FAQ “The Naked Traveler 3” (TNT3)

Kapan TNT3 beredar di toko buku?
Pertama dijual saat launching TNT3 pada 7 Mei 2011, lalu bisa didapatkan di Gramedia Grand Indonesia. Secara bertahap, beredar di toko-toko buku di Jabodetabek mulai minggu ke-2 Mei, di Pulau Jawa (Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dll) mulai minggu ke-3 Mei, di luar Pulau Jawa (Bali, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dll) mulai minggu ke-4 Mei. Penjualan online sudah ada di bukukita.com, sedangkan di blog TNT mulai minggu ke-2 Mei.

Berapakah harga TNT3? Ada berapa halaman?
Rp 54.000. Ada 324+ halaman (lebih tebal daripada TNT1, lebih tipis daripada TNT2).

TNT3 jenis kertasnya seperti apa? Apakah sama seperti kertas TNT1 dan TNT2?
Jenis kertas TNT3 berbeda dengan TNT1 yang putih dan TNT2 yang kertas koran. Yang jelas, jenis kertasnya nyaman di mata dan bukunya ringan.

Mengapa cover TNT3 warnanya oranye?
Setelah TNT1 warna biru, TNT2 warna hijau, maka TNT3 jadi oranye setelah voting pembaca melalui Twitter dan Facebook. Nanti warna cover TNT4 juga begitu mekanismenya.
FYI, 500 pcs cetakan TNT3 pertama memang diburu-buru nyetaknya untuk dibawa pas launching, jadi warna cover oranyenya “turun”.  Selebihnya warna oranye itu akan lebih “ngejreng”.  Jadi, kalau Anda punya TNT3 yang warna oranye di cover-nya agak muda, berarti Anda boleh bangga karena menjadi pemilik pertama edisi orisinil! 🙂

TNT3 ini isinya jalan-jalan ke mana?
Semua buku TNT isinya campur tentang ke mana-mana, baik domestik maupun internasional. TNT tidak ditulis berdasarkan destinasi tertentu dengan detail rute dan harga. TNT berisi kumpulan travel stories yang informatif, menghibur, menginspirasi, bahkan menularkan “virus” yang bikin pembaca jadi pengen traveling terus!

Apa bedanya TNT1 & TNT2 dengan TNT3?
– TNT3 ceritanya lebih “emosional”. Cerita yang lucu bikin ngakak guling-guling, cerita yang sedih sampe bacanya nangis-nangis, cerita yang jijik sampe bikin mau muntah, bahkan ada cerita-cerita horor yang bikin ga bisa tidur!
– Tipsnya sangat praktis dan semua orang pengen tau, misalnya bagaimana caranya bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri, cara hemat pake hp & bb di luar negeri, tips supaya ga brantem sama teman jalan, sampe tips pake kamera saku.
– TNT3 fotonya lebih banyak!

Apakah isi TNT3 ada cerita pengulangan seperti di TNT1 dan TNT2?
Tidak.
Ngulang lagi nih sejarahnya: TNT1 cetakan awal (Juni 2007) sempet dibredel karena dianggap porno, maka buku ditarik dari peredaran, diedit lagi dengan menghilangkan 3 cerita. TNT1 lalu diterbitkan lagi Januari 2008 dengan mengganti 3 cerita itu. Saat TNT2 diterbitkan, ke-3 cerita itu dimasukkan kembali karena tidak fair bagi pembaca TNT1 edisi awal, lagipula ke-3 cerita itu bersambung dengan cerita lain di TNT2.

Apakah perlu punya TNT1 dan TNT2 dulu sebelum punya TNT3?
Ibarat sekolah, TNT1 itu untuk kelas “pemula”, lalu naik kelas selanjutnya di TNT2 dan TNT3. Meski bisa dibaca tidak berurutan, tapi satu sama lain saling melengkapi jadi perlu punya semuanya! 🙂

Apakah isi TNT3 sama dengan yang ada di blog naked-traveler.com?
Tidak. Ada sekitar 30% tulisan yang tidak ada di blog, contohnya cerita tentang Timor Leste dan Korea Selatan. Kalau pun sama tentu tidak sama persis karena sudah melalui hasil editan dari penerbit.

Di mana bisa tahu jadwal meet & greet sama Trinity?
Pasti diinformasikan melalui Twitter @TrinityTraveler dan Facebook Trinity “The Naked Traveler”. Selain itu, bisa cek di blog naked-traveler.com bagian atas kanan berjudul Meet the Author.

Apakah akan terbit buku-buku Trinity lainnya? Duo Hippo Dinamis gimana?
Tahun 2011 ini rencananya mau nerbitin “Duo Hippo Dinamis 2” (lanjutan dari Tersesat di Byzantium) dan “Anthology TNT” (kumpulan cerita yang ditulis pembaca di blog Anthology).
Mudah-mudahan tahun selanjutnya ada TNT4, TNT5, TNT6… DHD3, DHD4, dan seterusnya. Jadi, mohon doanya ya?

Author

Trinity is Indonesia’s leading travel writer and blogger. Author of 13 national best-selling books including “The Naked Traveler” series - which will become a movie in 2017.

21 comments

Leave a Reply