Hotel Harga Hostel

kamar Tune
kamar Tune

Siapa sih yang nggak mau jalan-jalan murah? Sejak ada low cost airlines, orang semakin mudah dan murah untuk bepergian jauh. Orang pun sudah maklum terhadap konsep ‘ada harga ada mutu’. Tapi untuk mencari penginapan murah, masih banyak orang yang kelimpungan.

Tidak semua penginapan punya website. Kalau pun ada, bawaannya curiga karena takut hanya bagus di gambarnya doang. Sejak ada konsep hostel di negara barat, orang sudah mengerti bahwa kalau mau murah harus terima tidak nyaman. Sayangnya masih banyak yang salah kaprah memberikan nama, bahkan ada hidden charge yang tidak diinformasikan sebelumnya.

Tahun lalu di kota Fethiye, Turki, akibat sebuah hostel melakukan kesalahan over-booking, saya dipindahkan ke sebuah hotel dengan harga sama. Tentu saja saya senang sekali bisa tinggal di hotel dengan harga hostel. Begitu masuk kamarnya, saya sibuk mencari remote control AC dan TV. Maklum saya habis berlayar naik kapal laut selama 4 hari dengan suhu udara mencapai 40°C, jadi bawaannya mau ‘ngadem’ di kamar sambil nonton TV. Saya sampe memanjat meja untuk mencoba menyalakan AC secara manual dan memencet-mencet segala tombol di TV, namun tetap tidak bisa nyala. Lalu saya menghubungi resepsionis. Katanya kalau mau pake AC harus bayar tambahan 10 Turkish Lira, begitu pula dengan TV. Dengan misuh-misuh saya akhirnya membayar extra charge demi AC dan melupakan nonton TV, baru mereka memberikan saya remote control. Sialan, jebakan batman! Kalau saja hotel mau terbuka memberikan informasi lengkap sebelumnya, saya sih nggak bakal sekesal ini.

Setahun kemudian konsep hotel dengan tambahan biaya ternyata baru dibuka di Indonesia, bernama Tune Hotels.com. Konsepnya disebut no frills hotel, artinya ‘hotel yang menyediakan kebutuhan dasar saja’ sehingga ‘tamu hanya membayar apa yang digunakan’. Bedanya, Tune ini terbuka memberikan informasi sebelumnya agar tamu tidak kena ‘jebakan’. Jaringan hotel yang dimiliki oleh kelompok Air Asia telah sukses menjadi world’s best low cost airline akibat menyediakan basic services dan men-charge biaya tambahan untuk kenyamanan. Jadi konsep Air Asia dan Tune Hotels kurang lebih sama. Booking via internet. Semakin jauh hari mem-book kamar, maka harga semakin murah. Weekday lebih murah daripada weekend. Bahkan ada juga harga promonya.

Saat ini Tune Hotels baru ada di Malaysia dan Indonesia. Gilanya, mereka berani buka hotel di daerah yang sangat strategis. Biasanya kan hotel murah ya lokasinya jauh dari pusat kota. Di Bali, Tune buka sekaligus di 2 lokasi. Satu ada di Kuta yang cuma 6 menit jalan kaki ke Pantai Kuta yang tersohor, nyaris dekat Hard Rock Hotel. Satu lagi ada di Legian, yang tinggal koprol dari diskotik Double Six dan cuma 3 menit jalan kaki ke pantainya.

Jangan harap Tune bisa untuk leyeh-leyeh. Tidak ada taman, kolam renang, bar, maupun room service. Pemandangan dari balkon Tune ya kolam renang hotel sebelah. Kamarnya juga kecil, cuma muat satu tempat tidur doang. Tidak bisa nekat rame-rame patungan nginap karena tidak bisa pake extra bed. Tidak ada lemari, meja, rak, apalagi TV. Here is the twist: sarapan, pick up service, handuk, sabun, sampo, hairdryer, wifi, bahkan AC, harus bayar ekstra lagi di luar harga kamar plus uang deposit yang akan dikembalikan saat check out. Bagi orang yang bukan morning person kayak saya, berat juga kudu check out jam 10 pagi dan tidak ada late check out. Di kamar ada kipas angin sih, cuman gerah aja kalau lokasinya di pantai kamarnya tak ber-AC. Maka sistemnya adalah kita membayar AC dengan pilihan 12 jam atau 24 jam dan akan diberi kartu akses. Seperti sistem ponsel prabayar, maka ‘pulsa’ AC akan berkurang  sebanyak pemakaian kita. Kalau mau hemat, menginap 2 malam ya pasang AC-nya 6 jam sehari.

Kabar baiknya, hotel ini bersih, aman dan nyaman. Fitur paling oke, tempat tidurnya menggunakan standar hotel bintang lima. Tidak seperti hotel murahan/losmen/hostel yang tempat tidurnya pake busa, kasur, atau spring bed merk kacangan dan sprei kembang-kembang, di Tune tempat tidur, sprei, bantal, dan asesorisnya pake merk King Koil. Wih, super empuk dan nyaman! Kamar mandinya pun pake shower yang high-pressure. Biasanya shower hotel murah kan cuman ada satu bolongan, tapi di Tune pake rain shower head berupa lempengan pipih lebar dengan bolongan banyak sehingga air pancurannya deras. Jangan kuatir, ada air panasnya kok. Untuk ukuran badan segede saya, mandi model begini okeh bener. Soal harga jangan kaget. Harga dasarnya untuk Tune Hotels Bali mulai dari Rp 98.000,-/malam/kamar, belum termasuk pajak dan biaya ekstra. Keuntungan lainnya, kita ikut menghemat energi dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Saya sih suka konsep no frills hotel ini, karena toh bagi saya hotel ya dipake untuk tidur dan mandi doang. Seharian saya pasti jalan-jalan ke mana-mana. Saya juga selalu bawa handuk dan toiletries sendiri jadi tidak perlu bayar ekstra.  Kalau di Bali sih belum tentu berasa karena masih ada hotel-hotel lain di Bali yang lebih murah. Tapi kalau dapat harga promo atau sudah booking dari jauh-jauh hari sehingga dapat harga lebih murah, why not? Apalagi Tune Hotels akan buka juga di seluruh dunia mengikuti jalur Air Asia, termasuk di Eropa dan Australia. Lumayan banget kalo Tune harganya bisa lebih murah daripada hostel yang harus umplek-umplekan ber-10 orang nggak kenal di dalam satu kamar.

62 Comments

  • Vry
    January 11, 2010 2:49 am

    pertamax!!!

  • fatma
    January 11, 2010 7:02 am

    wah, tune hotel ya..
    pilihan untuk berhemat..

  • ella
    January 11, 2010 8:07 am

    Aku pernah tuh stay di Tune-KL. Lumayan kok, sekedar utk tempat istirahat melepas lelah setelah seharian jalan2. Bed-nya nyaman banget. Sleep like a baby lah. Dan bener banget tuh ttg shower-nya.
    Tapi setauku, di salah satu t4 di Malaysia, ada kok Tune yg pake tipi. Tapi lupa yg di mana. Trus ada mesin cuci pula, bayar RM3 deh klo gak salah. Trus klo mw nyetrika, cuman taro deposit aja. Tapi jangan harap ada room service yo… Telpon aja gak ada.

  • Merry go round
    January 11, 2010 8:12 am

    Miss T,congratz untk launch buku k2 ny yaaa…

    Bln feb nnti saya akan trip dan pake hotel dr jaringan airasia.rada bt jg c coz pgn ngrasain pngalaman tdr d hostel.tp stlh baca postingan ini rasanya ga nyesel udh pilih hotel jaringan airasia.

  • phie
    January 11, 2010 9:09 am

    wew.. AC pun hrs bayar..
    pernah denger di airline mana, mao ke WC pun bayar..
    ga tau itu isu doank apa beneran..

  • noe
    January 11, 2010 10:39 am

    aku juga pernah coba Tune Hotel.yang di KL (medan tuanku) sama yang di LCCT (belom lama buka).lumayan lah kalo buat tidur sama mandi aja.
    shower nya beneran enak(makanan kali enak…hehehe…)

  • Cipu
    January 11, 2010 10:49 am

    Kalo ke KL, bakal kucoba deh ke tempat ini. Bisa lebih murah. Thanks postingannya 😀

  • BaliYummyBlog
    January 11, 2010 12:51 pm

    Miss T mau nanya nih,tau nggak, b’fast di Tunehotels kalopun bayar lagi, itu full american b’fast buffet gitu ato continental b’fast? Ato..jgn2 Nasgor indo nih?
    Nginep di Tunehotels Legian kalo mo sarapan tinggal jalan ke Jalan 66 aja, bnyk tukang Nasi Kuning/Nasi Jinggo pake sepedaan gitu,2500 udah kenyang…..

  • BeeAmazing
    January 11, 2010 12:58 pm

    Hi Miss T! CONGRATSSS on your TNT2 Launching today, and HAPPY BIRTHDAY too. Keep writing for us and be our inspiration! I love your work, and hopefully one day we could just meet at one of the corner of the world, somewhere…
    Glad to show you one of Bali’s beaches treasure, that was my ‘cadeau’ for you as well, and I’ve certainly place a pre-order TNT2 book, and will definitely help spread it to : kaka..mama…bapak…semuaaaanya deh….
    Love,
    BEE-Bali

  • Andy
    January 11, 2010 2:20 pm

    Barusan stay di Tune Hotel Double Six… lumayan OK… Trus harga dah booking dari bulan Agustus 09, cuman 30ribuan nett, pas di sana AC juga lagi gratis 24 jam..!!

  • Sabai
    January 11, 2010 3:02 pm

    keren!!
    very useful info!!

  • yani
    January 11, 2010 3:04 pm

    Boleh dicoba ya Tune’s Hotel, kl kita ke KL atau ke negara lainnya….siiip deh Miss T.
    Thanks udah bagi pengalamannya…

  • Febby
    January 11, 2010 5:39 pm

    Thanks Info tune hotel nya mba, bisa di coba ney…:D
    o ya.Congratts for new Book nya ya mba..

  • TransJakarta
    January 11, 2010 6:07 pm

    Thanx infonya. Biaya penginapan yg nyaman biasanya hampir sama dgn biaya tiket pesawat. Sekarang ada alternatif yg lebih murah, bisa lebih sering jalan-jalan 😉

  • Gugun 7
    January 12, 2010 12:01 am

    Merapat ah kapan-kapan…

  • BobbyErtanto
    January 12, 2010 9:46 am

    Thanks infonya Mba T, bermanfaat bgt. apalagi ada rencana mao ke bali. GBU

  • mas stein
    January 12, 2010 3:05 pm

    kalo misalnya kita pake fasilitas standard, misalnya tivi dan AC totalnya jadi berapa ya kira-kira?

  • ngupingers
    January 12, 2010 9:15 pm

    enak ya tuh>>hotel kayak gitu trus kombinasi airasia mantablah>>

  • Yoga Prabowo
    January 12, 2010 10:31 pm

    Sayangnya sampe sekarang baru bisa bayar pake Credit Card ama walk-in aja… padahal saya masih mahasiswa, jadi paling2 cuma bisa pake direct debit, hiks hiks :'(…

  • alfons
    January 13, 2010 8:39 am

    wow!
    hello, websitenya keren. artikelnya menarik.
    Oyah, saya alfons, baru belajar ngeblog.
    kalo sempet, maen ke blog saya yah.
    thanks

  • bartcatapult
    January 13, 2010 10:56 am

    hotel travelling ya seperti ini, buat tidur aja 🙂 setuju sekali dengan mbak T :), asal bantal dan sprey gk apek aja..thanks for sharing mbak.

  • maya
    January 13, 2010 1:04 pm

    kebetulan dalam waktu dekat ada rencana ke bali….asiiiik,coba ah ntar….:D
    makasih infonya yaaa….

  • dwee
    January 14, 2010 7:05 am

    pernah mau stay di Tune-KL cuma krn dlu sy baru 17thn dan wkt itu sy traveling sendiri jd ga jadi, krn rules di hotelnya ga ngebolehin anak di bwh 18 nginep sendiri
    padahal mnrt saya harganya pas bwt kantong traveler dan dr yg sy liat di webnya hotelnya emang nyaman 😀

  • Mayawati
    January 14, 2010 2:06 pm

    Saya juga mau coba Tune Legian ah.. bulan Juli. Tks info2nya Mbak T!

  • iedo
    January 14, 2010 9:59 pm

    thx infonya mbak. wah backpacking jadi bisa lebih murah dan nyaman dong ya kalo tune hotel ada dimana-mana 🙂

  • fariella
    January 15, 2010 2:24 pm

    asik asik asik..tune hotel ya…maw maw maw, bisnis online dulu deh, ngumpulin rupiah

  • kerja part time
    January 17, 2010 7:28 pm

    wah keren juga tuh ada hotel dengan konsep minimalis seperti itu. trims infonya mbak

  • roland
    January 18, 2010 7:21 pm

    Kayaknya perlu sharing info hotel murah niy, ada yang punya info hotel murah di kawasan kuta apa aja? nama, lokasi, tarif, fasilitasnya? Thx

  • Indonesia Java International Destination
    January 19, 2010 6:05 pm

    wah, lumayan juga, nabung dulu akh bos,,, 😀

  • BobbyErtanto
    January 21, 2010 11:51 am

    Traveling ke bali februari ini mau coba Tunehotel ah…
    Setuju sama mba T, klo konsepnya bisa jagain lingkungan, ya knp ga didukung kan ya!

  • malay guy
    January 24, 2010 11:37 pm

    Aku ya ke bali tanggal 28th Jan until 31st Jan. Stay di Tune Hotel juga. Booked sudah. Kalau ada yang mahu kongsi bilik dengan ku, email aku ya.. Aku ke Bali alone.. kalau ada rakan melancong bersama ya bagus.. Email aku di samuraii_guy@yahoo.com

  • Denis
    January 25, 2010 1:57 am

    aku waktu di Kinabalu.. tune hotel memang mantab!! btw bagusan mana ya Formule 1 atau Tune ya? *mklum blom pernah nyoba formule 1

  • Zilko
    January 27, 2010 11:11 pm

    Seminggu lalu sewaktu saya ke Bali, saya juga menginap di Tune Hotels. Kebetulan saya menginap di kedua hotel (masing2 3 malam). Dari segi kebersihan dan fasilitas ok koq, apalagi dibandingkan dengan harganya yang murmer… 🙂 Highly recommended!!!

  • bali marya
    February 3, 2010 4:23 pm

    wow…worth to try… thanks for the info..

  • BaRT
    February 10, 2010 6:54 pm

    wah thanks banget nih infonya … semoga hotel2 di negara lain segera dibuka hehehe … lumayan buat penghematan 🙂

  • monica
    February 11, 2010 9:49 pm

    waahh.. semoga mang bener enak ya.pengen ngerasain deh..
    mg2 pas saya udah bs jalan ke luar negri, tune hotel uda pd buka. hihihi..

  • nicho
    February 19, 2010 11:03 pm

    Nice info, Mbak T!
    Keren banged!

  • Mutia
    February 22, 2010 11:05 am

    Lagi nabung…. moga2 pas duit dah terkumpul, Tune Hotel sudah buka cabang lebih banyak lagi

  • Cicin
    February 28, 2010 5:23 pm

    Nice info…. TQ, sis!

  • gusthy
    April 1, 2010 4:55 pm

    ayo segera buka di daerah2….

  • avrilleecious
    April 9, 2010 11:48 pm

    TUNE THE BEST BACKPACKER HOTELS EVER !!

  • icin
    April 14, 2010 11:36 am

    setuju……ak juga pernah tuh stay yg di malaysia n bali huuu lumayan bgt irit..pinter2 aja cari pas harga promosi, ak bisa dapet double room cuma 30.000 rupiah semalem di bali huhuhu

  • budhiardjo
    April 19, 2010 11:25 pm

    ada info hotel murah untuk 2 dewasa dan 1 anak (4 th) untuk 14 – 17 Agustus 2010?

  • mestikalisdewi panjaitan
    July 4, 2010 8:41 pm

    Info harga hostel utk tangggal 11 – 13 September 2010 . Terima kasih

  • ADNAN SUNAWAN
    September 10, 2010 12:43 pm

    saya perlukan alamat tune hotel di medan karna saya perlu menginap malam ini di medan sebelum berangkat besok ke pontianak

  • Beasiswa Kuliah – Online Degree
    December 11, 2010 12:32 pm

    wah layak untuk dicoba kayaknya nih hotel… makasih ya

  • ana
    April 5, 2011 1:36 am

    wah keren

  • ana
    April 5, 2011 1:37 am

    haa.. haa… hbs kerja di airasia airlines krng pindah tune hotel sapa takut….. must try it

  • ani
    April 5, 2011 1:39 am

    wah wah wah sama2 low cost ud pernah ngerasain kerja di airasia airlines krng pindah ke tune hotel sapa takut,

  • beruang
    April 5, 2011 1:40 am

    wah wah wah sama2 low cost ud pernah ngerasain kerja di airasia airlines krng pindah ke tune hotel sapa takut,

Leave a Reply

Leave a Reply