ASEAN Tourism Forum 2016

ASEAN Tourism Forum 2016

Sebuah e-mail mengundang saya untuk hadir dalam acara ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manila, Filipina, yang akan diadakan pada 18-25 Januari 2016. Saya langsung berbunga-bunga membacanya, karena; Pertama, saya akan “pulang kampung” ke Filipina. Kalau belum tahu, Filipina adalah negara favorit saya setelah Indonesia. Berkali-kali saya traveling ke sana, bahkan pernah tinggal di Manila untuk sekolah S2. Kedua, sebagai travel writer, saya sangat tertarik dengan industri pariwisata dunia. Dengan hadir di acara ini, saya akan tahu peta kekuatan pariwisata di ASEAN, apalagi kita sudah memasuki MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Semoga saya bisa menyumbang sesuatu bagi dunia pariwisata Indonesia dari hasil liputan saya. Ketiga, dengan undangan ini, saya bangga saya diakui secara regional meski pemerintah Indonesia aja nggak pernah ngundang saya di ATF 🙂

logo atfATF adalah upaya regional untuk mempromosikan wilayah ASEAN sebagai tujuan wisata. Acara tahunan ini melibatkan semua sektor industri pariwisata dari 10 negara anggota ASEAN, yaitu: Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Setiap tahun, setiap negara anggota bergantian menjadi tuan rumah. ATF 2016 menandai ulang tahunnya yang ke-35 sejak pertama kali diadakan di Malaysia pada 1981.

ATF bertujuan untuk menjadikan ASEAN sebagai tujuan wisata tunggal yang menarik, meningkatkan kesadaran ASEAN sebagai tujuan wisata yang sangat kompetitif di Asia Pasifik, menarik lebih banyak wisatawan ke negara anggota ASEAN, mempromosikan wisata ASEAN, dan memperkuat kerjasama antarsektor industri pariwisata ASEAN. Sebagai konvensi tahunan industri pariwisata ASEAN, ATF mempromosikan pertukaran ide, mengulas perkembangan industri, merumuskan rekomendasi bersama untuk lebih mempercepat pertumbuhan pariwisata ASEAN.

Selain itu, ATF juga menyediakan tempat untuk menjual dan membeli produk pariwisata regional dan individu negara anggota ASEAN melalui TRAVEX (Travel Exhibition) selama 3 hari. Para penyedia produk pariwisata ASEAN dan para pembeli internasional dapat langsung melakukan bisnis pada acara tersebut. Setiap tahun ATF TRAVEX dihadiri oleh 1.600 delegasi yang terdiri lebih dari 450 international buyers and 150 media internasional.

ATF kali ini bertema One Community for Sustainability. Keindahan Asia Tenggara terletak pada orangnya yang hangat dan ramah, budaya, bahasa, agama, arsitektur, kuliner, dan geografi. ASEAN adalah destinasi bagi para pencari petualangan, backpackers, pengusaha, keluarga, penggemar fotografi, pecinta laut dan gunung, dan masih banyak lagi. Asia Tenggara akan meningkatkan kepuasan wisata, memastikan pengalaman yang baik bagi para wisatawan, meningkatkan kesadaran dan mempromosikan praktik pariwisata berkelanjutan.

Wah, penting banget kan acara ini? Nah, bagi Anda pelaku bisnis atau pemerhati pariwisata dan ingin menjadi bagian dari ATF 2016, silakan ke http://www.atfphilippines.com

Liputannya menyusul ya? *siap-siap packing*

Author

Trinity is Indonesia’s leading travel writer and blogger. Author of 13 national best-selling books including “The Naked Traveler” series - which will become a movie in 2017.

46 comments

Leave a Reply