Wisata murah meriah di George Town

Beach Street

Penang adalah salah satu tempat favorit saya di Malaysia. Alasannya karena murah meriah! Murah harganya, meriah wisatanya, terutama untuk wisata budaya dan kuliner. Penang sebenarnya adalah semacam propinsi, tapi orang lebih mengenal sebagai Pulau Pinang meski wilayahnya juga termasuk Seberang Perai. Kali ini saya fokus main di George Town, ibu kota Penang yang terdaftar ke dalam UNESCO Heritage Site karena mereka berhasil melestarikan bangunan bersejarahnya yang merupakan perpaduan gaya kolonial Eropa dan budaya Asia.

Tempat Wisata Gratis

Enaknya di George Town, banyak tempat menarik yang gratisan. Modal jalan kaki doang, keliling-keliling liat bangunan tua dan mratiin orang menyenangkan sekali. Sebelum jalan, saya cari referensi di internet, salah satunya ini.

Beberapa tempat favorit saya adalah:

Seluruh George Town sebenarnya didominasi oleh shophouses, semacam ruko bergaya arsitektur eklektik Cina Selatan. Di Asia Tenggara banyak terdapat shophouses semacam ini, tapi cuman di Malaysia dan Singapura yang bagus melestarikannya. Ruko bertingkat dua ini dicat warna-warni, kadang dijadikan toko, café, restoran, atau rumah pribadi.

Beach Street – disebut juga Bank Street karena merupakan pusat kantor bank komersial dunia. Siap-siap banyak motret di jalan ini karena bangunan di sekelilingnya keren banget, jadi berasa kayak kota di Eropa!

Padang Kota – di daerah sekitar Lebuh Light, terdapat Clock Tower, Town Hall, City Hall, dan Penang State Assembly Building, yang keren banget bangunan kolonialnya.

Lebuh Farquhar – sepanjang jalan ini terdapat bangunan era kolonial yang megah, seperti St. George’s Church (gereja Anglican tertua di Malaysia), Cathederal of The Assumption (gereja Katholik sejak 1860), dan Court Building (gedung Mahkamah Tinggi yang bergaya Palladian).

Uncle bikin kuih

Chowrasta Market – Ini adalah pasar tradisional yang jualannya macem-macem, termasuk jajanan enak-enak. Nonton deh si Uncle (di sana semua pria tua dipanggil “uncle”) bikin Po Piah Skin (kulit lumpia) atau Nyonya Kuih (kue basah tradisional).

Little India – nggak usah jauh-jauh ke India, daerah ini India banget. Mau beli kain sari atau gelang bangle, mau nyukur alis pake benang (threading), mau tindik hidung, atau makan samosa sampai dessert India ada di sana.

Kapitan Keling Mosque

Kunjungi juga Sri Mahariamman Temple (candi Hindu tertua di Penang sejak 1883 dengan menara setinggi 7 meter berisi 38 patung cantik), Kapitan Keling Mosque (mesjid tertua di Penang sejak tahun 1800), dan Goddess of Mercy Temple (kelenteng tertua di Penang sejak tahun 1728).

Clan Jetty – perkampungan imigran asal Cina yang berumur 100an tahun yang rumah-rumahnya terbuat dari kayu berdiri di atas laut. Lingkungannya bersih dan lumayan untuk leyeh-leyeh lihat laut.

Cheong Fat Tze Mansion

Sedangkan yang pake tiket masuk tapi wajib dikunjungi di George Town adalah Fort Cornwallis (benteng terbesar di Malaysia yang dibangun tahun 1786), Cheong Fat Tze Mansion (rumah orang kaya asal Cina yang menang UNESCO Conservation Heritage Award), Pinang Peranakan Mansion (museum Baba-Nyonya) dan Khoo Kongsi Temple (kelenteng salah satu klan Cina tempat syuting “Anna and The King”).

Makan

Susu almond + kwetiaw kuah = RM 5

Orang Malaysia sendiri mengakui bahwa makanan paling enak se-Malaysia ada di Penang. Selain enak, murah pula! Char Koay Teow (kwetiaw goreng), Koay Teow Soup (kwetiaw kuah), Hokkien Mee, Lor Bak, Chee Cheong Fun, Wan Tan Mee, Pork Porridge, rata-rata cuma RM 3/porsi, tapi ini 100% haram. Untuk makanan halal jangan kuatir, ada Nasi Kandar (nasi campur ala India), Roti Canai, Assam Laksa, Fried Oyster dengan harga RM 1 – RM 5 aja. Atau Nasi Lemak paling enak sedunia yang cuman RM 1,50/porsi di Sri Weld Food Court! Untuk dessert, cobain deh Ice Cendol dan Rojak-nya. Maaf, kali ini saya harus bilang bahwa rasanya lebih enak daripada punya kita. Kalau minuman favorit saya sih Ice Almond Milk! Wih, segerr!

Penginapan

Banyak hostel/guest house bertebaran di George Town, terutama di sekitar Lebuh Chulia. Harga per orang per malam di dorm murah banget, mulai dari RM 12. Kemarin sih saya nginep di sebuah hostel di Jalan Hutton yang menempati bangunan tua kolonial keren, harganya RM 30.

Transportasi

Saat ini setiap hari udah ada direct flight naik Air Asia dari Jakarta ke Penang, juga dari Surabaya (3x seminggu) dan Medan (3x sehari). Kota George Town sendiri relatif kecil, ke mana-mana bisa jalan kaki. Kalau malas, bisa naik bus MPPP Rapid Penang CAT.. gratis tis tis! Cari aja halte yang tulisannya “Hop On Free” dan bus yang tulisannya gede “City Hop On”, mereka berhenti di 19 titik strategis yang dekat dengan destinasi wisata di sekitar George Town. Masih malas juga, bisa naik becak yang penuh dengan hiasan bunga plastik. Harganya kudu tawar-tawaran, tapi sering kasihan karena yang narik aki-aki tua gitu. Kalau iseng, cobain naik ferry dari George Town ke Butterworth di mainland, dan itu gratis loh! Lucunya, balik dengan rute Butterworth – George Town baru bayar RM 1,20.

Catatan: Kurs Desember 2011, 1 RM = Rp 2.850,-

53 Comments

  • iqbal rois
    December 20, 2011 8:00 pm

    waktu baca makanan2nya udah curiga, ternyata bener mbak trinity blg ada yang tidak halal. terima kasih infonya mbak 🙂

    luar biasa ya malaysia. kota tua nan kecil aja bisa disulap jadi kota wisata menarik.

    indonesia sih modalnya udah ada.. tapi bisa gak ya? (??_??)

  • festy
    December 20, 2011 8:00 pm

    Pengeeeen
    How to get there from KL ya mba…??

  • wellydjo
    December 20, 2011 8:12 pm

    emang bener,makan di sana ueennakk n murah dibandingkan di Indonesia,berasa kaya deh!ngangenin lah..

  • Aditya Eka Prawira
    December 20, 2011 8:16 pm

    keren sekali, mbak.
    Kemarin ke Malaysia ga sempat jalan kemana2.. Soalnya niat dari awal cuma buat ngejenguk saudara sakit

  • pules30
    December 20, 2011 8:23 pm

    dari KL, naik kerta api info http://www.seat61.com/Malaysia.htm ambil no yang berhenti di Butterworth trus naik feri..sampe da

  • pules30
    December 20, 2011 8:24 pm

    Makasi Mba Infonya, gw rubah rute da.. lgs sub-penang kaga pake lwt KL.. pulangnya aja ke KL..tq

  • lida
    December 20, 2011 8:53 pm

    Makasih mbak, buat referensi buat ntar april

  • Gaphe
    December 20, 2011 9:28 pm

    Waaah bener bangeet, saya juga barusan melakukan perjalanan KL – Melaka – Penang bulan lalu. Hanya habis 1,3 juta untuk 5 hari 4 malam, termasuk semua-muanya. emang muraah meriah abiss.. selengkapnya sih sudah saya tulis di blog saya

    http://gaphebercerita.blogspot.com/search/label/Penang

    oh ya, Trinity.. satu lagi makanan khas penang yang kudu dicoba : Ais Kacang Merah sama Teow Chew Cendulnya. Sama Asam laksanya yang kecutt abis kayak kejepit ketek

  • Nella
    December 21, 2011 1:44 am

    kwetiaw kuah nya bener2 bikin ngiler, murah pula harganya 😉

  • Memez
    December 21, 2011 3:57 am

    Mkasiiiii net holiday ke sini ah…

  • nna
    December 21, 2011 8:28 am

    penang bener2 menyenangkan.. ga kusut kayak KL… pengen balik ksana lagi.. jangan lupa ke Bukit Bintang naik kereta kuno yang masih kuat nanjaknya mantaaapp… seruu 🙂

  • nna
    December 21, 2011 10:28 am

    eh salah bukan bukit bintang… penang hill yang pake kereta kuno itu… maap yeuh jeng T… 😀

  • Nena Namira Amedyan
    December 21, 2011 11:05 am

    Kalo mau ke Penang dari KL lebih baik naik bis daripada kereta api, karena lebih lama. Soal harga tiket ga beda jauh antara bis dan kereta api. KL-Penang cuma 4 jam naik bis, sedangkan naik kereta api bisa sampe 6 jam.
    Kalo mau naik bis ke penang naiknya dari Puduraya, bisa ambil langsung tujuan ke butterworth dengan harga 30RM atau bisa yang jurusan Changloon/Alor Star lalu bis nanti singgah di Penang.
    Kalo mau nanya lebih jauh silahkan hubungi by ym nena.namira@ymail.com, kebetulan saya kuliah di ujung utara Malaysia alias di Sintok di kampus Universiti Utara Malaysia 🙂

  • Nena Namira Amedyan
    December 21, 2011 11:13 am

    Mba Trinity, next time coba lebih utara malaysia, iaitu Alor Star/Changloon,wisata tempatnya ga sebanyak dan sebagus Penang, tapi soal wiskul jaauuuhh lebih enak dan lebih murah.Ada telor bistik, nasi goreng pattaya, tomyam seafood, kangkung goreng spesial,ikan tiga rasa,dll.yg pasti smua super yummyy!

    Dari 2 tempat itu juga bisa langsung nyebrang ke Selatan Thailand, iaitu Danok-Songklha-Hatyai. Main gate kalo mau ke daerah Thailand lainnya juga. Dan lebih dekat kalo ke Krabi/Phuket/Phi2. Ke Krabi cuma 4 jam dan Phuket 6 jam naik bis,ke Phi-Phi island 2 jam nyebrang ferry tapi harus mampir di Krabi/Phuket dulu.Ongkosnya cuma 267 baht alias 27RM dan ga sampe 90ribu rupiah untuk bis ekonomi AC.

    Utara Malaysia ga kalah seru koq sama ibukotanya KL. Trust me! 🙂

  • ica
    December 21, 2011 12:59 pm

    gitu dong mba ada fotonya, kan jadi makin seru bacanya 🙂

  • Gati
    December 21, 2011 1:34 pm

    dari seluruh wilayah malaysia di semenanjung memang yang paling sesuai rupa dengan kabar adalah penang. tapi ngga segitunya deh, apalagi rojak-nya. jauh lebih enak rujak Indonesia. ini jujur. waktu saya tinggal di kedah hampir tiap wiken saya ke penang.

  • DebbZ
    December 21, 2011 2:22 pm

    wahhhhh asik sekali Miss T. Aku dah lama pengen ke Penang, gara2 dengar di sana banyak makanan enak dan murah.
    Asik nih dah dapat infonya lengkap. Tengkiuuuu 😀

    http://debbzie.blogspot.com

  • nova
    December 21, 2011 8:41 pm

    tapi jangan pernah pergi ke Penang Hill (Bukit Bendera)!! sebab yang orang lokal (dengan menunjukkan IC) cuma bayar RM.8 sementara untuk turis bayar Rm.30 dan disana tidak ada apa2 yg berarti untuk dilihat

  • Fadhil
    December 21, 2011 9:15 pm

    Iya bener, dari 3 kota UNESCO world heritagenya Malaysia:; KL, Melaka, dan Penang, saya paling demennya sama Penang. Penang emang keren banget, komplit, cantik, unik, lezat, dan murah. Berasa banget perpaduan Eropa dan Asianya. Alhamdulillah, udah pernah hampir ke semua tempat yang disebut di atas, bahkan saya sempat (sengaja) ikutan liat orang kawinan di Masjid Kapitan Keling demi….makanan gratis! hahaha.. :p
    Nginep di George Town emang murah, mendongkak kemana-mana dekat cuma modal kaki, kalaupun capek ada free CAT. Penang Hill walaupun nggak bagus2 amat patut dicoba sih sekadar naik kereta doyong-nya.

  • Melisa
    December 22, 2011 2:45 pm

    d penang juga ada Toy Museum loh, htm’a kl ga salah inget RM 10 doank..tmpnya memang sempit krn brgnya sudah terlalu byk.Museum ini milik pribadi, isinya segala macam action2 figure, ada yg kecil2 yg dipajang dlm etalase, ada pula yg guede bgt, spt Hulk, KingKong,Superman,Gundam dll pokoknya surga buat yg suka animasi, action2 figure deh.koleksinya lengkap dr yg imut sampe yg serem dan semua original lohh.
    ini alamatnya di Jalan Tanjung Bungah, jalan menuju arah Batu Ferringhi. Wkt aq kesana, pertengahan thn lalu, sedang dlm renovasi, kemungkinan skrg sudah beres dan rapi.

  • Febryanto
    December 22, 2011 4:39 pm

    Malaka aja ud bagus, jadi pgn ke penang..

  • Gaphe
    December 23, 2011 11:42 pm

    Kalau mau baca free e-book perjalanan ke KL – Melaka – Penang bisa diunduh di http://tinyurl.com/d5e9xvw

  • Trackback: S. A. K. A. U. « EsharAmir's Official Site
  • srimar
    December 24, 2011 10:10 pm

    Makasih untuk infonya, saya udah lama ingin ke Penang.. jadi tambah termotivasi deh..

  • you
    December 25, 2011 8:56 pm

    Iya,,,di penang emang murah..kemarin hbs ke sana..dari butterworth nyeberang naik ferry, nyeberangnya cuman bentar krg lbh 15 menit lah, tapi kmrn belum sempet ngunjungin semuanya, soalnya cuman semalam 2D/1N di sana.

  • Angga
    December 26, 2011 5:28 pm

    Wuih.. Jadi Pengen Wisata Murah Meriah.

  • Indra Kertati
    December 27, 2011 7:29 pm

    Wah, Trinity, jadi dapet ide liburan baru nih. Dekat dan gak mahal yaa. Makasih yaa, Jeng T.

  • indah
    December 28, 2011 11:57 am

    Jadi kepengen jalan2 ke Penang….
    Thankyou ceritanya mbak T….

  • covalimawati
    December 30, 2011 8:35 am

    wah jd pengen ke Penang nih.. 🙂

  • adjieadjoadjie
    December 30, 2011 9:50 am

    Waah pas banget, insya allah awal Februari kesana,,Pas banget nih infornya,,makasih ya mbak trinity,,,

  • Garcia
    January 1, 2012 2:17 am

    Wow.. Cool..

  • Elsie
    January 11, 2012 2:36 pm

    Wah, pas aku ke penang kok malah kecewa ya? Lah gini doang pikirku.. Beli char kwey teow yang diantri banyaak orang, eh lebih enak juga kwey tiauw langganan di surabaya. Makanan lain juga biasa2 aja, nggak ada yg berkesan. Bangunan tua emang lebih terawat daripada yg di indo, tapi yang kayak gitu sih di indo juga banyak (peninggalan belanda). Satu2nya keunggulannya ya lebih bersih, teratur dan punya public transport yg bagus dibandingin indo, that’s all..

  • ghiet
    January 15, 2012 7:46 pm

    Penang bagusss.. bersih rapii… tapi kmrn disaana cuma sehari aja..hikss.. ga sempet ke george town.. perjalanan penang-KL pake bis lebih indah, krn kita lewatin jembatan terpanjang yang membelah laut penang-KL… jadi pengen ke penang lagii..

  • Anist
    January 17, 2012 8:50 pm

    pernah ke penang dan ketagihan assam laksa nya mangstabbbb…, pengen ke penang lagiii…

  • Djoko
    January 31, 2012 5:05 pm

    Tolong dong sekalian tempat wisata belanja cenderamata yg khan daerah ybs biar lengkap ya mbak. Tks

  • Rini
    February 7, 2012 2:59 pm

    Setuju, Penang tempat yang asik dan murah meriah untuk jalan-jalan. Beda dng Melaka yang sangat terasa ditata, Penang menurut saya lebih alami. Yg jelas bikin sirik, krn banyak yg gratis. Tp kok saya nggak banyak nemu makanan enak ya. Di Gurney Drive mencoba bbrp makanan, tetap kurang spicy.

  • Good info
    March 6, 2012 3:12 pm

    Wah jadi kepengen jalan-jalan ke Penang..Malaysia memang paling pinter menyulap kota yg biasa2 saja menjadi Kota yang penuh dikunjungi oleh wisatawan.. Indonesia memang harus banyak belajar utk urusan yg satu ini..:)

  • angel_4eva
    July 14, 2012 11:17 am

    wahhh baca review ny jd makin ga sabar ke penang ^^
    tgl menunggu bulan menuju penang… penangggg here i come!!!

    nice share

    salam kenal smua ^^

  • rully
    July 30, 2012 10:13 pm

    5 hari disana memang menyenangkan.kotanya bersih,rapi dan apik.bangunan tua dijaga dgn baik.pariwisatanya maju.serius dalam mempromosikan bahkan hal yg kecil sekalipun.makanan favorit saya adalah laksa dan jus biji pala yg ada di Balik Pulau.betul2 enak. selebihnya biasa aja.mgkn krn lidah saya sudah terbiasa menerima makanan yg rasanya jauh lbh enak di Medan :). sekembalinya ke Medan sy sedih melihat situasi kota saya.gedung2 tua dan bersejarah dibumihanguskan diganti dgn ruko2 baru yg itu lagi itu lagi modelnya. jalanan jelek,macet,polusi,suara klakson,etiket masy yg ugal ugalan. makanya kl besok2 sy mau nya mbk TNT yg jadi menteri pariwisata biar pariwisata kita bs jauh lbh baik dan menjadi favorite bagi anak negeri sendiri

  • iftalicious
    September 24, 2012 2:51 pm

    mau ikutan nanya boleh ya.
    sis neena kalo mau ke malaysia bagian alor dari indonesia itu ke bandara malaysia yg mana yg terdekat? ^^ thx for info

  • suhaili
    November 2, 2012 1:33 am

    Terima kasih pada komentar yang membina tentang tempat wisata negara saya, Kalau yang ada mengkritik juga tidak mengapa, kami cuba mengatasinya dan menjadikan penang lebih baik di masa hadapan.

  • Lucky
    November 7, 2012 5:54 pm

    ada tau gak ya, kalau dari butterworth tempat bus pemberhentian bus ke airport penang jauh gk ya? kira2 berapa lama? dan gampang gk ya dapetin taxi di butterworth biar cepet ke airport?

  • jennyfer
    November 17, 2012 8:25 am

    saya berencana ke KL bln maret 2013 nanti, tp bingung..
    mau ke KL dulu, atau langsung ke Penang..
    any suggest mba?? thanks

  • hari bunda, tips kehidupan keluarga
    November 21, 2012 10:24 pm

    Sepertinya lebih cocok untuk wisata berdua tanpa bawa anak-anak ya, Mbak. Terimakasih atas infonya ya.

  • puspita
    January 1, 2013 1:57 pm

    halo mba trinity…:))
    klau saya mau ke penang dan brgkt rombongan sekitar 40 an…gimana ya cara charter bis nya?rencananya dari bandara kami mau charter utk menuju hostel…
    atau klu misalnya mau naik rapid dg jumlah kami para mhswa yg byk itu apakah cukup?mksh ya sebelumnya

  • mrs.Kasyi
    January 30, 2013 3:34 pm

    hiii mb trinity i have ur book “the naket travel” really naked travel 🙂 so good job cool 🙂 insyaallah 19-22feb 2013 aku sm tmn2 ke penang…mau menikmati udara dinegara tetangga ,,,liburan ke luarnegri (penang,KL,SIN) jauh lebih lowbudget dibanding dalam negri…SEMOGA INDONESIA bisa memperbaiki pariwisata sebagai sumber devisa terbesar di negara tercinta ini. biar anak negri bisa liburan dgn lowbudget tp luxury trip..amin.

  • theo
    March 1, 2013 1:56 pm

    wah asik, boleh juga tips nya. thanks ya.

    GPS Tracker

  • zoice jahara
    April 15, 2013 7:50 am

    mba kebetulan sy mau ke penang tp antar ibu chek up ke RS adventis…kira2 mba tau dr bandara penang ke rs adventis naik bus nya gmn?kl kita nginepnya sekitaran rs adventis kira2 utk wisata penang yg disebutkan tadi gimana caranya .makasih

  • Anonymous
    November 27, 2013 12:04 am

    @zoice jahara :Naik rapid penang nomor 103 nanti berhenti di george town hotel. Tinggal nyebrang udah adventist hospital. Tapi jam operasi rapid sampe jam 21.00 wita rasanya

  • livia
    December 7, 2013 4:26 pm

    hi, saya lagi buat skripsi tentang Penang. saya mau minta tolong ngisi kuesioner saya ga? ini link nya.. makasih..:) https://docs.google.com/forms/d/1jXupUaUIKPaBBjGAqzqQhO0le3aNYUpjW0AoTPS9OY0/viewform

Leave a Reply

Leave a Reply