lagi gak ya.. hehee

Leave a Reply

Leave a Reply